Kuliner Masakan dan Kue Khas Sumatera Utara

Wisata Kuliner - Kali ini kita akan mengenal masakan khas Sumatera Utara yang beraneka ragam rasa dan lezatnya. Berwisata ke Provinsi Sumatera Utara anda juga harus tau makanan khas apa yang bisa anda santap. Berikut ini akan kami ulas beberapa makanan khas Sumatera Utara yang terkenal dan disukai para wisatawan di berbagai daerah dan Negara.

Arsik

Kuliner khas Sumatera Utara ini merupakan salah satu masakan yang terkenal dari daerah Tapanuli. Arsik ini merupakan menu masakan ikan mas bumbu kuning dengan sisiknya yang tidak dibuang. Rasa yang khas dari arsik ini karena bumbu yang digunakannya terbuat dari beberapa komponen khas dari beberapa wilayah Sumatera Utara, seperti andaliman, asam cikala, dan bumbu lainnya lengkuas, dan serai. Semua bumbu tersebut dicampur dan digiling hingga halus dan kemudian ikan mas tadi dilumuri  dengan bumbu yang sudah digiling tadi. Lalu ikan digoreng dengan sedikit minyak dengan api yang tidak terlalu besar. 
Arsik

Sayur Daun Ubi Tumbuk

Masakan ini merupakan masakan dengan menggunakan santan yang dicampur dengan sayuran daun ubi singkong. Mula-mula sayur daun ubi ditumbuk dan kemudian dicampur dengan bunga kecombrang. Sayur daun ubi ini bisa anda nikmati bersamaan dengan ikan asin, ikan teri Medan ataupun sambal terasi.
Sayur Ubi Daun Tumbuk

Mie Gomak

Ada terdapat Spaghetti ala Sumatera Utara. Tidak kalah rasanya dengan spaghetti lainnya. Mie ini dinamakan mie gomak. Diolah dengan menggunakan berbagai campuran bumbu khas dan kuahnya dari olahan santan kuning. 
Mie Gomok

Saksang

Saksang merupakan masakan yang hampir sama seperti masakan rica-rica daging Manado. Saksang ini biasanya ditemui pada saat acara-acara adat. Saksang dalam khas Toba daging yang digunakan adalah daging babi atau daging anjing. Daging tersebut dicincang lalu dimasak dengan darah, santan serta rempah-rempahnya. Makanan ini menjadi menu yang wajib ada disetiap pernikahan Batak. Tapi seorang Muslim yang berprinsip haram memakannya, mereka tidak mengkonsumsinya.
Saksak

Lappet

Kue tradisonal Sumatera Utara khususnya Tapanuli ini terbuat dari tepung beras, kelapa serta gula aren. Lappet ini dibuat membentuk limas yang dibungkus dengan daun pisang. Biasanya Kue khas Medan ini dapat ditemukan di Kota Siborong-borong. 

Lappet

Lemang

Sumatera Utara juga ada lemang khasnya. Lemang ini terbuat dari beras ketan. Seperti biasa, adonan beras ketan yang  dicampur dengan santan digulung dahulu dengan menggunakan daun pisang kemudian dimasukkan kedalam bambu yang kemudian dibakar sampai matang.
Lemang

Bika Ambon

Selanjutnya kue khas Sumatera Utara yang satu ini adalah Bika ambon. Kue ini terbuat dari telur, santan dan gula. Ada macam-macam rasa kue Bika ini seperti rasa pandan, coklat, durian, dan keju. Daerah yang biasanya menjual kue bika ini terdapat di Medan Petisah.
Bika Ambon

Kacang Sihobuk

Kacang Sihobuk merupakan makanan ringan khas Tapanuli Utara yang memili rasa kacang yang renyah. Anda bisa menjadikan kacang sihobuk ini sebagai oleh-oleh, bisa ditemukan di sekitar daerah Danau Toba dan Sibolga.
Kacang Sihobuk

Itulah beberapa kuliner khas Sumatera Utara yang bisa anda cicipi. Selain berwisata ria dan menikmati hari liburan anda. Untuk informasi wisata Sumatera Utara, silahkan kunjungi Tempat Wisata Keren di Sumatera Utara.

Baca juga:
Inilah Makanan Khas Lombok yang menggoda selera


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top