Keindahan Wisata Air yang Mengagumkan di Manado

Tempat Wisata - Kota Manado adalah ibukota provinsi Sulawesi Utara. Manado dijului “kota nyiur” karena banyak sekali ditumbuhi pohon kelapa dan menghasilkan kopra dengan jumlah yang cukup besar. Kota Manado ini mempunyai berbagai objek wisata yang mengagumkan khususnya wisata air. Keindahan taman bawah lautnya yang terkenal di seluruh penjuru dunia membuat Manado sangat layak untuk dikunjungi. Berikut ini 7 wisata terbaik di Manado, antara lain.

Taman Nasional Bunaken
Taman Nasional Bunaken merupakan salah satu tempat terbaik di dunia untuk menyelam (diving) dan snorkeling. Bunaken pertama kali didirikan sebagai taman laut nasional pada tahun 1991 dan memiliki area seluas 8,08 km². Taman yang terletak di lepas pantai Kota Manado ini menyuguhkan keindahan bawah laut yang luar biasa juga mempunyai potensi pariwisata laut yang spesifik, diantaranya potensi biologis daratan yang kaya dengan berbagai jenis flora dan fauna spesifik, padang lamun dan habitat mangrove, habitat pantai pasir putih, habitat terumbu karang yang dihuni lebih dari 2.000 jenis ikan salah satunya ikan purba yakni ikan raja laut (coellacanth), dan habitat laut dalam. Hal tersebut membuat taman nasional ini banyak dikunjungi para wisatawan/penyelam, baik lokal maupun mancanegara. Jika anda bukan penggemar diving atau snorkeling, di Taman Nasional Bunaken ini anda juga bisa berkeliling taman laut menggunakan perahu, foto bawah laut, mandi matahari (sunbathing) dan tamasya pantai. Taman Bunaken ini dapat ditempuh menggunakan speed boat sekitar 35 menit dari pelabuhan Manado.

Keindahan Bawah Laut Taman Nasional Bunaken

Pulau Siladen
Pulau Siladen terletak di sebelah timur Pulau Bunaken dan mempunyai luas 31,25 ha. Pulau ini memiiliki daya tarik yang sama seperti halnya Taman Nasional Bunaken. Terkenal dengan pantai berpasir putih dan bersih menjadikan Pulau Siladen merupakan salah satu objek wisata menarik di kota Manado. Selain pantai, di pulau ini anda juga bisa melakukan diving dan snorkeling karena perairan di sekitar Pulau Siladen juga menawarkan keberagaman biota laut dengan terumbu karang yang indah. Berbagai fasililitas yang tersedia di pulau ini antara lain diving center, perahu berkaca (katamaran) bagi anda yang ingin berkeliling di sekitar peraiaran pantai, cottage (penginapan) dan café. Pulau Siladen dapat ditempuh menggunakan transportasi laut sekitar 45 menit dari pelabuhan Manado.

Pulau Siladen

Pulau Manado Tua
Pulau Manado Tua merupakan pulau yang berada di gugusan pulau yang membentuk Taman Nasional Bunaken-Manado bersama pulau Bunaken, Siladen, Mantehage dan Nani. Memiliki panorama yang spektakuler serta bebas dari limbah dan polusi membuat perairan di kawasan ini pernah menjadi tuan rumah World Ocean Conference yang pertama pada tahun 2009. Selain memiliki hutan lindung dan  taman laut yang menyuguhkan keragaman biota laut, perairan di kawasan ini juga memiliki sejarah yang berkaitan dengan keberadaaan Suku Bowontehu. Suku yang merupakan orang-orang dari Etnis Sangir Tua ini telah menghuni di Pulau Manado Tua sekitar tahun 1623. Untuk mengunjungi Pulau Manado Tua, anda cukup menggunakan kapal motor selama 1 jam dari kota Manado.

Pulau Manado Tua

Pantai Malalayang
Pantai Malalayang berada di Kecamatan Malalayang dan bisa ditempuh sekitar 5 menit dari terminal Malalayang dengan berjalan kaki atau 30 menit dari Kota Manado. Pantai ini memiliki kondisi yang unik karena dipenuhi oleh bebatuan berwarna hitam. Di pantai ini, anda bisa bertamasya, snorkeling, berenang, dan berjalan-jalan menikmati keindahan di sekitar pantai. Berbagai pulau-pulau indah seperti pulau Bunaken dan Manado Tua bisa anda saksikan dari bibir pantai. Barisan warung-warung yang menjajakan kuliner khas Manado juga menambah kenikmatan berwisata di Pantai Malalayang ini.
Pantai Malalayang
 
Air Terjun Kima Atas

Terletak di dekat Bandara Sam Ratulangi dan Puasat Kota Manado membuat air terjun ini tak boleh anda lewatkan saat berada di Kota Manado. Karena dekatnya, Air Terjun Kima Atas dapat ditempuh hanya dengan waktu 25 menit dari Kota Manado. Suasana alam di sekitar air terjun ini masih asri dengan berbagai tumbuhan hijau mengelilinginya. Lokasinya yang aman, tidak terdapat bebatuan tajam, serta aliran air yang tidak terlalu deras membuat masyrakat sering mandi dan berenang di air terjun ini. Atau, bagi yang tidak ingin berenang, bisa juga sekedar basah-basahan atau duduk-duduk disekitar air terjun. Keindahan Air Terjun Kima Atas dengan gemericik air dan rindangnya pepohonan hijau cocok untuk anda yang ingin rileks sesaat dan menghilangkan penat dari berbagai aktivitas.

Air Tejun Kima Atas

Puas menyaksikan keindahan bawah laut serta pantai dan air terjun, anda bisa beralih ke wisata lainnya. Tak hanya wisata air, anda juga bisa menikmati dua keindahan di daratan Kota Manado berikut ini.

Gunung Tumpa
Memiliki pesona dan pemandangan yang menarik membuat Gunung Tumpa ramai dikunjungi wisatawan. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 750 mdpl ini memiliki pemandangan yang asri karena ditumbuhi pepohonan hijau. Akan tetapi, jalan menuju puncak gunung sedikit menguji adrenalin. Banyak tanjakan terjal dan lembah-lembah curam, namun umumnya tidak berbahaya. Lokasinya sangat strategis untuk menyaksikan pemandangan seluruh kota Manado dari puncak gunung. Tak jarang, banyak orang yang menjadikan puncak gunung tumpa sebagai spot fotografi. Selain itu, tempat ini juga sangat bagus untuk melihat panorama matahari terbit dan tenggelam. Di sisi laut gunung ini, kita juga bisa melihat keindahan pulau-pulau wisata di Teluk Manado, seperti Bunaken, Siladen, Manado Tua, Mantehage dan Nain. Perjalanan ke gunung ini hanya memakan waktu 50 menit dari Kota Manado.

Pemandangan dari atas Gunung Tumpa

Kawasan Boulevard
Ikon kota Manado, itulah Kawasan Boulevard. Kawasan yang berada di sepanjang Jalan Pierre Tendean ini merupakan tempat terbaik untuk mencicipi aneka ragam kuliner yang ada di Manado. Di kawasan ini, anda bisa bersantai menikmati pantai dan berbelanja. Ada empat mall di kawasan Boulevard, antara lain Manado Town Square (Mantos), Bahu Mall, Boulevard Mall dan Mega Mall. Di samping mall-mall ini, anda bisa menemukan warung makan, restoran dan café. Jalur akses ke tempat ini sangat mudah, anda bisa menggunakan motor atau mobil, taksi dan angkutan umum. Namun, jika ingin berjalan-jalan dengan santai, sebaiknya tidak datang pada akhir pekan, karena kemacetan di sepanjang jalan menuju Kawasan Boulevard tak bisa terelakkan.

Kawasan Boulevard

Kekayaan perairan dan wisata laut yang dimiliki Kota Manado merupakan aset berharga yang dimiliki negeri Indonesia. Selain sebagai tempat wisata, perairan laut Manado juga harus dijaga dan dilestarikan.
Anda punya rencana untuk berwisata minggu ini? Sepertinya Manado bisa jadi pilihan tepat.

Baca juga:
Wisata Eksotis Wilayah Nol Kilometer Indonesia Kota Sabang


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top