Kebaya Cantik Milik Bangsa Indonesia

Kebaya merupakan salah satu nilai estetis dari bangsa indonesia, dahulu kala kebaya dijadikan sebagai pakaian tradisional yang digunakan oleh bangsa indonesia khususnya bagi wanita dan cukup trend terutama dikalangan wanita bangsawan. Hingga saat ini kebaya masih menjadi kekayaan indonesia yang semakin berkembang. Dengan adanya desain-desain baru kebaya semakin terlihat menarik. Selain menjadi kekayaan budaya, kebaya juga akan membuat pemakainya terlihat lebih berkelas dan anggung. Banyak sekali jenis kebaya yang telah berhasil dikembangkan oleh para desainer yang dapat kita kenakan dalam berbagai acara, seperti acara pengantin, wisuda dan lainnya dan berbagai model kebaya tersedia sesuai dengan bentuk tubuh wanita yang berbeda-beda, semakin menarik bukan? Jadi bagi readers yang menganggap kebaya itu norak, lebih baik buang jauh-jauh anggapannya ya..,

Berikut akan diperkenalkan berbagai macam kebaya di Indonesia kita tercinta:

1.  Kebaya Jawa/ Keraton
Kebaya ini menonjolkan kesederhanaan, ciri khas kebaya ini menggunakan bahan dari kain beludru hitam dengan penggiran pita emas yang jaraknya kurang lebih 2,5 hingga 3 cm dari tepi jahitan. Kebaya ini biasanya panjang sampai dibawah panggul bahkan hingga lutut. Saat ini kebaya jawa/kraton digunkan sebagai gaun pengantin wanita jawa. Dinamakan kebaya kraton karena kebaya ini digunakan untuk membedakan rakyat biasa dengan bangsawan.

Kebaya Keraton
2.    Kebaya Bali
Kebaya bali hampir sama dengan kebaya jawa, hanya saja pada kebaya bali ini ditambahkan selendang tipis sejenis obi yang diikat pada pinggang, sehingga menimbulkan kesan langsing pada pemakainya.
Kebaya Bali

3.    Kebaya Encim
Kebaya encim merupakan hasil perpaduan dari model pribumi dengan pakaian sanghai atau pakaian budaya cina. Biasanya kebaya ini dihiasi bordir dari bagian bawah kebaya hingga bagian kerah. Ciri- ciri kebaya encim memiliki model kerah berbentuk V,  bagian ujung bawah kebaya bisanya berbentuk runcing, panjang kebaya berada antara panggul, bagian pinggangnya menyempit dan lebar di bagian panggul, cara menggunkan kebaya ini hanya dengan dirapatkan dengan peniti. Jenis bahan pada kebaya encim biasanya meggunkan bahan kebaya kerancang, kebaya brokat, kebaya bordir, dan kebaya renda.
Kebaya Encim

4.    Kebaya Kutubaru
Kebaya kutubaru merupakan jenis kebaya yang memiliki ciri khas tambahan kain di bagian tengah sebagai penghubung sisi kiri dan kanan dan terletak di bagian dada. Dalam pemakainnya sama seperti kebaya bali ditambahkan stagen ( kain yang dililitkan dibagian perut) agar pemainya terlihat lebih langsing.
Kebaya Kutubaru
5.    Kebaya Kartini
Kebaya ini dinamakan kebaya kartini karena kebaya ini terkenal atau populer pada era kartini, dan untuk mengenangnya maka kebaya ini idebut dengan kebaya kartini. Kebaya kartini biasanya digunkan oleh perempuan yang berdarah biru dan merupakan keturunan keraton. Pada bagian bawah dari depan hingga belakang memiliki panjang yang sama. Biasanya kebaya ini dihiasi dengan hiasan semacam karpatu atau mute mulai dari bagian leher, dada hingga tepi bagian bawah.
Kebaya Kartini

Selain jenis kebaya diatas ada lagi jenis kebaya yang tak kalah menarik yaitu:
1.    Kebaya pengantin
Kebaya ini telah di desain agar para wanita terlihat mempesona dan anggun di hari yang istimewa. Berikut contoh desain kebaya pengantin:  
Contoh Kebaya Pengantin
2.    Kebaya untuk acara wisuda
Kebaya ini dirancang agar momen keberhasilan study anda terlihat lebih sempurna, ini dia contoh kebaya yang cocok untuk digunakan acara wisuda anda:
Contoh Kebaya Wisuda


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top