Inovasi Terbaru, Tablet Bagi Penyandang Tunanetra Telah Diciptakan !!

hallo reader, Apa kabar kabar? Sudah mendengar berita baru tentang Blitab? Tau gak sih apa itu Blitab? Ini dia kabar baik bagi para tunanetra yang ingin menggunakan gadget layaknya seperti mereka para kaum gadgeters terutama bagi tunanetra yang membutuhkan gadget dalam kehidupan sehari hari.

Kini hal itu akan diwujudkan oleh Kristina Tsvetanove seorang mahasiswi fakultas teknik universitas Sofia Di Bulgaria dan gadget tersebut dibuatkan kedalam bentuk Tablet. Beliau tertarik untuk mengembangkan proyek tablet ini dan natinya tablet ini akan menyuguhkan huruf braille yang akan timbul dan dapat diraba oleh penyandang tunanetra. Pengembangan proyek ini  didasari karena dia terinspirasi dari penyandang tunanetra yang saat ini sudah banyak menggunakan teknologi sebagai alat bantu dalam menjalani aktivitas sehari hari baik untuk belajar juga bekerja. 

Kristina mengatakan bahwa dia baru menyadari ternyata sema ini kita begitu mudah untuk bekerja dan berkomunikasi dengan menggunakan teknologi. Namun dia sadar bahwa masih banyak masyarakat dengan keterbatasan tertentu karena kondisi fisik yang kurang. 
Menurut wanita yang sedang melanjutkan studi masternya ini, memang sudah ada banyak teknologi yang dapat membantu para penyandang tunanetra misalnya Screen Reader. Screen Reader atau (Pembaca layar) merupakan teknologi yang dapat mengubah teks menjadi suara. Hanya saja harganya dibandrol dengan harga yang cukup mahal untuk kalangan biasa. Selain itu kesulitan yang dihadapi tunanetra dalam penggunaan tablet ini adalah antarmuka layar sentuh yang menjadikan hal yang tidak mudah dilakukan bagi tunanetra, karena mereka lebih terbiasa meraba huruf braille atau menggunakan pembaca layar dalam mengakses informasi. Bahkan tidak semua penyandang tunanetra bisa menggunakan screen reader juga.

Oleh sebab itu Kristina meminta bantuan dana dari pemerintah untuk membuat dan mengembangkan prototipe Table Braille ini dan diberi nama BLITAB. Blitab ini sendiri tampilannya tidak akan jauh beda dari tablet pada umumnya hanya saja informasi yang ditampilkan akan dibuat dalam bentuk huruf braille yang akan menonjol di atas tablet tersebut sehingga mereka bisa membaca dengan merabanya. Blitab akan menggunakan software khusus dan akan ada mekanik semacam silinder atau bulatan kecil yang akan ditanam di dalam tablet tersebut sehingga dapat membuat dan memunculkan tulisan braille pada layar tablet Blitab tersebut. Tidak hanya menyentuh tetapi mereka jug adapat menginputkan teks berupa braille juga sehingga mereka jug akan merasakan sensasi era high tech. 

Kristina berharap agar dapat menyelesaikan proyeknya dan mendemonstrasikan Blitab ini pada Desember 2014 nanti. Setelah berhasil untuk mendemonstrasikannya maka Kristina akan mencari investor yang akan membantu untuk mendanai produksi dari Tablet Blitab ini sendiri. Dan akan didistribusikan bagi penyandang tunanetra dan organisasi yang menaungi mereka terlebih lagi sekolah sekolah luar biasa.

Nah sekali lagi teknologi era high tech terbaru akan hadir di dunia oleh para ilmuan dan diharapkan dapat untuk membantu kinerja manusia khususnya bagi para penyandang tunanetra. Semoga teknologi ini dapat diselesaikan secepatnya dan segera didistribusikan ya agar para penyandang tunanetra dapat merasakan indahnya dunia teknologi. Seperti Quote yang dilansir pada blitab.com "Blita is an award winning inovative device helping blind and visually impaired people". Dan semoga pula dengan hadirnya Blitab ini akan membantu para penyandang tunanetra menghasilkan karya karya bagi dunia dengan bantuan sentuhan dari blitab.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top