Inilah Wisata Keren di Tanah Batak, Sumatera Utara

Tempat Wisata - Kali ini kita akan mengenal objek-objek wisata yang terdapat di Provinsi Sumatera Utara dengan ibu kotanya Medan dan terletak di pulau Sumatera, Indonesia. Banyak tempat pariwisata Sumutera Utara yang sudah terkenal seperti Danau Toba dan yang lain sebagainya. Untuk itu kami akan mengulas beberapa objek wisata terdapat di Provinsi Sumatera Utara yang menarik sebagai gambaran bagi anda yang memilih tempat berliburnya di Sumatera Utara ataupun sebagai menambah referensi pariwisata anda. Berikut ulasannya:

Istana Maimun

Istana Maimun
Objek wisata yang satu ini merupakan ikonnya kota Medan, Sumatera Utara. Istana ini adalah salah satu peninggalan Kerajaan Deli. Dahulu istana yang memiliki luas lebih dari 2700 meter persegi menjadi tempat kediaman ahli waris kesultanan Deli sejak tahun 1946. Ada terdapat 30 buah ruangan yang didesain interior dengan perpaduan budaya Islam, Melayu, Spanyol dan Italia. Berdiri dengan megahnya di tengah Kota Medan. Istana Maimun ini berlokasi di Kota Medan tepatnya di Jalan Brigadir Jendral Katamso, Kec. Medan Maimun. Para wisatawan yang berkunjung ke istana ini biasanya datang untuk melihat-lihat koleksi foto-foto keluarga, peninggalan perabotan Belanda Kuno, dan berbagai koleksi senjata. Selain itu para wisatawan biasanya mengabadikan moment wisatanya dangan berfoto disekitar kawasan Istana. Nah, untuk informasi masuk kedalam Istana Maimun, harga yang ditawarkan sangat tejangkau yakni Rp. 5000/orang. 

Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan

 

Objek wisata lainnya yang dapat anda kunjungi di Kota Medan adalah Masjid Raya Medan. Masjid ini berdiri pada tahun 1906. Berarsitektur campuran antara Timur Tengah, India, dan Spanyol. Masjid ini sangat mudah ditemui dengan lokasi Masjid ini terletak di Jalan Singamangaraja. Lokasi yang tidak begitu jauh, dapat ditempuh sekitar 200 meter dengan berjalan kaki dari Istana Maimun. 




 

Museum dan Galeri Rahmat International Wildlife

Di Kota Medan terdapat objek wisata museum Rahmat International Wildlife Museum & Gallery. Museum ini terletak di Jalan S.Parman. Didalam museum terdapat berbagai macam koleksi binatang yang diawetkan untuk dipamerkan. Koleksi hewan yang di awetkan di museum ini sangat lengkap di Asia.   Museum ini buka hingga jam 5 sore. untuk info harga tiket masuk cukup dengan Rp. 25.000 saja. 
Museum dan Galeri Rahmat International Wildlife

Danau Toba

Danau Toba
Danau Toba ini merupakan objek wisata andalan di Sumatera Utara dan sangat terkenal di Nusantara. Ada hal unik dari danau ini, yaitu terdapat sebuah pulau yang berada ditengah Danau Toba tersebut. Danau Toba juga merupakan danau yang terbesar se-Asia Tenggara dan merupakan danau vulkanik dengan panjang sekitar 100 kilometer dan lebar sekitar 30 kilometer.


Dengan berwisata ke Danau Toba anda tidak perlu khawatir untuk mencari tempat penginapan, karena di kawasan danau ini banyak menyediakan penginapan yang cukup terkenal disepanjang tepian danau.

Danau Linting

Danau Linting
Selain Danau Toba, Di Sumatera Utara ada juga danau lainnya seperti Danau Linting. Danau ini terletak di Kecamatan STM Hulu Desa Sibunga-bunga Hilir, Kabupaten Deli. Danau Linting memang tidak terlalu populer seperti Danau Toba, namun banyak hal yang menarik di danau ini. Danau Linting memiliki warna air yang kehijauan karena merupakan danau vulkanik dan juga mengandung belerang. Selain itu di sekeliling danau terdapat pepohonan yang akarnya sangat panjang. Kedalaman Danau Linting mencapai 100 meter, oleh karena itu para wisatawan yang ingin berenang perlu berhati-hati. Objek wisata ini sangat cocok sebagai tempat refresing anda dihari libur.

Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar
Ada juga di Sumatera Utara Danau Lau Kawar, yang berlokasi di Gunung Sinabung, Sumatera Utara. Danau ini memiliki air yang berwarna biru dan lebih kecil dari Danau Toba yaitu seluas 200 hektar. Suasana di Danau Lau Kawar ini begitu asri karena banyak ditumbuhi pepohonan hujau di kaki gunung. Kegiatan yang bisa dilakukan di kawasan Danau Lau Kawar ini biasanya banyak kelompok perkemahan yang beristrirahat di pinggir Danau. Selain itu ada juga beberapa orang yang memancing dengan memakai sampan kecilnya 
ditengah danau.   

Danau Siombak

Danau Siombak terletak di Kelurahan Paya Pasir Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Danau ini juga merupakan tempat favorit masyarakat Medan saat akhir pekan. Dan jarang wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Danau Siomak ini. Danau Siombak yang memiliki luas sekitar 40 hektar ini biasanya dimanfaatkan warga untuk memancing dan bersantai. Ada juga disediakan kawasan bermain anak-anak dengan berbagai jenis permainan air.   

Pulau Samosir

Pulau Samosir
Pulau ini merupakan pulau yang letaknya berada di tengah Danau Toba. Anda dapat menyeberang ke Pulau Samosir ini dengan menggunakan kapal atau bisa juga dengan jalur darat. Pulau yang memiliki ketinggian 1000 meter ini menawarkan pemandangan alam yang indah, selain itu anda dapat menikmati wisata budaya, kuliner Batak dan sejarahnya. Ada juga erdapat pemandian air panasnya. 

 

Taman Nasional Gunung Leuser

 

Taman Nasional Gunung Leuser
Tempat pariwisata Taman Nasional Gunung Leuser menjadi objek wisata yang patut anda kunjungi. Taman ini merupakan sebuah kawasan pelestarian alam yang terletak di antara 2 Provinsi yakni Sumatera Utara dan Aceh. Di Taman Nasional Gunung Leuser terdapat beranekaragam flora dan faunanya yang menjadikan objek wisata ini menarik. Taman Nasional Gunung Leuser ini cukup ramai dikunjungi para wisatawan, mereka menjadikan tempat ini untuk mencari ketenangan dan melepaskan penat dari aktivitas sehari-harinya. Selain itu ada juga Tangkahan yang merupakan hutan tropis yang rindang dan tanahnya yang berbukit. Berbagai aktivitas dapat dilakukan di Tangkahan yang memiliki suasana yang cukup sejuk ini, seperti bermain air terjun, berenang, trekking, menaiku gajah, melihat goa kelelawar dan lain sebagainya.

Bukit Lawang

Bukit Lawang
Bukit Lawang yang merupakan ruang lingkup kawasan Taman Nasional Gunung Leuser ini berlokasi sekitar 80 kilometer dari kota Medan. Bukit Lawang memberikan suasana sejuk karena tidak ada polusi udara seperti yang terjadi di Kota yang tercermar serta letaknya yang berada kawasan pegunungan yang penuh pepohonan hijau. Biasanya aktivitas yang dilakukan disini adalah trekking, tubin,  melihat orang utan, dan lain sebagainya. Ada juga terdapat tempat penginapan yang disediakan disekitar Bukit Lawang. 




Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso ini merupakan objek pariwisata Sumatera Utara yang terkenal dengan air terjun yang paling tinggi di Indonesia. Suasananya mistis dan mainstream karena tinggi air terjunnya 120 meter. Air terjun Sipiso-piso terletak sekitar 135 kilometer dari Brastagi dan dekat dengan Gunung Sipiso-piso, tepatnya di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Kata Piso yang artinya adalah pisau karena air terjun yang turun tersebut bagaikan pisau yang sangat tajam. Anda akan menemukan pemandangan yang begitu asri dan indah terutama ketika munculnya pelangi di air terjun. Selain itu di tengah bukit Sipiso-piso anda akan melihat pemandangan Danau Toba yang dikelilingi pepohonan yang hijau berpadu dengan birunya warna danau yang disekelilingnya terdapat lembah. Biasanya aktivitas yang dilakukan disini adalah berolahraga. Anda harus melewati anak tangga sebanyak 1000 tingkat dengan berjalan kaki yaitu ditempuh dalam waktu setengah jam dengan jalan yang penuh lika-liku dan tebing jalan yang curang. Rasakan petualang yang menantang disini.

Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

 

Objek pariwisata Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit Di Sumatera Utara yang satu ini memiliki keunikan sendiri dari air terjun lainnya. Air terjun ini memiliki 2 warna air, yaitu warna biru muda dan putih keabu-abuan. Hal tersebut dikarenakan air terjun mengandung fosfor dan belerang. Tinggi air terjun ini mencapai 100 m.  Anda dapat mencapai lokasi air terjun ini dengan melewati hutan. Ada juga terdapat pemandu jalan agar anda tidak tersesat. 





Air Terjun Sigura-gura

Ada lagi objek wisata air terjun yang menarik di Sumatera Utara. Air terjun inu bernama Air Terjun Sigura-gura, terletak di kab. Toba Samosir. Air Terjun ini juga termasuk air terjun yang paling tinggi di Indonesia, yaitu memiliki ketinggian sekitar 250 m. Banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk datang untuk melihat objek wisata ini karena selain letaknya berdekatan dengan Danau Toba, mereka juga ingin melihat air terjun tertinggi di Indonesia tersebut.  

Gunung Sibayak

Gunung Sibayak
Objek wisata sekaligus tempat petualang ada di Gunung Sibayak yang pernah meletus pada tahun 1600. Gunung ini sangat terkenal di kalangan para pendaki gunung, karena menawarkan keindahan dan tantangan yang eksotis. Waktu yang cocok untuk memulai perjalanan biasanya sekitar jam 2 pagi. Anda dapat melihat sunset/matahari terbit ketika berada di puncak Gunung Sibayak. Selain itu anda juga dapat melihat pemandangan kota Medan.





Bukit Gundaling

Bukit Gundaling
Selain objek wisata Gunung Sibayak, ada juga objek wisata Bukit Gundaling yang terletak sekitar 60 kilometer dari kota Medan tepatnya di pinggir Kota Brastagi. Ketinggian bukit ini mencapai 1500 meter diatas permukaan laut. Suasana bukit Gundaling mirip seperti suasana di puncak, sangat indah, asri dan sejuk. Dari puncak Bukit Gundaling anda dapat juga menikmati pemandangan 2 gunung berapi. 






Pantai Lagundri dan Pantai Sorake

Di Sumatera Utara juga terdapat objek wisata alam pantai, yakni Pantai Lagundri dan Pantai Sorake. Pantai ini terletak di Kecamatan Teluk Dalam, Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara dan masih berada dalam 1 garis pantai. Kedua pantai ini sangat popuer ingga sampai ke mancanegara, karena menawarkan ombak yang cukup besar sehingga saat cocok untuk para pecinta surfing atau peselancar dari berbagai belahan dunia. Bagi seorang pemula ada pelatih yang dapat melatih anda bagaimana berselancar yang baik. Fasilitas lain yang disediakan ada terdapat beberapa tempat penginapan disekitar pantai.
Pantai Lagundri dan Pantai Saroke

Penangkaran Buaya Asam Kumbang

 

Objek wisata ini merupakan Taman Buaya Asam Kumbang yang merupakan salah satu taman reptile terbesar di Indonesia. Ada terdapat lebih dari 2400 ekor reptile yang terdiri dari buaya muda hingga buaya yang berusia puluhan tahun karena Taman ini dibangun sejak tahun 1959. Meskipun banyak terdapat binatang buas, namun para buaya diletakkan di danau buatan dan kolam dengan keamanan dijaga ketat. Untuk info harga masuk Taman Buaya Asam Kumbang ini cukup dengan harga terjangjau yaitu hanya Rp. 5000 saja.   

Cagar Alam Sibolangit

 

Cagar Alam Sibolangit
Cagar Alam Sibolangit ini terletak di Kabupaten Deli Serdang luasnya sekitar 24 hektar. Cagar ala mini juga merupakan lokasi yang terkenal untuk kegiatan perkemahan pramuka. Disana memiliki udara yang lumayan sejik karena berada pada ketinggian 500 m di atas permukaan laut dan struktur tanahnya yang berbukit. 







Hillpark Sibolangit

Hillpark Sibolangit
Hillpark Sibolangit ini merupakan dufannya Sumatera Utara. Hillpark yang terletak di Desa Suka Makmur Sibolangit, Kecamatan Deli Serdang ini menawarkan berbagai jenis permainan  seperti yang ada di Dufan Jakarta. Taman permainan ini juga termasuk salah satu taman permainan yang terbesar di Pulau Sumatera. Luasnya mencapai 20 Hektar. Hillpark Sibolangit juga menawarkan Susana yang lumayan sejuk karena letaknya yang berada di daerah pegunungan dengan ketinggian 550 m di atas permukaan laut.


- Kampung Madras Medan Kampung Keling, yang mayoritas penduduk india.

- Rumah Tjong A Fie¸ yaitu sebuah kediaman orang terkaya, Tjong A fie yang dijadikan museum.

- Menara Air Tirtanadi, salah satu ikon Kota Medan yang berfungsi sebagai penampungan air yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1908.

Baca juga:
Wisata Paling Menawan di Pulau Lombok


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top