Inilah Makanan Khas Lombok yang menggoda selera

Wisata Kuliner - Tidak hanya wisata yang menawan di Lombok yang kaya akan panoramanya yang indah dan mempesona, namun para wisatawan dimanjakan oleh kuliner-kuliner yang lezat dan menggoda. Bagi para pecinta kuliner, yuk mari intip apa saja masakan khas Lombok yang wajib anda coba. Berikut beberapa kuliner pilihan Lombok:

Ayam Taliwang

Kuliner khas Lombok ini merupakan salah satu makanan yang terpopuler di Lombok. Makanan ini disebut dengan Ayam Taliwang. Sudah jelas bahan utamanya adalah Ayam, ayam yang digunakan adalah ayam kampong yang masih muda agar semakin enak. Ayam ini biasanya diolah dan dimasak dengan berbagai pilihan seperti dipanggang/dipakar dan digoreng. Bumbu yang digunakan ayam Taliwang ini sangat lezat yang terletak dari rasanya yang sangat pedas . Anda dapat mencoba kuliner Ayam Taliwang ini di kawasan Cakranegara tepatnya di Rumah makan Ayam Bakar Taliwang Irama. 

Ayam Taliwang

Plecing Kangkung

Ini merupakan makanan sayur khas Lombok yang terdiri dari rebusan kangkung ditambah dengan sambal. Kangkung yang tumbuh di Lombok berbeda dengan kangkung yang terdapat di Jawa. Sambal yang digunakan terbuat dari tomat yang diolah dan di racik dari cabai rawit,  terasi, dan garam. Ada juga ditambahkan touge dan kacang goring didalam plecing kangkung agar menetralisir rasa pedas. Anda dapat mencicipi Plecing Kangkung ini disetiap Rumah Makan, namun Rumah Makan yang terkenal dengan Plecingnya adalah Rumah Makan Dua-EM bersaudara yang berlokasi di Jl. Transmigrasi 99 Mataram. 
Plecing Kangkung

Bebalung

Kuliner masakan khas Lombok ini merupakan Soup yang dengan bahan utamanya dari tulang Iga Sapi atau Kerbau, yang disebut dengan Bebalung. Bebalung menjadi makanan favourite masyarakat karena tempat terkenal yang menyajikan bebalung selalu ramai disesaki pengunjung yang antri untuk menyantap Bebalung ini. Bebalung dapat anda temukan di Depot Kelebet yang terletak di Jalan HOS Cokrominoto. Kenikmatan Bebalung di Depot ini ialah karena daging tulang iga yang sangat lunak sehingga dagingnya mudah digigit dan terlepas dari tulangnya. Lalu bumbu yang digunakan biasanya adalah cabe rawit, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih dan bawang merah. Dan Bebalung ini disajikan dalam mangkok dan diberi sedikit bawang goring. Hmmm…. Sedaaaapnyeee. jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi Bebalung ini.
Bebalung

Beberuk Terong

Ini merupakan makanan sejenis lalapan yang terbuat dari terong ungu yang diolah dengan sangat mudah. Terong tersebut dipotong kecil berbentuk dadu dan ditambahkan tomat. Bumbu yang digunakan yaitu cabe merah yang kriting, bawang putih, bawang merah, kencur, terasi bakar, gula pasir, cabe rawit dan minyak goring. Beberuk terong ini biasanya disantap bersamaan dengan ayam tilawang. Bumbu-bumbu tersebut diracik dan bumbu tersebut disiram diatas terong tersebut lalu diatasnya ditambahkan juga sedikit perasan jeruk limau. Hmm,, Maknyusss.. Lalapan yang memberikan rasa manis, pedas, asam dan segar.
Beberuk Terong

Poteng Jaje Tujak dan Iwel

Selanjutnya makanan khas Lombok yang harus anda cicipi adalah Poteng jaje tujak dan iwel. Makanan ini dihidangkan dengan 2 jenis makanan yaitu poteng /tapai dan jeje tujak/tetel. Jajanan khas Lombok lainnya ada iwel yang merupakan ketan hitam yang biasanya disajikan pada upacara adat masyarakat setempat. Rasa Iwel ini terasa manis dan legit, berbeda dengan makanan khas Lombok lainnya yang pedas. Selain Biasanya Poteng jaje tujak dan Iwel ini selalu ada disaat lebaran, namun sekarang kita dapat temui sehari-hari makanan khas ini di setiap tempat tanpa harus pada saat upacara adat atau lebaran. 

Poteng Jaje Tujak dan Iwel

Nasi Balap Pucung

Ini adalah salah satu makanan Lombok yang membuat anda ketagihan. Nasi balap pucung ini merupakan menu makanan yang menyajikan nasi yang diberi suwiran daging ayam yang dimasak pedas karena diolah dari cabai, taburang udang kering serta kacang kedelai. Meskipun Nasi balap pucung ini dihidangkan dengan tampilan yang biasa saja namun dengan rasanya yang pedas dijamin membuat anda nambah dan nambah lagi. Tempat yang terkenal nasi balap pucungnya di Lombok berada di nasi balap pucung cap Inaq Esun di Desa Puyung, Lombok Tengah. 

Nasi Balap Pucung

Ares

Makanan ini adalah sayuran khas Lombok yang dibuat dari gedebok pisang/pelepah pisang yang masih muda. Makanan tradisional ini  berasal dari suku Sasak yang biasanya disajikan saat acara pernikahan, hingga sekarang cukup terkenal menjadi makanan khas Lombok. Rasa Ares ini cukup gurih dan terasa manis, sayuran ini lebih lezat disantap hangat-hangat dengan nasi.  
Ares dari Pelepah Pisang

Sate Bulaya

Sate bulayak ini merupakan sate sejenis lontong yang dibungkus dengan daun enau atau daun aren. Cara makan sate ini sangat unik dan tentu saja rasanta enak. Unik disini adalah lontong yang dibungkus dengan daun enau ini dibuat membentuk panjang seperti spiral dan untuk membukanya kembali dengan cara diputar. Untuk satenya daging yang digunakan adalah daging sapi yang diberi bumbu khas Sasak. Biasanya pedagang sate bulayak dapat ditemui di beberapa tempat wisata Lombok, seperti di Taman Narmada dan lain sebagainya. Cara menyantapnya tidak menggunakan sendok ataupun garpu namun anda hanya mencocol bulayak di kuah sate dengan bumbu khasnya yang disediakan. Selain sate Bulayak ada juga sate yang terkenal di Lombok yaitu Sate Rembiga dan Sate Tanjung.
Sate Bulaya
Nah, itulah beberapa kuliner khas Lombok yang bisa ana nikmati saat berwisata di Pulau Lombok. Tunggu apalagi, selain wisata alamnya yang menawan, Lombok juga kaya akan masakan khasnya yang menggugah selera.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top