Destinasi Wisata Alam Kota Subulussalam yang Perlu Dikembangkan!

Tempat Wisata - Kali ini kita akan mengulas tentang objek wisata yang ada di Kota Subulussalam. Kota ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh. Letaknya berada pada bagian utara dan berbatasan dengan Kec. Lawe Alas/Kabupaten Aceh Tenggara dan Kab. Dairi/Sumatra Utara. Disini banyak terdapat berbagai objek pariwisata alam yang terkenal di daerah ini. Ingin tahu apa-apa saja objek wisata yang ada di Kota Subulusalam? Yuk berikut ulasannya.

Wisata Air Terjun SKPC

Selanjutnya objek wisata alam yang bisa dikunjungi di Subulussalam ini adalah Air Terjun yang sangat eksotis. Banyak pengunjung yang datang ketika masa libur. Bahkan, lebih banyak pengunjung wisata Air Terjun SKPC ini dari pada wisata Penuntungan. Sebab ada keindahan alam dan air terjun yang tidak dimiliki oleh objek wisata Penuntungan.
Wisata Air Terjun SKPC

Wisata Alam Penuntungan

Objek wisata ini patut anda kunjungi, wisata ini merupakan sebuah sungai yang cocok bagi anda untuk berlibur baik bersama keluarga maupun kerabat dekat. Lokasi wisata alam Penuntungan ini berada di kec. Penanggalan. Berdasarkan letak geografisnya wisata ini berada di barat Laut tepatnya berada di Jalan Raya Subulussalam Penanggalan masuk dari Gapura. Yang menarik dari objek wisata ini adalah memiliki air yang jernih dan bersih. Suasana alamnya pun bernuansa alami dan udara yang segar karena banyak ditumbuni pepohonan rindang.  Ada juga terdapat Air terjun yang berada di seberang aliran sungai. 


Air Terjun Kedabuhan

Selain ada air terjun skpc, adalagi wisata air terjun lainnya di Subussalam, yakni Air Terjun Kedabuhan. Lokasi air terjun ini terletak di Kec. Penanggalan dekat Desa Lae Ikan, sekitar 7 kilometer dari pusat Kota Subulussalam. Jika anda jalan menuju Sumatra Utara lewat Jalur Barat, anda akan dapat melihat air terjun ini disebelah kanan bahu jalan. Objek wisata ini juga berpotensi sebagai penghasil devisa pendapatan daerah, sehingga objek wisata ini akan dikembangkan oleh pemerintah daerah menjadi seperti objek wisata Air Terjun Sipiso-piso Sumatera Utara.
Air Terjun Kedabuhan

Jembatan Rundeng

Jembatan ini merupakan jembatan penghubung antara Kota Subulussalam dengan Aceh Singkil. Di bawah jembatan Rundeng ini mengalir sungai Lae Kombih. Masyarakat juga mengenal jembatan ini dengan nama jembatan Lae Bersih. Disekitar jembatan banyak tempat-tempat duduk yang disediakan di sepanjang Sungai Kombih.
Jembatan Rundeng

Arung Jeram Lae Kombih 

Objek wisata yang cocok juga sebagai lokasi arung jeram ini merupakan salah satu objek pariwisata andalan Kota Subulussalam. Keindahan arus sungai yang sangat deras dan air terjunnya yang etrjang membuat objek wisata ini menjadi favorit para pecinta olahraga arung jeram.
Objek Wisata Irigasi Sungai Namo Buaya, yaitu Objek Wisata Irigasi Bahorok terletak di Desa Namo Buaya Kecamatan Sultan Daulat Kota Subulussalam Provinsi Aceh. Alam Indah Pendulangan, merupakan  Irigasi Bahorok di Kota Subulussalam dengan keindahan sungai yang mempunyai arus sungai yang sedang dan banyak terdapat bebatuan.
Arung Jeram Lae Kombih
Wisata religi Situs Makam syekh Hamzah Fansuri 
Wisata religi Situs makam datuk Sultan Daulat Sambo 
Situs Meriam Kuno Oboh Peninggalan Kolonial Belanda 
Wisata Budaya & Kesenian Asli daerah Kota Subulussalam 
Replika rumah adat serta Museum barang kuno peninggalan kerajaan kota Subulussalam

Nah, itulah ulasan beberapa objek wisata menarik di Kota Subulussalam. Namun sayangnya tempat-tempat tersebut sarana dan prasarananya belum memadai. Objek wisata ini bisa menjadi devisa yang sangat besar jika pemerintah Kota Subulussalam memperhatikan dan mengembangan tempat wisata yang ada di Kota Subulussalam.

Baca juga :
Objek Wisata Pilihan di Kota Langsa, Provinsi Aceh


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top