Wisata Alam Papua yang Mengagumkan

Tempat Wisata - Hay readers, sebelumnya kita telah membahas mengenai Kebudayan Papua, yang merupakan pulau paling ujung timur Indonesia,  kali ini kita akan membahas tentang tempat-tempat menarik di pulau ini, langsung saja kita simak yuk,

Raja Ampat
Raja ampat merupakan kepulauan yang terletak di bagian barat irian jaya barat,karena keindahannya kepulauan raja ampat ini diakui sebagai surganya terumbu karang di dunia. Wisata ini memiliki jenis terumbu karang yang sangat beranekaragam bahkan tak kurang dari 75% jenis terumbu karang, tempat ini sangat cocok bagi para wisatawan yang hobby menyelam atau diving.

Raja Ampat

Danau Sentani
Danau Sentani adalah salah satu danau yang terletak di kabupaten Jayapura yang berada dibawah lereng pegunungan cagar alam Cyclops. Danau ini memiliki keindahan yang tak kalah menakjubkan dengan danau lainnya, keheningan air dan kilauan di atas air merupakan pemandangan indah yang mebuat parawisatawan merasa damai seperti berada di surga. Di danau ini terdapat 30 spesies ikan air tawar, sperti ikan pelangi sentani, hiu gergaji, ikan gabus sentani dan lain sebagainya.

Danau Sentani

Puncak Gunung Jayawijaya

Walaupun di Indonesia hanya mengalami dua musim yaitu musim hujan dan kemarau namun di puncak Gunung Jayawijaya ini  selalu diselimuti oleh salju hal ini yang memeberikan kesan berbeda dan unik dibanding dengan gunung-gunung lainnya di Indonesia. Selain itu gunung ini juga merupakan gunung yang memiliki puncak tertinggi di Indonesia.
Puncak Gunung Jayawijaya

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorenz merupakan taman nasional terbesar se Asia Tenggara. Taman Nasional Lorentz merupakan satu-satunya taman yang memiliki fenomena gletser di kawasan tropis seperti di Indonesia. Taman Nasional Lorentz memiliki keanekaragaman hayati dan vegetasi yang banyak dan sangat berbeda dengan daerah lain seperti hutan tepi sungai, hutan rawa, pantai pasir karang, hutan gambut, lumut kerak, hutan sagu dan banyak lagi.

Iguana di Taman Nasional Lorentz

Situs Purbakala Tapurarang
Situs Purbakala Tapurarang terletak di Kokas, kabupaten Fakfak, provinsi Papua Barat. Berkunjung kedaerah ini membuat kita seolah-olah berkunjung ke sebuah kota tua yang terdapat situs-situs kuno yangn menyimpan keajaiban dan misteri di dalamnya. Lukisan tebing bebatuan terjal merupakan salah satu contoh situs kuno yang terkenal di Kokas. Pada dinding-dinding batu di gua dan tebing yang terletak dipinggiran laut ini ditemukan berbagai macam cap tangan berwarna merah. Cap tangan-tangan ini memiliki kemiripan dengan cap tangan yang ada didaerah lain seperti di sangkulirang yang terletak di kalimantan timur atau gua Leangleang di sulawesi selatan. 

Situs Purbakala Tapurarang

Danau Paniai
Sesuai dengan namanya danau ini terletak di kabupaten Paniai. Danau paniai memiliki luas 14.500 Ha, pada 30 november 2007 danau ini diakui oleh 157 negara sebagai danau terindah dan terbaik di seluruh dunia tepatnya pada saat konferensi danau se-duinia di India. Selain pemandangannya yang membuat para wisatwan berdecak kagum, di danau ini juga terdapat pasir dan bebatuan di tepi danau serta dikelilingi oleh tebing yang lumayan tinggi yang menambah nilai keindahan tersendiri bagi danau ini.
Danau Paniai


Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Taman Nasional Teluk  Cendrawasih atau sering kita kenal dengan teluk cendrawasih, teluk cendrawasih merupakan taman terluas di Idonesia yang terdiri dari lautan 89,8%, pesisir pantai 0,9%, terumbu karang 5,5% dan pulau-pilau 3,8%.wisata teluk cendrawasih ini mewakili ekosistem pantai, terumbu karang, hutan Tropika dan hutan Mangrove di provinsi papua. Teluk Cendrawasih memiliki 15 famili, 150 jenis spesies dan 209 jenis ikan yang menghuni kawasan teluk cendrawasih.
Bawah laut Teluk Cendrawasih
Fantastik bukan, senang rasanya jika bisa berkunjung ke tempat-tempat tersebut, bagi readers yang ingin bertamasya jangan lupa ya kunjungi tempat-tempat di atas, dijamin tidak bakal menyesal deh.

Baca juga:
Inilah Wisata Keren di Tanah Batak, Sumatera Utara


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top