Banyaknya Manfaat yang Diperoleh Dari Air Putih

Setelah melakukan banyak aktivitas, pastinya kita membutuhkan sesuatu yang membuat kita bisa segar dan bisa berenergi lagi. Namun di zaman sekarang ini, banyak orang yang lebih memilih jus, es buah atau air yang lebih menyegarkan dibanding air putih biasa. Padahal mereka tidak tahu bahwa banyak manfaat yang terkandung di dalam air putih yang sangat baik bagi tubuh manusia tidak hanya dari segi kesehatan, namun juga dari segi kecantikan kulit dan perawatan rambut.



Menjaga Jantung
Untuk orang yang sering meminum air putih setiap harinya 5 gelas atau lebih, air putih akan memiliki manfaat penting bagi tubuh yaitu jantung dalam melakukan pemompaan darah sehingga akan mengurangi 41 persen resiko penyakit jantung.

Melancarkan Peredaran Darah
Karena membantu pemompaan darah, air putih juga menyebabkan peredaran darah menjadi lancar ke seluruh tubuh. Setelah sirkulasi dalam darah akan stabil sehingga mampu mencegah terjadinya stroke. Air putih juga membantu mengembalikan otot-otot ligamen, pembentukan sel darah serta dalam sistem pernafasan. Air putih juga mampu menguraikan timbulan lemak serta timbunan yang berada di sistem saraf.

Mengeluarkan Racun dalam Tubuh
Minum air putih di pagi hari akan sangat membantu kerja ginjal dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh melewati air urine ataupun keringat. Air putih akan membantu menghilangkan ataupun mengeluarkan racun dan berbagai macam bakteri dari makanan-makanan yang masuk dalam tubuh manusia. Apabila minum air putih hangat ataupun panas, maka tubuh akan langsung berkeringat karena tubuh akan berusaha menurunkan suhu tubuh.

Menyehatkan Ginjal
Kekurangan cairan dalam tubuh akan menimbulkan banyak masalah, salah satunya yaitu penyebab penyakit batu ginjal. Banyak minum air putih di pagi hari sangat membantu dalam mengurangi resiko tersebut karena tubuh tidak kekurangan cairan. Tidak hanya mengurangi resiko penyakit batu ginjal,air putih juga membuat kerja ginjal menjadi ringan dengan membantu melarutkan dan membantu dalam mengeluarkan urine. Air urine orang yang kekurangan cairan dengan orang yang cukup cairan akan berbeda. Orang yang memiliki cukup cairan, air urinenya akan jernih dan tidak bau.

Melancarkan Pencernaan
Air putih akan membantu dalam malakukan proses pencernaan dari makanan-makanan yang masuk dalam tubuh manusia. Apabila cairan dalam tubuh manusia tercukupi, maka proses pencernaan makanan di usus akan lancar sehingga asupan nutrisi akan diserap secara sempurna. Sedangkan apabila kekurangan cairan, maka itu akan membuat makanan sulit dicerna di usus sehingga akan kesulitan dalam pembuangan kotoron atau biasa dikatakan sembelit. Oleh karena itu, orang yang mengalami sembelit disarankan untuk memperbanyak minum air putih di pagi hari, agar membantu meringankan kerja dari usus.

Menjaga Berat Badan
Setiap orang ingin menjaga bentuk tubuhnya, terutama seorang wanita. Namun, banyak yang tidak mengetahui bahwa air putih memiliki khasiat dalam mengontrol dan menjaga berat badan manusia. Air putih mampu membantu kerja hati dalam menghancurkan timbunan lemak dalam tubuh. Dan air putih juga tidak mengandung lemak, kalori maupun gula namun bisa membuat perut tidak mudah lapar, sehingga kita tidak sering makan atau ngemil.

Menjaga Keseimbangan Tubuh
Tubuh manusia bagian terbesarnya adalah kandungan air, sehingga apabila kekurangan cairan dalam tubuh membuat kerja tubuh tidak maksimal atau terganggu. Banyak minum air putih sangat penting karena sistem metabolisme dalam tubuh akan meningkat sehingga akan membuat kekebalan tubuh seseorang menjadi kuat. Air putih juga mampu mengendalikan suhu tubuh seseorang. Kekurangan air putih membuat fungsi dalam tubuh manusia menjadi hilang kendali.

Membantu Kerja Otak
Bagian terbesar dari kandungan otak adalah air. Kekurangan air putih dapat menstimulasi otak untuk menyimpan air sehingga membuat bagian tubuh kaki dan tangan akan membengkak. Sedangkan apabila kadar cairan dalam tubuh terpenuhi, maka akan merangsang otak dalam menjalankan kerjanya yaitu seperti lebih berkonsentrasi ketika berfikir, lebih tanggap dan waspada, tidak tegang atau stres, serta banyak lagi.

Menyehatkan Kulit
Dalam kecantikan kulit,  air putih akan memberikan nutrisi yang membantu mengganti sel-sel mati dan juga menjaga kelembapannya sehingga kulit tidak kering dan akan mengurangi keriput dan tanda-tanda penuaan. Karena kulit terjaga kelembapannya sehingga kulit tidak kusam dan selalu tampak awet muda. Air juga dapat membantu menghilangkan kantung yang berada di bawah mata. Banyak mengkonsumsi air putih juga bisa mengurangi timbulnya jerawat, karena air memiliki manfaat unutk mengencangkan kulit.

Membuat Rambut Berkilau
Air berfungsi untuk membantu dalam pertumbuhan rambut yang sehat. Banyak minum air putih akan membuat kulit kepala menjadi lembap sehingga rambut tidak akan kering dan mudah patah. Ketombe yang sering menjadi masalah rambut juga bisa diatasi dengan memperbanyak konsumsi air putih. Karena ujung saraf pada akar rambut akan memberikan stimulus untuk meningkatkan vitalitas yang alami dari kulit kepala. Perlu diketahui juga bahwa air yang dingin akan membuat rambut menjadi halus karena dapat membuat kutikula pada  menyempit.

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda masih tidak mau untuk minum air putih setiap hari? Jangan mau rugi. Lihatlah berapa banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari air putih. Untuk itu, mulai sekarang biasakan diri Anda untuk minum air putih 8 gelas setiap harinya, atau kurang lebih 2 liter setiap hari. Selamat mencoba dan rasakan sendiri manfaatnya.

Baca juga :
Aplikasi Android Yang Bisa Menghasilkan Uang
Tidak Fokus Bekerja Pasca Putus Cinta? Ini dia Cara Menghilangkannya


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top