Wisata yang belum banyak diketahui di Kabupaten Blitar

Tempat Wisata - Daerah yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah kabupaten Blitar. Di kabupaten Blitar ini masih banyak wisata-wisata yang belum terlihat dan diketahui oleh banyak orang. Yuuuk,, kita mengenal wisata-wisata yang menjadi aset kabupaten Blitar dan Indonesia..

Makam Soekarno
Ir.Soekarno atau yang lebih sering dipanggil Bung Karno adalah tokoh legendaris yang menjadi presiden pertama Indonesia. Blitar merupakan tempat dimakamkan jenazah dari beliau. Makam ini berada di kec. Sanawetan lebih tepatnya di kel. Bendogirit. Di area ini juga terdapat sebuah perpustakaan dan juga terdapat museum Soekarno. Makam bung Karno ini dujadikan tempat wisata pada tanggal 21 Juni 1970 yaitu setelah bangunan itu dipugar.
Gambar Makam Soekarno


Pantai Tambakrejo
Sesuai dengan namanya pantai ini beada pada desa Tambakrejo, yaitu terletak di kecamatan Wonotirto. Jika dari arah selatan kota Blitar menumpuh jarak 30 km. Selain pantainya yang masih alami dan indah, di sini juga dapat ditemukan olahan ikan segar hasil tangkapan para nelayan. Bulan Oktober biasanya diadakan sebuah ritual di pantai ini, yaitu ritual Larung Sesaji.
Gambar Pantai Tambakrejo


Makam Adipati Aryo
Adipati Aryo adalah seseorang yang penting bagi kabupaten Blitar yaitu adipati pertama bagi kota Blitar. Letaknya di kelurahan Blitar yaitu di kecamatan Sukorejo, makam ini menjadi tempat yang banyak dikunjungi. Namun, biasanya akan ramai dikunjungi pada malam jum’at Legi atau pada bulan Muharram.
Gambar Makam Adipati Aryo


Candi Penataran
Candi ini yang juga sisebut Candi Palah ada sejak masa kerajaan Kediri hingga masa Majapahit. Karena berada di lereng gunung Kelud, oleh Raja pada masa itu dijadikan tempat ritual sesembahan agar dibebaskan dari bahaya letusan dari gunung Kelud. Ternyata, di seluruh Jawa Timur, kompleks candi ini merupakan yang terbesar. Candi penataran ini terletak di kecamatan Ngletok, yaitu di desa Panataran.
Gambar Candi Penataran


Goa Embultuk
Ingin wisata alam yang sedikit menantang? Cobalah datang ke arah selatan dari kota Blitar, yaitu desa Tumpakkepuh di kec. Bakung. Gua ini memiliki panjang diperkirakan 1500 m dengan ketinggian 3 m. Yang menjadi andalan di wisata ini yaitu pemandangan stalagmit dan stalaktit yang bisa dijumpai di sepanjang goa. Serta suara merdu dari gemricik air menambah kenyamanan di gua ini. Jika Anda ingin ke tempat ini, maka akan menempuh jarak 40 km dari kota Blitar.
Gambar Goa Embultuk


Rambut Monte
Pada masa kerajaan Majapahit, tempat ini dijadikan tempat pemujaan bagi agama Hindu. Selain itu, di rambut monte juga ada candi, dan juga sebuah telaga yang terletak di bawahnya beserta gazebo, yaitu tempat peristirahatan sambil melihat pemandangan alam yang hijau. Danau yang memiliki air yang berwarna kehijauan ini membuat suasana semakin tenang dan damai.
Gambar Rambut Monte


Pantai Jolosutro
Ringenrejo merupakan salah satu desa di kecamatan Wates yang merupakan lokasi dari pantai Jolosutro. Untuk mencapai pantai ini dari kota Blitar akan menempuh jarak 45 km. Pantai ini sangat terkenal karena ombaknya yang besar dan membuat mata takjub. Pantai ini terlihat alami karena diapit oleh perbukitan yang terdapat hutan rimba. Tidak hanya itu, pasir di pantai ini juga sangat putih dan halus serta airnya yang berwarna biru membuat mata sejuk untuk memandang.
Gambar Pantai Jolosutro


Pemandian Sumer Udel
Di kelurahan Bendo tepatnya di jalan Kali Brantas akan dijumpai tempat pemandian bisa dijadikan sebagai tempat wisata. Di tempat ini terdapat dua kolam renang dengan ukuran berbeda yaitu untuk anak-anak dan orang dewasa. Berbagai fasilitas disiapkan di sini seperti water boom, penyewaan alat untuk berenang, wahana permainan untuk anak-anak serta tempat duduk untuk bersantai. Pemandian Sumber Udel ini sangat cocok dinikmati bersama keluarga.
Gambar Pemandian Sumber Udel


Istana Gebang
Istana ini merupakan tempat tinggal dari Bung Karno yang letaknya sekitar 2 km dari makamnya. Lebih tepatnya berada di jalan Sultan Agung nomor 69, kec. Sananwetan di kota Blitar. Di sini pengunjung dapat melihat dan merasakan bagaimana kehidupan masa kecil dari bung Karno. Pada hari kelahiran bung Karno yaitu 6 Juni, diadakan pesta kesenian dalam rangka menyambut ulang tahunnya. 
Gambar Istana Gebang


Siap untuk menjadi orang yang sudah pernah mengunjungi tempat yang masih belum diketahui banyak orang..? Ayooo,, buruan jangan sampai ketinggalan..

Baca juga:
Wisata Eksotis Kaya Sejarah di Sleman, D.I. Yogyakarta


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top