Wisata Kota Padang

Tempat Wisata - Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu wilayah provinsi yang paling banyak jumlah kunjungan wisatanya oleh para wisatawan. Karena di Sumatera Barat banyak memiliki tempat objek-objek wisata yang sangat menyenangkan seperti wisata alamnya yakni laut, gunung, ngarai bukit, danau dan lain sebagainya dan ada juga wisata budaya dan sejarahnya yang tersebar di berbagai Kabupaten dan Kota Provinsi Sumatera Barat.
Untuk itu mari kita mengenal beberapa tempat wisata yang ada di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat ini agar menjadi referensi bagi wisatawan yang ingin berkunjung kesana.


Pantai Padang
Pantai ini dikenal masyarakat kota Padang dengan sebutan “TAPLAU” atau singkatan dari Tapi Lauik. Pantai Padang terletak dipusat kota Padang, yaitu ibu kotanya Provinsi Sumatera Barat. Dimana pantai ini merupakan salah satu tujuan wisata ketika ke kota Padang, sehingga pantai ini ramai dan padat  dikunjungi oleh warga kota Padang maupun para pelancong dari luar daerah yang berwisata atau ada ursusan bisnis di Padang karena lokasinya sangat mudah untuk dijangkau. Bagi kita yang ingin mengamati terbenam matahari yang turun secara perlahan-lahan dapat kita saksikan di Pantai Padang ini, Ketika pada malam hari pantai ini menjadi tempat tongkrongan para muda-mudi dengan menikmati pisang bakar atau jagung bakar yang dijual disepanjang jalan Pantai Padang. Banyak beberapa warung tenda yang berjejer disepanjang tepi pantai Padang, sehingga kita dapat menikmati aneka minuman seperti minuman bersoda dan kelapa muda, serta jajanan-jajanan sebagai pelengkap minuman seperti kacang rebus ataupun telur rebus dan yang lainnya.

Ada juga wahana permainan bagi anak kecil yang disediakan seperti kereta odong-odong ataupun mobil-mobilan dan sebagainya. Namun Pantai Padang ini tidak hanya sedikit terdapat pasir dibeberapa bagian pantai karena pantai ini sudah mengalami abrasi menahun. Batu-batu besar sebagai pemisah ombak juga sebagai tembok pemisah antara laut dan tepi jalan
Pantai Padang

Pantai Aie Manih (Pantai Air Manis)
Selain Pantai Padang yang terdapat di pusat Kota Padang, ada juga pantai yang tekenal dengan legendanya yang dipercaya terjadi nyata yakni Legenda Malin Kundang. Pantai tersebut adalah Pantai Aie Manih atau dikenal dengan nama Pantai Air Manis. Pantai ini sangat menarik untuk dikunjungi karena mempunyai pesona alam yang indah, ombak-ombak yang berhembus ketepian menyusuri pantai sehingga angin sepoi-sepoi yang terasa membuat suasana menjadi sejuk dan tentram. Ketika air laut surut kelaut, kita dapat berjalan-jalan ke bibir pantai yang sungguh luas dengan melihat bentangan pemandangan lautnya yang indah dipandang mata.
Pantai Air Manis
Pantai Air Manis terletak di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Bisa ditempuh dengan berbagai kendaraan seperti sepeda motor, mobil maupun angkutan umum lainnya. Jika para wisatawan yang berkunjung dimulai dari Bandara Ketaping bisa menggunakan kendaraan khusus bandara ataupun angkutan umum lainnya yang menuju lokasi tersebut dalam waktu tempuh sekitar setengah jam.
Tempat wisata ini dikelola oleh warga setempat, disana disediakan beberapa fasilitas wisata, seperti beberapa tempat penginapan yang harganya cukup terjangkau dan tidak begitu mahal. Ada juga warung-warung makan disepanjang pantai yang bisa digunakan untuk tempat bersantap ria. Ada pepohonan yang menjulang tinggi di sepanjang tepian pantai yang dan disana disediakan payung atap pantai sebagai tempat duduk melepas penat sehabis bermain dipantai, beberapa fasilitas lain yang disediakan adalah mushalla, toilet, tempat parkir kendaraan dan sebagainya.

Pantai Nirwana
Selanjutnya masih dengan pantai juga, berlokasi di sebelah Selatan Kota Padang bernama Pantai Nirwana. Pantai ini tidak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur Padang, karena untuk mencapai kesana sangat mudah dan tidak terlalu jauh dari pusat kota. Pantai ini lebih indah pada saat sore hari karena dapat menyaksikan terbenamnya matahari dengan pesonanya begitu indah dan disaat malamnya yang gelap kita dapat menikmati pemandangan lampu sorot dari Pelabuhan Teluk Bayur.
Pantai Nirwana
Pantai Pasir Jambak
Pantai Pasir Jambak merupakan pantai yang berlokasi 17 kilometer dari Kota Padang. Pantai ini banyak dikunjungi oleh para muda-mudi, karena suasana dan panoramanya yang indah dan sangat romantis apalagi pada saat matahari terbenam. Pantai ini juga menjadi tempat favorit warga Kota Padang sebagai tempat menenangkan pikiran maupun refresing melepas penat dari aktivitas-aktivitas sehari-hari. Berkunjung ke Pantai Pasir Jambak bisa ditempuh dalam waktu setengah jam dengan menggunakan kendaraan bermotor dan kendaraan umum lainnya.
Pantai Pasir Jambak

Pantai di Pulau Sikuai
Pulai Sikuai berada di sebelah Barat Pulau Sumatera, yaitu terletak di Kecamayan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Belum banyak yang mengetahui keberadaan pulau Sikuai ini, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Padahal Pulau Sikuai ini mempunyai pantai yang sangat menakjubkan keindahannya dengan pemandangan yang asri serta masih alami. Karena masih terjaga keaslian keindahan alamnya dengan keindahan lautnya.
Di pantai Pulau Sikuai iniada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan seperti jalan-jalan refresing disepanjang pantai, bermain sepeda dengan menyewa sepeda dengan harga yang terjangkau dan ada juga disediakan track khusus untuk bersepeda, anda juga bisa mengumpulkan kerang-kerang nan cantik dan unik yang ada dipinggir pantai. Dan masih banyak lagi aktivitas yang bisa dilakukan dipantai.
Kegiatan lainnya ialah mengelilingi pulau dengan berjalan kaki. Keindahan alam di Pulau Sikuai ini akan membuat anda takjub dan memberikan pengalaman baru yang berbeda karena anda akan menemukan berbagai binatang khas di Pulau ini, seperti Buaya, Monyet, berbagai jenis burung serta ungags lainnya.
Pantai Sikuai
Air Terjun Tiga Tingkat
Tidak banyak orang yang mengetahui tempat wisata yang satu ini. Air Terjun Tiga Tingkat ini merupakan salah satu tempat wisata yang misterius karena selain tidak banyak orang yang mengetahui Air Terjun Tiga Tingkat ini juga tidak banyak informasi yang beredar mengenai tempat ini. Lokasi Air Terjun ini berada di Desa Cendikar, Kota Padang. Dinamakan Air Terjun Tiga Tingkat karena memiliki tinga tingkatan dan tidak semua orang yang bisa naik ketiga tingkat tersebut. Jalan yang harus ditempuh untuk mencapai ketiga tingkat tersebut sangat berat karena jalannya yang terjal dan licin sehingga sulit untuk dinikmati. Tempat wisata ini sangat cocok untuk para pecinta petualangan dan wisatawan alam.
Air Terjun Tiga Tingkat
Museum Adityawarman
Selain tempat wisata-wisata alamnya, di Kota Padang terdapat juga wisata sejarah yang mesti kita kunjungi, yaitu terdapat Museum Adityawarman yang berdiri pada tahun 1974 dan menjadi ikon Kota Padang dan menjadi taman mini-nya Kota Padang. Museum ini adalah museum yang paling terkenal di kota Padang. Didalam museum terdapat berbagai jenis benda bersejarah dan museum inilah sebagai tempat menjaga dan menyimpan kelestarian budaya khas Kota Padang hingga ke anak cucu.
Museum Adityawarman
Jembatan Siti Nurbaya
Jembatan ini merupakan salah satu ikon jembatan yang namanya diambil dari sebuag legenda karyawa sastrawan Sumatera Barat bernama Marah Rusli yaitu dengan sebutan Jembatan Siti Nurbaya. Disepanjang jembatan terdapat lampu-lampu nan indah yang dipasang di setiap tepian-tepian jembatan sehingga ketika malam hari jembatan ini membuat pemandangan yang menyejukkan mata. Dilengkapi dengan jajanan-jajanan makanan yang menjadi tempat wisata kulinernya anak muda maupun para keluarga.
Jembatan Siti Nurbaya
Miniatur Makkah
Sesuai dengan namanya Miniatur Makkah tempat ini merupakan tempat wisata religi yang terletak di Lubuk Minturun, Padang. Tempat wisata yang satu ini sangat unik karena dibangun sesuai dengan keadaan aslinya bangunan Miniatur Makkah ini masih dibilang baru karena dibangun pada tahun 2010. Selain menjadi tempat wisata bagi para wisatawan, Minaiatur Makkah ini juga digunakan sebagai tempat untuk berlatih bagi para calon jama’ah yang akan menunaikan ibadah haji atau umrah ke tanah suci Mekah. Disini juga kita dapat menikamati dan melihat beberapa jenis satwa seperti ular, ikan, unta dan sebagainya.
Miniatur Makkah
Baca juga:
Objek Wisata di Pekanbaru, Riau


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top