Destinasi Wisata Keren di Solok, Sumatera Barat

Tempat Wisata - Kabupaten Solok merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki destinasi wisata yang tidak kalah keren dan menarik dengan daerah-daerah yang ada di Sumatera Barat lainnya. Solok yang Ibu kotanya Arosuka ini terletak sangat strategis yaitu dari kota Padang butuh waktu tempuh sekitar sekitar 1 jam atau 3,5 jam jika dari Kota Bukit Tinggi.

Kabupaten ini banyak memiliki objek wisata alam maupun budaya yang sangat eksotis dan terkenal hingga mendunia, salah satunya adalah adanya ajang sepeda bergengsi dunia yaitu Tour de Singkarak pada beberapa bulan yang lalu. Dimana Singakarak ini merupakan salah satu danau yang ada di Solok, Sumatera Barat.  Untuk itu mari kita mengenal beberapa tujuan wisata yang ada di Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat yang dapat anda jadikan sebagai referensi tujuan wisata anda. 

Danau Kembar
Danau Kembar merupakan julukan dua buah danau yang terpisah namun memiliki kondisi alam yang serupa. Biasanya danau ini disebut dengan Danau Ateh dan Danau Bawah. Jarak antara danau ini hanya sekitar 300 meter.  Danau ini dapat ditempuh sekitar 60 kilometer dari Kota Padang. Dimulai dari simpang tiga Lubuk Selasih, melewati jalan yang menanjak menuju Danau Kembar atau Alahan Panjang. Tiba di persimpangan Simpang Tanjung Nan IV, belok kekanan jika ingin menuju Dermaga di tepi Danau Atas. tetapi jika ingin menuju Panorama bisa belok kiri.
Danau Kembar
Pesona alamnya yang asri dan udara yang sangat sejuk membuat danau menjadi menjadi lokasi wisata utama di Solok, terlebih lagi di Danau Ateh. Karena danau ini ada dermaga speedboat yang menawarkan kapal sewaan dengan harga yang terjangkau yang disediakan untuk pengunjung yang ingin berkeliling meelihat dan menikmati danau. Fasilitas lain yang disediakan adanya restoran atau café bagi pengunjung yang ingin bersantai sembari mengisi perut sehabis berkeliling sekitar danau.

Sebaliknya di Danau Bawah yang memang dikelilingi perbukitan, umumnya pengunjung biasa menikmati pemandangan Danau Bawah dari kejauhan. Dalam perjalanan menuju tepi Danau Bawah, dianjurkan berjalan ke arah Pasar Simpang dan melewati jalan menuju Jorong Kapalo Danau  Bawah. Suhu dingin pengunungan akan lebih terasa disini dan siapkanlah pakaian hangat anda.

Danau Singkarak
Danau Singkarak merupakan danau yang terluas kedua di Pulau Sumatera setelah danau Toba. Danau ini juga merupakan danau yang terluas pertama di Sumatera Barat yaitu luasnya sekitar 108 kilometer. Danau ini berada dipertengahan antara Kota Padang Panjang dan Kota Solok, sehingga anda mempunyai dua rute jalan menuju ke Danau Singkarak ini jika dari Padang yaitu melalui Kota Padang Panjang atau Kota Solok.
Danau Singkarak
Danau Singkarak ini begitu sangat eksotis pemandangan alamnya, dengan dilatar belakangi oleh bukit-bukit yang berbaris-baris disepanjang pinggiran danau yang membuat pemandangan semakin indah. Udara yang sejuk akan menyapa anda ketika anda berada dikawasan Danau Singkarak ini. Serta jalan lintas yang berada tepat dipinggiran danau yang terlihat sangat spektakuler dimana dikawasan inilah ajang balapan sepeda bergengsi dunia diadakan.  Yaitu Tour de Singkarak, yang baru beberapa bulan yang lalu digelar.

Danau Talang
Danau Talang merupakan danau yang letaknya teepat di kaki Gunung Talang. Pemandangan di Danau Talang ini sangat spektakuler serta indah dipandang mata karena terlihat asri dikelilingi desa dan kampung yang bersahaja yaitu Kampung Batu Dalam. Akses jalan menuju danau ini lumayan jauh, bahkan jalannya masih ada yang belum diaspal. Jalur menuju danau ini cukup jauh, dan bahkan ada yang belum diaspal. Namun perjuangan menuju Danau Talang terbayar sudah dengan menyaksikan pemandangan yang indah dan spektakuler.
Danau Talang
Kebun Teh Alahan Panjang Solok
Perjalanan menuju Danau Kembar yang berkelok-kelok dari Lubuk Selasih akan anda temui pemandangan yang tidak bosan-bosannya anda nikmati. Seperti ada terdapat tiga air terjun di pinggir jalan raya yang akan anda lewati nantinya. Lalu ada juga hamparan kebun teh di Alahan Panjang disisi kiri-kanan jalan yang anda lewati. Kebun teh ini menjadi kawasan wisata dengan pemandangannya yang begitu sangat menakjubkan. Berada sekitar 1500 meter dari permukaan laut sehingga hawa dikawasan ini sangat dingin dan sejuk. Dari kota Padang jarak untuk menuju ke Kebun Teh ini sekitar 65 kilometer. Ditempat ini bagus untuk berfoto-foto ria, mengabadikan tempat ciptaan Tuhan yang maha karya. Dari kebun teh ini terlihat juga pemandangan Gunung Talang yang berdiri dengan gagahnya sambil anda beristirahat di warung kopi yang disediakan berjejer sepanjang kebun teh. Terdapat banyak kegiatan yang dilakukan di kawasan ini, salah satunya melakukan aktivitas sepeda cross country dan uphill.
Kebun Teh Alahan Panjang
Bukit Cambai.
Bukit Cambai merupakan tempat wisata trekking  yang cocok dengan tingkat kesulitan yang rendah. Udara di bukit Cambai ini sangat segar dan menyejukkan. Bukit ini terletak di Nagari Simpang Tanjung Nan IV, Kec Danau Kembar, Kabupaten Solok. Dari puncak bukit ini anda dapat melihat keempat Danau yang terkenal di Kabupaten Solok yakni Danau Singkarak, Danau Ateh, Danau Bawah dan Danau Talang. Dari jalan raya Bukit Cambai ini terlihat berbentuk bukit seperti bukit dalam film Teletubbies. Kegiatan akhir pekan yang sering dilakukan masyarakat disini biasanya merka beraksi memburu babi hutan dengan ditemani anjing yang terlatih. Perburuan tersebut merupakan salah satu tradisi penduduk local yang ada dikawasan ini.
Bukit Cambai
Masjid Agung Al-Muhsinin
Masjid ini merupakan Masjid termegah dan terbesar di Kota Solok. Letaknya di jalan Datuak Perpatih Nan Sabatang, Solok. Masjid Agung Al-Muhsinin ini baru  diresmikan pada tanggal 14 Desember 2011.
Masjid Agung Al-Muhsinin
Masjid Tuo Kayu Jao
Wisata religi ke Masjid Tuo Kayu juga sangat menyenangkan dengan suasana khas rumah Minang Kabau pada zaman dulu yang berdiri sejak awak abad ke-16 yang lalu. Masjid ini merupakan masjid tertua yang sudah berusia 5 abad tahun, dan juga masjid tertua kedua Di Indonesia yang masih berdiri hingga saat ini dengan kondisinya yang masih bagus dan sekarang masih digunakan sebagai tempat beribadah oleh masyarakat sekitar. Masjid bersejarah ini merupakan masjid yang menjadi saksi perkembangan agama Islam di Sumatera Barat. Letaknya berada tidak jauh dari Danau Kembar.  Yaitu terletak di Jorong Kayu Jao, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Berjarak sekitar 1 kilometer dari jalan raya arah ke Danau kembar.
Masjid Tuo Kayu Jao
Pemandian Air Panas Bukik Gadang
Tempat wisata ini merupakan tempat pemandian yang airnya  berasal dari air kaki gunung Talang, berlokasi di Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok. Air pemandian ini dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit dengan berendam didalam air pemandian ini sekaligus anda dapat melepas penat dan letih anda. Khasiat yang didapat dari air yang berasal daru kaki gunung Talang ini bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti rematik, mempelancar aliran darah serta penyakit kulit. Tempat wisata angin berhembus di solok.
Pemandian Air Panas Bukit Gandang
Itulah beberapa destinasi di Kabupaten Solok yang akan memperkaya pengalaman dan referensi Anda selama di Sumatera Barat.

Baca juga:
Berwisata ke Kabupaten Agam, Kota Kelahiran Buya Hamka
Jual Kotak Hantaran


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top