Wisata Kabupaten Padang Pariaman

Tempat Wisata - Setelah menelusuri objek-objek wisata Kota Padang, sekarang kita akan mengenal tempat wisata yang bisa dikunjungi di kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Dimana Kabupaten Padang Pariaman ini dikenal dengan Kota Tabuik Pariaman, yakni acara yang diadakan setiap tahunnya sebagai pergelaran budaya. Jarak untuk menempuh kab. Padang Pariaman sekitar 56 kilometer dari Kota Padang, dan berbatasan dengan wilayah Padang Pariaman di Utara, Selatan dan Timur, serta Samudera Hindia di Barat. Di Pariaman  banyak sekali berbagai tempat wisata yang bisa dikunjungi, antara lain adalah sebagai berikut:

Wisata ke Air Terjun Nyarai
Air Terjun Nyarai adalah objek wisata air terjun yang berlokasi di Hutang Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera barat. Pemandangan Air terjun Nyarai sangatlah indah panorama dan suasananya. Karena letaknya yang dihutan, membutuhkan waktu 2-3 jam jika memulai perjalanan dari mulut hutan.

Ketinggian Air Terjun Nyarai mencapai 7-8 m. Air terjun tidak terlalu deras ketika saat musim panas tiba, Air Terjun Nyarai ini memiliki kolam yang besar dengan airnya yang berwarna kehijauan yang membuat  menarik Air Terjun itu sendiri. Dalam kolam terdapat ikan-ikan yang dapat ditangkap dengan memancingnya atau dengan pistol tombak yang tidak semua orang bisa menggunakannya.
Air Terjun Nyarai
Wisata Air Terjun Baburai
Adalagi nih objek wisata air terjun yang terdapat di kabupaten Padang Pariaman. Yaitu Air Terjun Baburai, berlokasi di Korong Alahan Tabek, Nagari Sikucur, kecamatan 5 Koto Kampung Dalam, Sumatera Barat. Air terjun ini mulai dibuka bagi pengunjung umum pada awal tahun 2013 yang lalu, masyarakat setempat selalu melakukan pembenahan fasiltitas-fasilitas yang mendukung bagi objek wisata ini melalui dana APBD Padang Pariaman serta dana PNPM Mandiri.
Air Terjun Baburai
Untuk menuju ke air terjun yang satu ini jika kita bermula dari Kota Pariaman jarak tempuhnya sekitar 70 kilometer, dan jika dari Kota Padang  dapat dicapai sekitar 78 kilometer. Dalam perjalanan menuju ke Air Terjun Baburai pun mata kita akan dimanjakan dengan keindahan alam seperti pegunungan yang menghijau, sawah-sawahan serta jalan yang berkelok-kelok.
Setiba di lokasi wisata Air Terjun Baburai ini kita harus menaiki tangga untuk dapat mendekati kawasan air terjun dan menikmati gemercik air terjun tersebut. Pengunjung yang datang biasanya adalah mahasiswa-mahasiswa, anak sekolah serta para keluarga. Dan biasanya paling rame dikunjungi adalah pada hari libur, hari sabtu dan minggu.

Wisata ke-Pantai Gandoriah
Jika kita pergi ke Pariaman belum lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Pantai yang satu ini, yaitu Pantai Gondoriah. Di pantai ini lah tempat diselenggarakannya acara puncak tradisi Budaya Tabuik, yang diadakan setiap tahunnnya yaitu ketika tabuik tersebut dibuang kelaut. Pada saat acara inilah pantai gondoriah ramai didatangi masyarakat dan orang-orang dari berbagai penjuru Sumatera Barat.
Dari Kota Padang ke Pantai Gondoriah Pariaman menempuh jarak 60 kilometer. Dan untuk mencari lokasinya tidaklah terlalu susah, karena posisi pantai ini sangat strategis yaitu berada di pusat Kota Pariaman. Dan akses transpotasi untuk mencapai ke pantai ini sangat mudah didapatkan, seperti kendaraan umum serta jalur kereta api yang dapat menghubungkan langsung Kota Padang dengan pantai ini. Bahkan, tempat pemberhentian kereta api tersebut berada tepat didepan gerbangnya Pantai Gondoriah. Karena itu PT. KAI mempunyai rute jurusan Padang-Pariaman yang beroperasi saat akhir pecan sebagai perjalanan kereta wisata.
Pantai Gondoriah
Pantai Gandoriah ini berbeda dari pada pantai lainnya di Sumatera Barat, karena selain panoramanya yang indah disertai hembusan angin yang sepoi-sepoi, dan banyak gugusan pulau-pulau kecil  yang menghias cakrawala serta konturnya yang landai, pantai ini lebih bersih dari pantai-pantai lainnya.  Pasirnya yang putih dan ditumbuhi pohon-pohon cemara disepanjang tepi pantai.
Di pantai ini juga terdapat berbagai pilihan aktivitas rekreasi laut ketika saat liburan. Seperti selacar, renang, serta sejenis olahraga pantai yang menyenangkan, akan tetapi hanya tersedia pada saat musim libur dan akhir pekan saja.

Wisata ke Pantai Arta
Pantai Arta terletak di Desa Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Pantai ini juga salah satu pantai yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena pesona alamnya yang indah dan sangat menyenangkan bila berada di pantai.
Dipantai Arta terdapat pohon Pinus yang tumbuh disepanjang tepian pantai sehingga membuat pantai semakin asri dipandang mata, sejuk dan sangat cocok untuk pengunjung yang ingin bersantai-santai. Seperti biasanya dimana ada pantai pasti bisa melihat matahari terbenam. diPantai Arta ini pun juga bisa kita nikmati sunset nan indah ketika berada disana.

Pantai Arta
Untuk menuju ke Pantai Arta kita dapat menemukannya dengan mudah karena berada di Jalan Raya Padang-Pasaman. Jika dari Kota Padang bisa menempuhnya dengan menggunakan bus atau angkutan umum lainnya yang menuju ke Lubuk Basung. Dan jika dari Kota Bukit Tinggi jarak yang ditempuh mencapai sekitar 100 kilometer. Pantai ini selalu ramai dikunjungi karena aksesnya yang mudah untuk mencapai ke pantai. Apalagi ketika hari libur tiba yakni seperti hari raya umat Islam, pantai ini mengadakan sebuah acara pesta pantai. Seperti permainan musik dan permainan-permainan yang menarik.

Masjid Raya Kota Pariaman
Selain objek wisata alam yang bisa kita kunjungi di Kab. Padang Pariaman ini, ada juga objek wisata religi yang sangat berpengaruh bagi penyebaran agama Islam diseluruh penjuru negeri. Mesjid Raya Kota Pariaman ini merupakan masjid batu pertama di Pariaman yang dibangun dengan kekuatan dan kekuasaan anak nagari pasar Pariaman sendiri. Terletak di Kampung Perak, dekat Pasar Pariaman.
Masjid ini dibangun pada tahun 1879 Masehi (1 Muharram). Yang didirikan berkat kepemimpinan Syekh Muhammad Jamil. Beliau adalah seorang ulama yang termasyhur pada masa itu. Beliaulah yang membina kesatuan dan persatuan anak nagari pasar Pariaman.
Masjid Raya Kota Pariaman
 Makam Syekh Burhanuddin
Syekh Burhanuddin merupakan tokoh agama Islam pada abad ke-17 yang dikenal sebagai penyebar agama di Minangkabau. Beliau dipercaya mempunyai kekuatan supranatural dan juga mempunyai pengetahuan yang mendalam mengenai Agama Islam. Beliau wafat pada 10 Syafar, dan sampai sekarang makan beliau masih dikunjungi oleh pezirah. Karena makam Syekh Burhanuddin ini telah menjadi tempat wisata religius yang dibangun dengan bercirikan arsitektur masjid pada zaman abad ke-16. Makam ini berlokasi di Kecamatan Ulakan Tapakis, berkisar 12 km dari Pariaman.  Sangat terasa suasana keagamaan disekitar makam tersebut. Maka dari itu jika anda berada di Sumatera Barat tepatnya di Pariaman jangan lupa untuk berziarah ke makan Syekh Burhanuddin. Selain berwisata, suasanya religinya pun dapat.
Makam Syekh Burhanuddin
Pantai Kata
Nama Pantai Kata ini berasal dari nama desa dimana pantai ini berada. Yaitu Desa Karan Aur dan Taluk, lalu disingkat dengan Kata. Pantai Ini berlokasi di Selatan Kota Pariaman. Tidak terlalu sulit untuk mencari pantai ini, Cuma berjarak 1500 meter dari Kab. Padang Pariaman dengan batas Kota Padang Pariaman. Akses jalan ke pantai ini bisa ditempuh dengan kendaraan tradisional seperti bendi maupun kendaraan umum lainnya.
Pantai Kata
Pantai Kata ini terkenal dengan pantai yang masih asli keindahannya, pasirnya yang putih dan bersih serta dihiasi pohon-pohon cemara dan pinus. Alamnya yang masih alami keindahannya membuat pantai ini menjadi tempat yang nyaman untuk menyegarkan otak dan rasa jenuh serta lelah kita.

Baca juga:
Wisata Kota Padang
Jual Kotak Hantaran


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top