Warna-Warni Kuliner Khas NTT

Wisata Kuliner - Sebelumnya kita telah membahas tentang budaya dan wisata dari provinsi ini, kali ini kita akan membahas kuliner khasnya, apa saja kuliner yang menjadi kebanggan provinsi ini? Mari kita telusuri:

1.    Sambal Ikan Teri
Di daerah nusa tenggara timur ikan teri cukup terkenal sehingga dijadikan makanan yang cukup populer, bahkan sambal ikan teri ini  dapat kita jumpai dibagian daerah lain. Cara membuat makanan ini pun tidak susah  kita dapat mengkereasikannya sesuai selera masing-masing.
Gambar Sambal Teri

2.    Seafood
Provinsi NTT memiliki potensi laut yang sangat banyak. Di pulau-pulau tertentu banyak warga berada di pesisir yang pantai bekerja sebagai nelayan. Oleh karena itu banyak sekali  makanan khas di daerah ini yang berbahan dasar hewan laut. contohnya seperti tongkol bakar dan Gurami asam manis. Kita akan merasakan rasa berbeda yang lebih nikmat di daerah ini karena ikan-ikannya masih segar beda dengan jika kita membeli ikan di pasar ataupun di tempat perbelanjaan lainnya.

Gambar Seafood

3.    Tumisan
Di daerah ini tumisan merupakan makanan yang cukup terkenal contohnya plecing kangkung dan tumis bunga pepaya.
Gambar Plecing Kangkung
4.    Catermak Jagung
Cetermak jagung merupakan makanan penutup yang terbuat dari bahan utama jagung, kacang hijau, dan labu lilin yang dimasak dengan bumbu. Catermak jagung ini memiliki rasa khas asin. Sangat berbeda bukan dengan kolak jagung yang memiliki rasa manis?

 Gambar Catermak jagung

5.    Kolo
Kolo merupakan makanan khas tradisional daerah manggarai, nusa tenggara timur. Kolo adalah nasi bakar yang dimasak menggunkan bambu. Bahan yang kita butuhkan untuk memasak makanan ini adalah bambu sepanjang 30 cm, beras, dan bumbu masakan, cara memasaknya yaitu kita masuknya beras, air dan bumbu kedalam bambu kemudian bagian mulut ujung ditutup dengan daun pisang lalu dibakar hingga matang. Biasanya kolo ini digunkan untuk acara pesta adat penti atau syukuran panen.

Gambar Kolo
6.    Jawada
Jawada merupakan kue yang dibuat dari campuran tepung beras, santan, garam, gula aren, air nira  dan minyak. kue ini sekilas mirip seperti bihun goreng yang dibentuk segitiga dan berwarna coklat, memiliki aroma yang khas antara tepung yang digoreng dengan wangi gula merah. Kue ini dapat bertahan lama jika kita menyimpannya di dalam stoples yang kering dan hampa udara.
Gambar Jawada

hmmm, lezat sekali bukan? oke bagi parawisatawan di NTT jangan sia-siakan kesempatan untuk mencicipinya ya..

Baca juga:
Jajanan Khas Jember yang Patut Dicoba


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top