Uban Tumbuh di Usia Muda, Ini Penyebabnya !

Haloo Indonesiaaa.......... 
Aduuuh, masa sih masih muda sudah beruban? 
Sepertinya pernyataan itu dapat menggambarkan bahwa tidak ada seorang pun yang mau ada rambut putih di sela hitamnya rambut ya, apalagi di masa belia. Haduuh berasa yang paling tua kali ya.? 

uban di usia muda
ubanan

Menurut statistik seperti yang dilansir pada majalah gadis, secara alami uban akan tumbuh diumur 34 sampai 42 tahun. Lalu di saat usia 40-an dan 50-an uban akan bertambah banyak sebanyak 30%. sedangkan meurut riset, 1 dari 5 cowok dan cewek akan mengalami tumbuhnya uban di usia remaja sampai seumur 25 tahun. Kasus yang jarang memang tetapi jangan panik dulu ya, ada penjelasannya kok dibalik tumbuhnya uban tersebut. ini lho dia penyebab uban :

Menurut majalah gadis edisi 36 dikatakan oleh dr. Arya widyana yang praktek disalah satu klinik di Denpasar- Bali, tumbuhnya uban pada usia remaja adalah dikarenakan hal berikut ini: 
  1. Faktor keturunan. Ini adalah penyebab yang paling umum kenapa bisa ada uban dirambut kita. Coba deh kamu telusuri, adakah orang tuamu atau kakek nenekmu yang rambutnya sudah beruban diumur belia (diawal tahun 30-an) ? Kalau iya berarti kemungkinan kita untuk cepat beruban juga lebih besar. Kenapa? karena mayoritas penyebab utama tumbuhnya uban dirambutmu adalah karena faktor genetika. Yaitu ada suatu gen bahan genetik yang yang terkait dengan sifat tertentu yang diwariskan kepada individu ke individu lainnya (anak IPA pasti tau deh ini)
  2. Kurangnya zat besi dan vitamin B (terutama vitamin B12). Inilah vitamin dan mineral yang paling ampuh untuk menghambat pertumbuhan uban dikepalamu lho. Jadi, perbanyaklah mengkonsumsi makanan seperti telur, ikan, segala macam produk susu dan daging unggas agar kebutuhan protein dari vitamin dan mineral ini tercukupi. 
  3. Stress berkepanjangan. Lagi merasa tertekan banget ya dengan segala rutinitas atau permasalahan yang berat? jika iya atasilah segera ya. Soalnya stress yang berkepanjangan akan menguras cadangan vitamin B12 dari tubuh kita. Selain itu, stres bisa menghambat produksi melanin atau pigmen warna rambut alami, yang dihasilkan sel melanosit dalam tubuh. Karena pada dasarnya uban itu tumbuh karena melanosit tidak mampu lagi memproduksi melanin karena kita Stress!! Berita baiknya adalah bila memang penyebab uban tumbuh dirambut kita itu karena stress maka kita tidak perlu khawatir. Begitu stres tersebut hilang maka rambut putih itu akan rontok dengan sendirinya. 
  4. Gizi yang buruk. Kamu sering jajan sembarangan ya? Nah, sepertinya kita harus mulai ganti kebiasaan karena gizi yang buruk akan mempengaruhi kesehatan rambut karena asupan makanan yang tak seimbang. Jadi, ada baiknya kamu beralih ke hidup sehat dan tidak ada salahnya juga lho dengan membawa bekal dari rumah saja ya. 
  5. Gangguan pencernaan. Menderita penyakit yang menyerang usus pun dapat menyebabkan timbulnya uban. Seperti cacingan, penyakit diare, TBC usus, diverticulosis (timbulnya lubang-lubang kecil pada usus besar), bahkan kekurangan enzim tirosinase yang berperan penting dalam pembentukan pigmen dirambut.
  6. Gaya hidup yang tidak sehat. Bergaul dilingkungan penuh asap rokok juga dapat memberikan pengaruh buruk untuk kesehatan rambutmu lho fellas. Hal ini dikarenakan, radikal bebas berlebih dalam tubuh dapat menghambat aliran zat zat gizi yang berguna bagi tubuh. 
  7. Sering menggunakan pewarna rambut. Tidak baik menggunakan pewarna rambut karena pewarna juga meresap ke pori pori kulit kepala. Nah, zat kimia yang ada pada pewarna rambut inilah yang akan mempengaruhi kesehatan rambut dan uban kecil pun akan mudah tumbuh. Jadi walaupun sedang tren atau pun sedang top, berhenti deh menyiksa rambut kamu dengan cara ini. Hal ini juga berlaku untuk penggunaan minyak rambut yang berlebihan (tidak heran jika lebih banyak kaum pria yang mengalami tumbuh uban ya) dan penggunaan sampo yang mengandung belerang. 
Oke fellas sekianlah penjelasan mengenai uban dirambut di usia muda.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top