Tips-Tips Meredakan Nyeri Ketika Haid

Seorang perempuan pasti akan mengalami menstruasi atau haid yang akan dijalani setiap bulannya. Tamu bulanan ini terkadang menimbulkan rasa nyeri yang kadang membuat seorang perempuan sangat kesakitan. Lalu apa saja yang harus dilakukan seorang perempuan untuk meredakan rasa nyeri tersebut? Ternyata, rasa nyeri karena haid tidak hanya bisa diobati dengan obat-obatan dari dokter atau apotek, namun juga bisa melakukan beberapa hal dan juga dengan menggunakan bahan-bahan yang tradisional serta alami. Berikut penjelasannya.



Memijat dan Merileksasikan Perut
Biasanya nyeri haid akan terasa pada perut bagian serta punggung bagian belakang. Ketika nyeri datang, berbaringlah dan berikan alas di bagian punggung seperti bantalan. Kemudian pijat secara santai dengan menggunakan ait hangat di area yang terasa sakit. Lakukan itu secara terus menerus, namun jangan terlalu keras dan berlebihan. Secara perlahan dan santai saja.

Melakukan Olahraga Ringan
Ketika nyeri haid terasa dangat menyakitkan, Anda bisa melakukan aktivitas yang membutuhkan banyak pergerakan. Karena aktivitas ini akan melancarkan hormon-hormon pada tubuh kita, seperti banyak berjalan kaki, melakukan yoga untuk membantu pengaturan nafas serta peningkatan sirkulasi darah serta melakukan senam aerobik. Dengan lancarnya hormon-hormon, maka nyeri saat haid akan mereda sedikit demi sedikit.

Memakan Vitamin
Makanan yang kita konsumsi memiliki pengaruh yang besar untuk tubuh kita. Ketika nyeri haid mulai terasa, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak vitamin serta makanan yang memiliki lemak yang rendah, seperti vitamin B6, C, D dan E. Dan juga kandungan magnesium, omega 3, zinc dan protein nabati. Serta dianjurkan mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan yang segar.

Mengkonsumsi Jamu atau Bahan-Bahan Tradisional dan Alami
Bahan-bahan alami yang ternyata mempunyai manfaat untuk menghilangkan rasa nyeri ketika haid seperti jahe, kunyit, daun kemangi, daun mint, kayu manis, asam jawa dan temulawak serta bawang putih.
Untuk daun mint dan kayu manis, cukup diseduh dengan teh dan diminum 2 kali dalam sehari. Sedangkan untuk daun kemangi bisa dijadikan lalapan. Namun jangan terlalu banyak mengkonsumsinya, karena daun kemangi akan menyebabkan tekanan darah menurun.

Konsultasi ke Dokter
Apabila telah melakukan hal-hal di atas, namun nyeri tidak menghilang dan terasa sangat sakit, maka hal yang harus dilakukan adalah menjumpai dokter dan berkonsultasi. Nyeri pada saat haid yang berlebihan bisa saja bukan karena gangguan hormon, namun bisa saja memiliki beberapa penyebab lainnya. Untuk memastikan hal tersebut, maka lebih baik menjumpai ahlinya.

Nah, ladies itulah beberapa hal yang dapat dilakukan ketika kamu lagi merasakan nyeri haid. Mulai sekarang jangan khawatir lagi ya. Selamat mencoba.

Baca juga :
Aplikasi Android Yang Bisa Menghasilkan Uang
Tips Kecil Yang Berdampak Besar Bagi Hidupmu


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top