Tips Menjaga Baterai Smartphone Awet dan Panjang Umur

Halo para pecinta gadget. Jika anda mempunyai smartphone dan anda selalu bertanya bagaimana cara mencharger baterai handphone yang baik dan benar agar baterai awet dan umur baterai juga panjang.? Pasti akan selalu timbul pertanyaan seperti diatas. Kadang kala kita smartphone yang kita gunakan sangat mudah untuk mengalami kebocoran batrai dan hal itu tentunya sangat menyebalkan bukan.
Menjaga Baterai Smartphone Awet dan Panjang Umur
Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut inilah dia beberapa tips untuk memperpanjang umur batrai yang bisa anda coba.
  1. Selalu menggunakan charger asli bawaan resmi dari perangkat smartphone yang kita gunakan, karena charger bawaan tersebut pastinya sudah didesain spesifik dengan device smartphone tersebut. Oleh karena itu jangan mencharger smarphone anda dengan charger yang bukan bawaan resmi dari device tersebut karena berbahaya dapat menyebabkan ledakan.
  2. Jangan pernah anda menggunakan baterai smartphone anda sampai benar-benar habis dan device pun jadi matot alias mati total. Sel sel baterai pada smartphone membutuhkan daya yang lebih besar untuk pengisian kembali jika dalam kondisi sangat habis, akibatnya cycle umur baterai smartphone anda akan menurun.
  3. Umur baterai itu dihitung dengan cycle dan rata-rata baterai Lihium ion yang umumnya pada smartphone memiliki umur 500 cycle. dan apabila batas cycle ini terlampaui, maka kinerja baterai akan segera menurun secara signifikan. Satu cycle itu adalah seperti berikut misalnya kondisi baterai kita pada hari ini setelah dipakai sisa 50%. Di charge lagi sampai penuh hingga 100%, kemudian dipakai lagi sampai tersisa lagi 50% nah itulah yang dinamai satu cycle.
  4. Jagalah kondisi panas smartphone anda. Kondisi baterai yang sehat adalah berada di kisaran panas yaitu antara 0 derajat celcius sampai dengan 35 derajat celcius. Jika anda meletakkan smartphone anda di tempat-tempat yang panas, misalnya terpapar di bawah sinar matahari, disamping laptop, disamping televisi atau PC terlalu lama sehingga device anda akan menjadi sangat panas, maka ini akan sangat mempengaruhi kinerja dan umur baterai smartphone anda.
  5. Cabutlah smartphone anda dari colokan charger apabila sudah penuh. Memang ada beberapa device seperti Samsung S5 yang sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk menghentikan proses charging secara otomatis jika baterai sudah terisi penuh. Hanya saja disarankan dari pabrikan supaya tidak meletakkan device tersambung terus ke colokan charger, lebih dari 16 jam. 
  6. Jangan memainkan smartphone anda ketika sedang mencharger. Sebaiknya matikan device anda ketika proses pengisian batrai. Hal ini dikarenakan dapat mengakibatkan device menjadi panas dan bukan tidak mungkin akan ada komponen yang ikut memanas bahkan terbakar pada saat proses pengisian batrai tersebut. 
  7. Redupkan layar smatrphone anda. Resolusi layar yang terlalu terang dapat memakan banyak daya dari batrai. apalagi jika menggunakan wallpaper atau slideshow yang bergenre animasi (atau yang dapat bergerak-gerak). Jadi ada baiknya kurangi resolusi layar anda atau bahkan matikan jika tidak terlalu penting. 
  8. Kurangi menggunakan internet, streaming, playing game online, browsing dan kegiatan yang menggunakan data internet karena banyak memakan daya guna batrai anda. Jika perlu tutuplah aplikasi yang tidak terlalu penting karena ada beberapa aplikasi yang tetap berjalan walaupun sudah di close sekalipun misalnya ativirus seperti AVG (pengalaman ya).

Nah readers itulah beberapa tips yang dapat anda gunakan agar memperpanjang umur smartphone yang anda miliki ya. semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di tips tips pintar berikutnya.
Jual Akun Google Developer


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top