Mengungkap Wisata yang Menarik di Probolinggo

Tempat Wisata - Provinsi Jawa Timur memiliki 38 kabupaten dan kota di seluruh wilayah, dan salah satunya adalah kabupaten Probolinggo. Layaknya kota Surabaya, kabupaten ini juga memiliki banyak tempat wisata yang tak kalah indah. Ingin tahu wisata apa saja yang bisa dikunjungi apabila datang ke Jawa Timur? Yuk,, intip penjelasannya...

Gunung Bromo
Kata bromo diambil dari bahasa Sanksekerta yaitu Brahma, yang merupakan nama Dewa. Gunung ini bukan hanya menjadi wisata di Jawa Timur, namun juga wisata yang sudah diketahui di Internasional. Gunung bromo terletak di 4 kabupaten yaitu probolinggo, kab. Malang, Pasuruan dan juga Lumajang. Untuk bisa mencapai puncak gunung bromo bisa ditempuh melalui keempat kabupaten tersebut. Jika dihitung dari permukaan laut, gunung ini memiliki ketinggian 2.392 meter dan merupakan gunung merapi yang masih aktif. Jika tertarik untuk mendaki gunung ini, pastikan tidak ada perlengkapan yang tertinggal.

Gambar Gunung Bromo

Pantai Bentar   
Ini merupakan salah satu wisata yang terkenal di Jawa Timur. Terletak di kecamatan Gending, Dari pusat probolinggo berjarak 7 km, yaitu tepi jalan raya antara Surabaya dan Banyuwangi. Karena lokasinya, membuat pantai ini mudah untuk ditemukan. Dan yang menarik dari pantai bentar ini adalah pada bulan tertentu akan muncul hiu tutul (whale shark) yang katanya bermigrasi dari Laut Australia karena adanya perubahan cuaca. Diperkirakan hiu akan muncul di bulan Januari sampai Maret.

Pantai Bentar

Air Terjun Madakaripura
Berlokasi di kab. Probolinggo tepatnya di desa Sapih, kec. Lumbang. Air terjun yang tingginya mencapai 200 meter ini memiliki tebing-tebing di sekitarannya. Di sekitaran air terjun ini terdapat sebuah goa yang memiliki kolam yang dalamnya 7 meter dengan luas 25 meter persegi. Tersebar cerita bahwa nama Madakaripura memiliki arti tempat akhir. Hal ini mengisahkan tentang Patih Gajah Mada melakukan semedi di akhir hidupnya pada tempat air terjun itu. Suasana di tempat ini sangat nyaman dan tentram karena dikelilingi pemandangan alam yang asri.

Gambar Air Terjun Madakaripura

Gunung  Argapura
Gunung dengan tinggi sekitar 3.088 meter ini merupakan gunung merapi yang sudah tidak aktif lagi. Gunung Argapura ini memiliki lintasan panjang sekitar 40 km. Gunung ini berlokasi di wilayah Kab Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, dan kab Bondowoso. Terdapat beberapa puncak, namun yang paling terkenal adalah puncak Rengganis yang berlokasi di wilayah kab. Jember. Sedangkan puncak tertinggi adalah puncak Argapoera yang memiliki tugu ketinggian atau triangulasi. Selain pemandangan yang indah, gunung Argapura juga bersuasana sejuk karena dikelilingi banyak hutan hijau. Melakukan pendakian di gunung ini tidak akan terjadi penyesalan.

Gambar Gunung Argapura

Ranu Segaran
Ranu segaran terletak di desa Segaran kec. Tiris kab. Probolinggo dan merupakan kawah yang tidak aktif bekas  aktivitas vulkanik yang memiliki genangan air, sehingga menjadi danau. Pemandangan di sekeliling danau ini sangat segar karena dikelilingi pohon pinus. Di sini juga disediakan wahana bermain untuk anak seperti wahana boat, sepeda air, dan lain-lain. Serta terdapat rakit untuk memancing. Suasana di sini sangat tenang dan menimbulkan rasa damai di hati.

Gambar Ranu Segaran

Air Panas Desa Tiris
Wisata air panas ini berlokasi dekat dengan Ranu Segaran yaitu hanya memiliki jarak 200 meter. Wisata ini masih sangat alami, cuma ada dinding pemisah yang dibuat sederhana. Untuk merasakan air yang lebih hangat, hanya tinggal mendekat ke sumber air panas. Di sampingnya terdapat sungai jernih yang dangkal. Dan juga di sekitar tempat ini memiliki banyak pohon yang rimbun tapi asri. Sangat nikmat ke tempat ini bersama dengan keluarga untuk menghabiskan waktu luang.

Gambar Air Panas Desa Tiris

Arung Jeram Sungai Pekalen
Bagi Anda yang suka dengan hal yang menantang, maka datang ke sungai Pekalen yang dari kota Probolinggo berjarak 25 km. Di sini menyediakan wahana yang akan menguji adrenalin yaitu arung jeram yang memiliki lintasan berkelok-kelok yang curam, banyak batu-batu besar dan memiliki panjang lintasan 29 km. Selain memicu adrenalin, di sini kita disuguhkan dengan pemandangnan yang indah, serta akan melewati goa-goa kelelawar. Setelah puas dengan arung jeram, maka lanjutkan lagi dengan jumping area dari ketinggian mencapai 5 meter. Semua beban akan lepas ketika berwisata ke tempat ini.

Gambar Arung Jeram Sungai Pekalen

Ranu Agung
Danau ini terletak di kab. Probolinggo, tepatnya di desa Ranu Agung kec. Tiris. Air di danau ini sangat jernih dan menyegarkan. Karena danau ini masih sangat alami dan bernuansa alam pedesaan sehingga menimbulkan rasa nyaman ketika berada di sana. Danau ini juga memiliki tebing-tebing yang sangat menakjubkan. Dan sering menjadi tempat untuk  pre-wedding.

Gambar Ranu Agung

Pulau Gili Ketapang
Gili Ketapang diambil dari kata gili yang berarti mengalir dan ketapang adalah nama daerah pulau tersebut. Pulau dengan luas 68 hektar ini terletak di Selat Madura. Sedangkan jika dihitung dari bibir pantai probolinggo berjarak 8 km. Dahulu katanya pulau ini menyatu dengan pulau Jawa yaitu daratan desa Ketapang. Namun karena adanya gempa vulkanik dari gunung Sumeru. Hal yang menjadi andalan di pulau ini adalah menyelam di bawah laut karena pemandangan alam yang indah dengan air dan terumbu karang yang jernih.

Gambar Pulau Gili Ketapang

Danau Ronggojalu
Jarak lokasi danau ini dengan pusat kota Probolinggo adalah 5 km. Selain dijadikan sebagai objek wisata, danau ini juga dimanfaatkan masyarakat setempat untuk sarana irigasi, serta pasokan air bersih. Di danau ini pengunjung dapat berenang, disediakan penyewaan ban untuk anak-anak dan ada juga yang menjual makanan. Serta terdapat pendopo tempat santai untuk beristirahat. Banyaknya tumbuhan di sekitar danau ini membuat suasananya nyaman dan sangat cocok untuk rekreasi keluarga.

Gambar Danau Ronggojalu

Candi Jabung
Candi Jabung adalah salah satu wisata sejarah yang ada di Probolinggo Jawa Timur, tepatnya berada di desa Jabung, kec Paiton. Candi ini merupakan candi Hindu peninggalan zaman kerajaan Majapahit. Meskipun candi jabung hanya dibuat dari batu merah yang memiliki ukuran panjang dan lebar sekitar 12,11 meter dan 9,58 meter, namun bisa bertahan hingga ratusan tahun. Struktur bangunan ini sangat menarik yaitu batur, kaki tingkat 3 yang berbentuk persegi, dan bagian atap yang berbentuk stupa (dagoda). Arsitektur candi ini dengan candi Bahal di Sumatera Utara memiliki sedikit persamaan.

Gambar Candi Jabung

Perkebunan Teh Andung Biru
Perkebunan ini terletak di kab. Probolinggo dan menjadi tempat wisata yang bernuansa hijau dengan udara yang sejuk. Selain dapat melihat keindahan pemandangan teh, di sini juga pengunjung dapat memetik dan melihat proses bagaimana membuat teh. Di perkebunan ini juga disediakan produk yang sudah selesai diolah seperti teh hitam, kopi luwak, dan lain-lain.

Gambar Perkebunan Teh Andung Biru
 
Candi  Kedaton
Objek wisata Jawa Timur ini merupakan candi Hindu yang berada di kec. Tiris, Probolinggo. Bahan pembuatannya adalah dengan menggunakan batu Andesit. Candi Kedaton ini memiliki ukuran 6 meter dan di kaki candi terdapat relief sebanyak 33 yang berisi tentang Garudeya, Arjunawiwaha, Bhomakwya dan lain-lain.

Keindahan yang Tersembunyi dibalik Kota Batu
Gambar Candi Kedaton

Bagaimana,,, tertarik untuk mengunjungi objek wisata di atas? Apalagi yang ditunggu, langsung saja datang ke Probolinggo.. Selamat menikmati...

Baca Juga :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top