Tempat Objek Wisata di Aceh Barat

Tempat Wisata - Banyak terdapat objek wisata di Aceh bagian Barat ini. Meulaboh adalah Ibu Kotanya. Menurut HM. Zainuddin yakni seorang sejarawan dalam bukunya mengatakan bahwa kata “Meulaboh” merupakan pemberian dari orang-orang Minang, menurutnya orang Minang pernah berlabuh di Teluk Pasi Karam, mereka bersepakat untuk berlabuh dengan mengatakan “disikolah kito berlaboh”. Karena itulah dari versi tersebut, sejak kedatangan orang Minang Negeri pasi Karam kemudian dikenal dengan nama Meulaboh, yakni dihubungkan dengan kisah berlabuhnya pendatang dari minangkabau tersebut. Salah satu daerah terparah akibat bencana alam yang terjadi pada 26 Desember tahun 2004 silam tak lain merupakan daerah Meulaboh yaitu terkena Gempa dan Tsunami Samudra Hindia. Beberapa Objek wisata yang akan kita kenal di Kabupaten Aceh Barat antara lain:

Pantai Suak Ribee
Di Pesisir Kota Meulaboh Kabupaten Aceh Barat terdapat tempat rekreasi pantai yang sangat indah, pantai tersebut adalah Pantai Suak Ribee. Pantai ini biasanya ramai dikunjungi  pada saat disore hari dan juga pada saat hari libur atau akhir pekan, mulai dari berbagai kalangan baik orang dewasa, anak remaja, maupun anak remaja. Pantai ini lebih indah dan menarik sebelum terjadinya bencana tsunami. Ada terdapat disepanjang pinggiran pantai pohon cemara dan kelapa yang tumbuh disana. Fasilitas tempat peristirahatan juga tersedian di Pantai seperti café-café yang berjejer disepanjang jalan. Ketika sore harilah pemandangan yang membuat anda takjub yaitu ketika matahri tenggelamdi saat senja dan merasakan sejuknya angina yang sepoi-sepoi.
Pantai Suak Ribee
Pantai Lhok Bubon
 

Pantai ini terletak di Desa Bubon, Kabupaten Aceh Barat. Untuk menuju ke Pantai Bubon ini jarak tempunya sekitar 8 kilometer dari Kota Meulaboh. Tempat ini merupakan tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Selain sebagai tujuan pariwisata, pantai ini menjadi lahan perekonomian masyarakat di sekitar, karena Pantai Lhok Bubon dikenal sebagai daerah penghasil makanan laut. Banyak pengunjung yang datang ke pantai ini selain menikmati indahnya alam pantai juga untuk menikmati segarnya makanan laut disana. 
Pantai Lhok Bubon
Pantai Batee Puteh
Adalagi pantai yang lain di kabupaten Aceh Barat yaitu Pantai Betee Puteh. Pantai ini dapat ditempuh dari Kota Meulaboh dengan panjang perjalanan 3 kilometer. Pantai Batee Puteh ini juga sering ramai dikunjungi oleh warga terutama ketika saat liburan untuk berenang ataupun menikmati indahnya pemandangan yang memiliki pasir yang putih dan air yang bersih. Objek wisata ini sangat cocok bagi keluarga. 
Pantai Batee Puteh
Pantai Pusong Sangkalan
 Pantai Pusong ini merupakan pantai yang letaknya langsung berhadapan dengan Laut Samudera Hindia. Karena dengan jarak bibir pantai 1 kilometer dengan Samudera Hindia terdapat Pulau Gosong, sehingga pantai tersebut dikenal dengan nama Pantai Pusong. Sedangkan Sangkalan merupakan nama wilayah pemukiman pantai itu berada. Pantai ini juga dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama Pantai Bali. Meski nama tersebut tidak resmi tapi menurut mereka Pantai Pusong ini tidak kalah indahnya dengan Pantai di Bali. 
Pantai Pusong Sangkalan
Dari kota Meulaboh dapat ditempuh sekitar 3 kilometer. Pamandangan dipantai ini begitu asri dan bersih serta memiliki pasir yang bersih tapi agak kasar. Pantai ini juga memiliki gelombang ombak yang besar sehingga tempat ini sangat asyik dan menantang untuk peselancar. Hamparan laut yang biru membuat pengunjung yang datang betah untuk berlama-lama disana memandang indahnya lautan luas. Apalagi ketika disenja hari anda dapat menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam di Pantai Putama di Pusong.
Banyak wisatawan dari mancanegara yang datang berkunjung untuk bermain selancar serta berjemur ria dengan memakai bikini yang tidak sesuai dengan kebudayaan di Indonesia terutama di Aceh yang menjunjung tinggi ajaran Islam. Sehingga masyarakat disana tidak menginginkan Pantai Pusong Sangkalan dijadikan sebagai tempat wisata seperti di Pantai Bali yang sangat bebas dan merusak tatanan budaya setempat.

Pantai Lanaga
Pantai ini terletak di Desa Peunaga, Kabupaten Aceh Barat. Jika anda dari pusat Kota Meulaboh butuh jarak tempuh sekitar 5 kilometer untuk sampai ke pantai ini. Keindahan akan panoramanya membuat kawasan ini sering dikunjungi wisatawan. Ada acara perlombaan perahu dengan didesain unik dan menarik yang sering diadakan di pantai ini. Sedangkan ada aktivitas olahraga yang disediakan seperti Jet Sky dan lain sebagainya.
 
Pantai Lanaga

Pantai Cemara Indah
Pantai Cemara Indah merupakan pantai yang banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon cemara. Tempat wisata ini adalah salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi warga Aceh di bagian Aceh Barat. Apalagi ketika musim libur dan akhir pekan, pantai ini juga banyak didatangi dari masyarakat luar. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok bagi rekreasi keluarga, karena ada terdapat Taman Rekreasinya. Pantai Cemara Indah ini masih terus dikembangkan dan sedang dalam tahap pembangunan. Fasilitas-fasilitas seperti pelayanan sarana air bersih, listrik dan telepon sudah ada disini, bangku taman, warung makan, tempat permainan anak-anak, lapangan olahraga dan musholla juga telah tersedia.
Pantai Cemara Indah
Masjid Agung Meulaboh
Masjid Agung Meulaboh ini terletak di Pusat Kota Meulaboh yakni di Jalan Imam Bonjol, Kabupaten Aceh Barat. Masjid ini mudah dijangkau karena letaknya berada di Pusat Kota, baik dicapai dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun dengan kendaraan umum. Masjid ini merupakan Masjid Kebanggaan di Kabupaten Aceh Barat yang dibangun dengan arsitektur yang indah, dengan kubahnya berwarna dominan terang. Wisatawan lokal maupun asing banyak berkunjung ke masjid ini untuk beribadah ataupun hanya menikmati keindahan arsitektur masjid ini.
Masjid Agung Meulaboh
Makam Pahlawan Nasional Teuku Umar 
Salah satu objek wisata sejarah yang bisa anda kunjungi di Kabupaten Aceh Barat ini yakni Makam Pahlawan Nasional. Makam ini terletak di Desa Meugo Rayeuk, Kabupaten Aceh Barat. Untuk mencapai ke tempat wisata ini dari Pusat Kota Meulaboh butuh jarak tempujk sekitar 35 kilometer. Bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.  Di kawasan Makan Teuku Umar juga terdapat kawasan Hutan Lindung. Ada terdapat pohon besar yang dapat mengeluarkan air tiada hentinya dan bisa diminum oleh siapa saja. Banyak wisatawan lokal ataupun mancanegara yang datang untuk melihat tempat wisata sejarah ini. Kawasan Makam Teuku Umar sangat aman, nyaman dan sejuk dengan udara yang segar dan masih sangat alami.
Makam Teuku Umar
Baca juga:


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top