Objek Wisata di Kabupaten Aceh Tengah

Tempat Wisata - Ini adalah beberapa tempat wisata yang ada di Kabupaten Aceh Tengah. Ibu kotanya ialah Takengon, yang merupakan salah satu bagian kota kecil yang terletak di punggung bukit tepatnya di dataran tinggi Gayo bentangan bukit Pulau Sumatera. Kota ini berhawa sejuk dan memiliki udara yang segar membuat anda betah berlama-lama di daerah ini. Kota Takengon ini banyak menyimpan keindahan alamnya karena bersembunyi di tengah Provinsi Aceh. Berikut ini adalah wisata-wisata yang dapat anda kunjungi.

Pantan Terong
Objek wisata ini merupakan sebuah bukit yang terletak di Kecamatan Bebesan, berjarak 7,5 kilometer dari Kota Takengon, Aceh Tengah. Kawasan wisata ini dikenal dengan Pantan Terong. Dari atas puncaknya yaitu dataran tinggi Gayo kita dapat melihat langsung Kota Takengon serta seluruh hamparan Danau Laut Tawar.  Ketinggian puncak Pantan terong kurang lebih 1350 m diatas permukaan laut. Sebab itu, tempat wisata ini sangat menakjubkan serta aka nada rasakan kesejukan udaranya ketika berada disini. Kita juga dapat melihat dari atas puncak di daerah kecamatan Pegasing sebuah lapangan pacuan kuda serta ditengah-tengah punggung gunung bukit barisan ada bandara Rembele yang diapitnya. Sungguh pemandangan yang luar biasa bisa melihat keindahan dari Pantan Terong ini. 
Pantan Terong
Danau Laut Tawar
Objek wisata Danau Laut Tawar ini dapat kita lihat dari atas puncak bukit Pantan Terong. Danau ini merupakan sebuah kawasan wisata yang juga banyak dikunjugi para wisatawan baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara. Danau ini berada di wilayah dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah.  Sudah merupakan danau kebanggaan bagi masyarakat Aceh karena selain airnya yang digunakan untuk Aceh Tengah, air danau ini juga dimanfaatkan untuk masyarakat dikabupaten-kabupaten Aceh lainnya. Danau ini juga disebut dengan Danau Lut Tawar. Danau Lut Tawar ini memiliki luas sekitar 5.472 hektar serta 17 kilometer panjang dan lebih lebar sepanjang 3.219 kilometer. 
Danau Laut Tawar
Pantai Menye
Pantai Menye ini juga dikenal dengan nama Pantai Manja. Objek wisata yang satu ini merupakan tempat yang menarik karena letaknya yang strategis dan mempunyai pesona pemandangan alam yang indah. Pantai Menye ini berada di sebelah timur Danau Laut Tawar, tepatnya di Kecamatan Bintang. Pantai ini dapat ditempuh dari Kota Takengon dengan jarak tempuh 18 kilometer dari jalur utara. Dan jika dari jalur selatan dapat ditempuh dengan jarak 24 kilometer atau sekitar 30 menit jam perjalanan. 
Pantai Menye
Air Terjun Mengaya 
Wisata Air Terjun ini merupakan objek wisata yang tidak jauh dari Danau Laut Tawar.  Nama Air Terjun Mengaya berasal dari nama desa tempat air terjun ini berada, yaitu di Desa Mengaya Kecamatan Bintang,  Aceh Tengah.  Dalam perjalanan menuju air terjun ini anda akan disuguhi oleh pemandangan alam yang indah yakni panorama hutan yang membentang disepanjang jalan, nampak asri dan berhawa sejuk. 
Air Tejun Mengaya
Makam Raja Linge
Tempat wisata ini merupakan makam Raja Linge yang merupakan rumah adat yang bernama Rumah Pintu Ruang yang artinya rumah yang mempunyai tujuh pintu. Disana terdapat sebuah sumur tua dimana airnya tidak pernah habis. Disini juga ada disediakan fasilitas seperti musholla dan toilet. Makam ini terletak di Kecamatan Linge. Dari kota takengon dapat ditempuh sekitar 70 kilometer jarak perjalanan.
Pintu Gerbang Makam Raja Linge

Goa Loyang Koro
Gua ini merupakan gua satu-satunya memiliki lubang gua yang alami dan berukuran besar. Terletak tepat di kaki Gunung Birahpanyang. Terbentuknya gua ini pun terjadi secara alami. Posisi Gua Loyang Karo ini berada di Desa Toweren, Kec. Laut Tawar. Jika dari Takengon bisa ditempuh dengan jarak sekitar 7 kilometer dan dari bibir pantai berjarak sekitar 15 meter.  
Goa Loyang Koro
Banyak legenda sejarah yang menceritakan tentang gua ini, ada yang mengatakan dahulu gua ini merupakan tempat Sultan Aceh bersembunyi  dari kerajaan Belanda. Dan ada juga yang mengatakan bahwa adanya pertikaian antara pengembala kerbau dan pengembala kambing hingga menyebabkan dinding gua ini runtuh dan tidak bisa di lewati.

Goa Loyang Datu Merah
Goa ini merupakan goa yang terdapat di Aceh Tengah yang terletak di Desa Isaq Kecamatan Linge. Tempat wisata ini memiliki panorama yang sangat indah dan melegenda di Kota ini. Dari ibu kota Aceh Tengah yaitu Takengon menuju ke goa ini membutuhkan jarak tempuh 26 kilometer  panjag perjalanan. 
Goa Loyang Datu Merah
Ada disediakan beberapa fasilitas dikawasan objek wisata ini seperti tempat beristirahat dan tempat duduk sambil menikmati air yang mengalir deras di dasar goa. Ada juga beraneka ragam tanaman yang tumbuh disekitar goa seperti tenung, kemiri, kopi, damar, durian, gesing dan lain sebagainya.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top