Nikmati Hidup Sehat dengan Infused Water yang Menyegarkan

Infused Water adalah trend gaya hidup sehat yang sedang populer saat ini. Jika anda pengguna instagram, maka pasti anda sudah tak asing lagi dengan istilah ini, karena setiap hari banyak instagramers yang meng-upload foto infused water mereka. Dengan berbagai irisan buah-buahan yang dimasukkan dalam suatu botol atau gelas, maka dari tampilannya saja, infused water terlihat sangat segar dan menggiurkan.
 
Infused Water

Lalu, apakah infused water itu? Infused water atau air infus adalah air putih yang dicampur dengan irisan berbagai macam buah-buahan segar sebagai penambah rasa dan aroma. Banyak sekali manfaat dari air infus ini, antara lain membantu kita agar lebih banyak mengkonsumsi air putih, juga membantu mereka yang kurang gemar mengkonsumsi buah, menjaga kekebalan tubuh dari penyakit, melancarkan sistem pencernaan, sangat bagus untuk proses detoksifikasi (mengeluarkan racun dari dalam tubuh) serta membantu mengendalikan dan menurunkan berat badan (diet).

Bahan-bahan untuk membuat infused water sangat mudah, anda hanya perlu menyiapkan wadah (gelas kaca biasa, botol atau jar), air putih dan berbagai buah yang ingin dikombinasikan. Buah-buahan yang cocok (kategori acid) untuk membuat infused water antara lain lemon, mint, strawberry, anggur, blueberry, jeruk, mentimun dan kiwi. Buah-buahan tersebut haruslah buah-buahan yang bertekstur keras, karena jika tidak, maka buah-buahan tersebut akan mudah teroksidasi dan hancur. Buah yang tidak cocok sebagai bahan infused water antara lain pisang, apel, pepaya, durian, semangka, nanas dan buah yang bertekstur lembek lainnya.

Cara membuatnya cukup mudah, sehingga anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Berikut langkah-langkahnya.
  1. Pilih buah-buahan yang ingin anda kombinasikan dan pastikan buah-buahan tersebut segar, matang optimal dan bebas zat kimia/pestisida. Setelah itu cuci menggunakan air biasa (air matang) hingga bersih.
  2. Potong buah dalam ukuran yang tidak terlalu kecil, misalnya 2-4 bagian, dan buang bijinya (bila ada). Buah lemon, jeruk, kiwi dan mentimun dipotong bulat melintang, sementara buah yang berukuran kecil seperti anggur dan strawberry cukup dipotong menjadi 2 bagian.
  3. Potongan berbagai buah tersebut dimasukkan ke dalam wadah, bisa gelas kaca biasa, botol ataupun jar. Jumlah potongan buah disesuaikan dengan ukuran gelas/botol.
  4. Tuangkan air putih ke dalam wadah secukupnya (kira-kira 500 ml, tergantung ukuran wadah). Setelah  itu, tutup wadah dan simpan di dalam lemari. Setelah 5-6 jam, maka infused water pun siap untuk diminum.
 
Infused Water dalam gelas kaca biasa, botol, dan jar

Infused water terasa sangat menyegarkan karena rasa buah yang bercampur dengan air putih. Apalagi jika anda me-mix buah-buahan tersebut, maka akan terasa sensasi rasa buah yang berbeda. Meminum infused water sangat nikmat dalam kondisi dingin. Namun, jika tak ingin terlalu dingin atau kondisi tubuh anda sedang tidak sehat, infused water bisa didiamkan beberapa saat di luar lemari es sebelum diminum.

Nah, itulah sedikit ulasan tentang manfaat infused water dan cara membuatnya. Mudah bukan? Anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Dengan meminum infused water kita bisa akan merasakan dua sensasi sekaligus, yaitu meminum air putih sambil meraasakan aroma dan manfaat buah-buahan. Kelebihan lainnya, infused water juga sangat cantik untuk dijadikan objek foto sebelum di-share ke media sosial. Mari memulai gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi infused water.



Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top