Minuman Segar dan Berkhasiat Khas Jawa Timur

Wisata Kuliner - Setelah mengetahui makanan khas Surabaya, tidak akan apabila tidak membahas tentang minuman khas dari Jawa Timur. Berikut akan diberi ulasan mengenai minuman yang patut dicoba:

Wedang Angsle
Jangan bilang pernah ke Jawa Timur jika belum mencoba wedang Angsle. Wedang ini memiliki rasa khas dan memiliki bahan-bahan yang beraneka macam seperti roti tawar, terdapat juga ketan kukus, lalu kacang hijau, dan putu mayang (petulo). Bahan-bahan tadi diberikan kuah yang terbuat dari santan dan jahe. Bisa dibayangkan bagaimana kelezatan minuman ini? Tidak hanya bisa menyegarkan, wedang angsle juga bisa mengisi perut yang kelaparan.

Gambar Wedang Angsle

Wedang Jaselang   
Wedang Jaselang merupakan minuman khas dari kota Malang. Walaupun memiliki khasiat dan penampilan yang hampir sama dengan kebanyakan minuman lainnya, namun tetap saja terdapat perbedaan sebagai ciri khasnya. Bahan-bahan yang digunakan adalah jahe, kayu manis, sedikit merica, kapulga, secang dan yang membuat berbeda adalah penambahan alang-alang. Khasiatnya adalah menjaga stamina, mampu menghangatkan badan, dan sebagainya.

Gambar Weang Jaselang

Wedang Cemue
Wedang Cemue merupakan minuman khas Kabupaten Ngawi, provinsi Jawa Timur. Minuman ini memiliki rasa yang gurih karena perpaduan dari bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Membuat wedang ini dengan menggunakan kacang kelinci yang gurih, roti yang lembut, santan gula tebu sebagai pemanis serta jahe untuk sensasi hangat. Dan yang membuat unik adalah dalam minuman ini diberikan bawang goreng dan juga daun pandan untuk aroma harum. Hmmmm,, tertarik untuk mencoba? Silahkan datang ke Kabupaten Ngawi untuk mendapatkannya.

Gambar Wedang Cenue

Es Buto Ijo
Es buto ijo adalah minuman khas Jawa Timur yang berasal dari Lumajang. Bahan-bahan untuk membuat minuman ini adalah isi dari kelapa muda, ada juga nata de coco, beberapa kolang kaling, dan juga sagu mutiara. Serta disiram dengan sirup rasa melon dan juga diberi susu kental manis... Saat membayangkannya saja rasanya sangat menggiurkan, apalagi jika sudah di depan mata. Jika tidak bisa menahan godaan dari minuman ini, datanglah ke salah satu kedai di Lumajang Jawa Timur.

Gambar Es Buto Ijo

Es Gudir
Es Gudir berasal dari salah daerah provinsi Jawa Timur yaitu Kediri. Kata Gudir memiliki arti agar-agar. Sehingga bahan utama dari minuman ini adalah agar-agar yang dicampur dengan sirup yaitu dari gula merah serta diberikan aroma harum dari pandan. Minuman ini sangat cocok diminum ketika waktu santai, karena sangat menyegarkan.

Gambar Es Gudir

Es Sinom
Minuman ini sebenarnya adalah jamu tradisional yang biasanya banyak dijual di toko obat. Namun jamu yang satu ini sangat berbeda, karena rasanya sama sekali tidak pahit dan sangat enak. Selain membuat segar, es sinom juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti melancarkan BAB, melancarkan peredaran darah serta mampu mencegah rambut rontok. Dan untuk wanita, es sinom ini bisa meredakan rasa nyeri haid dan membuat kulit menjadi lebih bersih. Nah,, silakan mencoba minuman sehat dan menyegarkan ini yaa..

Gambar Es Sinom

Es Pleret Khas Blitar Raya
Es ini berasal dari nama seorang sesepuh dari Blitar yaitu Kyai Pleret. Jika dilihat sekilas, es pleret ini sama seperti kebanyakan es lainnya. Namun sejatinya minuman ini memiliki rasa yang khas yaitu yang terletak dari bahannya.  Karena pembuatan es pleret digunakan gula jawa sebagai pemanis dan ditambah dengan santan. Dan bahan utamanya menggunakan tepung beras yag dibentuk bulat-bulat berukuran kecil. Jika mengunjungi Blitar, maka jangan lupa mencoba es pleret ini karena es ini hanya ada di Blitar.

Gambar Es Pleret

Sirup Pokak
Sirup Pokak atau wedang pokak adalah minuman yang berasal dari Probolinggo, provinsi Jawa Timur. Minuman ini biasanya disajikan pada saat ‘Idul Fitri. Bahan yang digunakan untuk minuman ini adalah gula (gula putih ataupun juga gula merah sesuai dengan selera), pandan wangi untuk aroma, kayu manis, jahe, cengkeh, kayu manis serta jeruk purut. Minuman ini juga memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Merasa tertarik ingin mencoba, silakan datang ke Probolinggo karena minuman ini sangat terkenal di sana.

Gambar Sirup Pokak

Jamu Kebonagung
Jamu Kebonagung adalah minuman khas dari Pasuruan, salah satu daerah di provinsi Jawa Timur. Awalnya minuman ini oleh masyarakat daerah setempat disebut jamu belik, karena membuat jamu ini dengan menggunakan air langsung dari belik. Namun, jamu belik hanya mampu bertahan satu hari, sehingga kemudian diproduksi dengan bentuk sirup dan menjadi jamu kebonagung. Terbuat dari berbagai macam rempah misalnya kayu manis, bunga pala, terdapat juga cengkeh, dan sebagainya. Jamu ini tidak hanya sehat, tapi juga menyegarkan. Tidak akan rugi untuk mencobanya.

Gambar Jamu Kebonagung

Es Anaconda Lumajang
Minuman segar yang memiliki nama menakutkan ini berasal dari Lumajang. Es anacoda lumajang hampir sama dengan es teller, namun yang membuat ia berbeda dari tingkat kemanisan dan kombinasi bahan-bahannya. Minuman yang terdiri dari es, sirup, buah alpukat, isi kelapa muda, ditambah kolang kaling, dan juga nata de coco, serta selasih dan rumput laut. Penasaran ingin mencoba minuman ini? Apalagi yang ditunggu,, buruan datang ke Lumajang dan cicipi rasa es dengan nama mengerikan ini.

Gambar Es Anaconda Lumajang

Teh Kocok
Teh kocok merupakan minuman yang berasal dari kota Surabaya. Minuman ini memiliki sedikit kemiripan dengan teh tarik. Namun, teh kocok menggunakan teh hitam yang kemudian dicampur dengan susu kental manis, tidak lupa daun mine dan juga air. Serta yang terpenting es batu. Gunakan shakker untuk mengocok teh tersebut. Tertarik untuk mencoba? Segera datang ke Surabaya ...

Gambar Teh Kocok

Es Oyen   
Es oyen sebenarnya minuman khas dari Bandung, namun es oyen ini sangat digemari di kota Surabaya. Memiliki bahan yang bisa dikatakan complete, membuat minuman ini sangat menyegarkan dan menarik minat banyak orang. Tempat es Oyen yang direkomendasikan adalah di perempatan Pasar Wonoayu, Sidoarjo, kira-kira 10 km dari kota Sidoarjo. Ayo luangkan waktu unutk mampir dan menikmati kesegaran dari es oyen ini.

Gambar Es Oyen

Setelah melihat minuman-minuman yang tidak hanya menyegarkan namun juga memiliki banyak khasiat, jika tertarik maka silakan langsung datang dan mengunjungi tempat-tempat di Jawa Timur. Silahkan mencoba...
Baca Juga :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top