Menjelajahi Lezatnya Kuliner Khas Jambi

Wisata Kuliner - Provinsi Jambi merupakan provinsi yang terletak di pesisir timur bagian tengah pulau Sumatera. Selain menyimpan berbagai wisata yang menarik, provinsi yang awalnya bernama “Djambi” ini juga mempunyai aneka kuliner yang lezat. Berikut ini ulasannya.

Tempoyak
Tempoyak adalah makanan terbuat dari durian yang difermentasi dan merupakan makanan yang terkenal di Jambi. Fermentasi durian dilakukan dengan memisahkan daging durian dari bijinya, lalu disimpan pada wadah yang tertutup rapat dalam waktu yang lama. Hasil dari fermentasi durian ini membuat rasa dan aromanya menjadi lebih asam dan menyengat namun terasa nikmat, dan tekstur daging duriannya menjadi lembek. Namun bagi pencintanya, khususnya masyarakat Jambi, tempoyak memiliki rasa yang sangat lezat. Tempoyak memilki beragam jenis, seperti tempoyak udang, tempoyak gurame, tempoyak patin, dan berbagai macam lainnya. Selain itu, tempoyak juga bisa dibuat sambal yang dikenal dengan sambal tempoyak.
Tempoyak

Gulai Ikan Patin
Gulai ikan patin merupakan masakan yang populer di kalangan masyarakat Jambi. Gulai ini sering di masak dengan menggunakan tempoyak. Namun ada juga yang mengganti tempoyak dengan santan kelapa untuk menghindari bau tempoyak yang cukup menyengat. Bahan dasar pembuatan gulai ini cukup mudah, antara lain ikan, cabai merah, bawang merah dan bawang putih, lengkuas, serai dan kunyit. Rasa gulai yang pedas dan gurih bercampur dengan rasa tempoyak yang asam, hmm.. panasaran bukan?
Gulai Ikan Patin

Mie Celor
Mie yang disajikan dengan kuah kental yang sangat nikmat, itulah mie celor. Mie yang terbuat dari tepung terigu ini sangat mudah dijumpai pinggir jalan di Kota Jambi. Bentuk mie yang bulat dan tebal lalu dipadukan dengan kuah kental serta diberi tambahan daging sapi/ayam, telur rebus dan bawang goreng membuat mie celor sangat kaya akan rasa. Belum lagi perpaduan kuah santan yang asam dan asin serta beraroma rempah yang sangat menggoda, membuat siapa saja tak bisa berhenti menggoyangkan lidah dengan makanan khas Jambi ini. 
Mie Celor khas Jambi

Nasi Gemuk
Nasi gemuk merupakan nasi yang dibuat dari beras, santan, daun salam, jeruk dan daun pandan. Aroma pandan membuat nasi gemuk mempunyai aroma yang harum. Orang melayu (seperti warga Malaysia dan Singapura) menyebut nasi gemuk dengan Nasi Lemak. Nasi ini biasanya dimakan bersama sambal dan diberi tambahan keurupuk, ikan teri, mentimun, telur rebus dan bawang goreng. Kuliner yang mempunyai rasa unik ini, cocok untuk menjadi menu sarapan di pagi hari.
Nasi Gemuk

Gulai Tepek Ikan
Gulai tepek ikan merupakan makanan yang bersejarah karena hanya dihadirkan pada saat momen-momen penting seperti perkawinan, acara adat, kenduri dan jamuan tamu istimewa. Gulai ini berbahan dasar ikan gabus yang ditambah tepung sagu, bawang putih dan air secukupnya. Sedangkan untuk kuah gulainya terbuat dari nanas yang dicampur dengan bumbu rempa-rempah. Tekstur ikan yang lembut serta kuah gulai nanas yang gurih membuat gulai tepek ikan menjadi makan yang lezat. Gulai tepek ikan ini akan lebih enak jika dimakan bersama nasi gemuk. Untuk memperoleh keduanya, anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000 saja.
Gulai Tepek Ikan
Nah, itulah berbagai kuliner lezat khas Jambi yang wajib anda coba saat berkunjung kesana. Selain rasanya yang unik dan nikmat, untuk mencicipinya juga tak perlu merogoh kocek yang dalam. Ekonomis bukan? Tapi tak hanya masakan, provinsi Jambi juga mempunyai aneka kue-kue mungil nan cantik lho. Ayo lihat di sini.

Baca Juga :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top