Menguak Pesona Keindahan Wisata Provinsi NTT

Tempat Wisata - Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam, banyak tempat menarik yang bisa dijadikan tempat berpariwisata termasuk di provinsi yang satu ini, provinsi Nusa Tenggara Timur yang terletak dibagian tenggara indonesia yang beribukotakan kota Kupang di timor barat.  Provinsi ini terdiri dari beberapa wilayah antara lain, Palue, Flores, Sumba, Rote, Alor, Sabu, Pulau Komodo, Adonara dan Solor.

1.    Danau Tiga Warna
Siapa yang tak kenal dengan danau tiga warna yang satu ini, danau tereksotis di puncak gunung Kelimutu yang terletak di pulau Flores, provinsi NTT, indonesia tepatnya di Taman Nasional Kelimutu  desa Pemo, kecamatan Kelimutu, kabupaten Ende. Sesuai dengan namanya danau ini memiliki tiga warana yang berbeda, yaitu, biru, putih, dan merah, namun walaupun begitu warna danau ini sering berubah-ubah dengan perjalanan waktu. Penduduk Kecamatan Kalimutu ini meyakini bahwa perubahan warna  yang terjadi pada air danau menandakan akan terjadi musibah besar yang akan menimpa warga setempat atau pun bangsa ini.

Danau Tiga Warna


Keunikan warna ini lah yang membuat para wisatawan tidak hanya dari negara ini sendiri namun dari negara lainnya tertarik untuk mengunjungi obyek wisata yang satu ini.
Kawasan kelimutu ini telah ditetapkan menjadi kawasan konversi alam pada tanggal 26 februari 1992. Selain keindahannya yang membuat para wisatawan berdecak kagum melihatnya, danau tiga warna sampai saat ini masih dipercaya oleh masyarakat memiliki legenda tersendiri, menurut kepercayaan masayarakat diwilayah ini warna-warni danau ini memiliki makna serta nama masing-masing yang pertama yang biasa berwarna biru disebut dengan “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” yang berarti  tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda yang telah mati . Kemudian danau yang berwarna merah disebut dengan “Tiwu Ata Polo” atau tempat berkumpulnya jiwa jiwa yang telah meninggal dan semasa hidupnya melakukan kejahatan. Yang terakhir yang berwarna putih/bening disebut dengan “Tiwu Ata Mbupu” yang berarti tempat berkumpulnya jiwa orang orang tua yang telah tiada. Selain itu masayarakat setempat juga percaya bahwa danau ini merupakan danau keramat yang mampu memberikan kesuburan daerah sekitarnya. Oleh karena itu sering diadakan upacara adat di danau ini dengan tujuan untuk memberikan persembahan untuk arwah yaang berada di danau ini.
Selain memiliki danau tiga warna, gunung kelimutu juga memiliki flora dan fauna yang tak kalah menariknya yaitu wisatawan dapat menemukan tumbuh-tumbuhan yang jarang akan  ditemukan di wilayah Flores lainnya seperti, cemara, pinus , edelweis dan kayu merah. Untuk ragam fauna di hutan kelimutu ini para wisatawan dapat menukan rusa, babi hutan, ayam hutan, elang,  burung garugiwa (Pachycephala mudigula) dan lain-lain. Burung garugiwa adalah salah satu burung yang sangat unik dan berbeda dari burung-burung lainya, karena burung ini hanya berkicau berdasarkan pada ketinggian dan berkicau di pagi hari saja. Akibat dari keunikan ini, burung garugiwa dijuluki sebagai burung arwah oleh warga kalimutu.
Untuk menikmati dan merasakan sensari berada di puncak gunung kelimutu dan melihat keindahan yang eksotis dari danau tiga warna ini waktu yang sangat baik adalah dipagi hari karena saat siang atau sore danau dan kawasa ini terstutupi oleh kabut yang cukup menghalangi pemandangan kita.

2.    Wisata Alam pulau Komodo
Wisata ini tereletak di pulau Komodo, kabupaten Nusa Tenggara Timur. Pulau Komodo merupakan pulau paling barat dari provinsi Nusa Tenggara Timur yang berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini dikenal sebagai habitat asli dari komodo. Di pulau ini terdapat taman nasional Indonesia yang didirikan pada tahun 1980. Taman nasional komodo ini didirikan dengan tujuan untuk tetap menjaga kelestarian komodo. Sehingga di pulau ini para wisatawan bisa melihat binatang purba komodo raksasa, tak hanya komodo di taman ini juga terdapat berbagai tumbuhan dan satwa, serta binatang-binatang laut.

Wisata Pulau Komodo
Di pulau komodo ini terdapat lokasi menarik yaitu “loh liang” yang merupakan pintu masuk dan daerah wisata utama di pulau komodo. Dilokasi ini parawisatawan dapat mengamati satwa komodo, rusa, babi hutan, mengamati burung, penjelajahan (Loh Liang - Loh Sebita), pendakian (Loh Liang - Gunung Ara), menyelaman dan snorkeling di pantai merah. Pantai merah merupakan pantai dangkal yang memiliki kakayaan laut yang tak kalah menawan dengan pantai lain yang ada di indonesia.

3.    Pantai Lasiana
Pantai Lasiana , pantai indah dengan paronama hamparan pasir dan sunset di sore hari ini terletak persis di pusat kota Kupang, kota terbesar di NTT, pantai lasiana ini cukup mudah di jangkau karna letaknya yang strategis. Pantai lasiana secara resmi dikelola oleh pemerintah sekitar tahun 1970’n.
Pantai lasiana ini memiliki luas sekitar 3,5 hektar. Di atas pantai lasiana banyak ditumbuhi pohon lotar dan pohon kelapa dan tepi pantai lasiana ini didirikan pondok lopo-lopo yaitu pondok tradisional khas timor, pondok ini menyerupai payung dengan tiang penyangga di bagian tengahnya yang terbuat dari batang pohon kelapa. Sementara atapnya bisa terbuat dari daun lontar, pelepah kelapa, ijuk, atau dari ilalang. Kadang juga ditambahkan seng untuk membuat atap lebih kuat. 
Pantai Lasiana

4.    Pulau Ndana
Pulau ndana adalah salah satu pulau yang tak  berpenghuni yang terletak di luar pulau NTT, dan memiliki luas ± 13〖km〗^2. Dan memiliki jarak Kira-kira 120 mil dari kota kupang. Walau tak berpenghuni pulau ini memiliki potensi sumber daya alam yang menakjubkan.pulau Ndana di jadikan tempat konversi rusa timur oleh pemerintah NTT tepatnya di bukit karang berhutan yang menjadi habitat rusa timur (Cervus timorensis) selain menjadi tempat konversi rusa timur pulau ini juga terdapat padang savana, setinggi (Phempis acidula), sarang burung walet yang tersebar di 125 gua, kayu gaharu (Aquilaria moluccensis). kayu eboni (Diospyros celebica Bakh), dan danau merah yang terletak ditengah-tengah pulau Ndana yang terkenal dengan mitos  dua batu Tamanu yang dipercaya berkelamin pria dan wanita dan dapat berpindah-pindah.
 
Pulau Ndana

 5.  Taman Laut Selat Pantar
Taman laut selat pantar merupakan kekayaan alam provinsi nusa tenggara timur yang terletak di kabupaten alor, keunikan dan keindahan alam bawah laut selat pantar ini menjadi daya tarik potensial tersendiri dan sangat menakjubkan, keindahan alam ini meliputi, pulau Pura, pulau ternate, pulau buaya, dulolong, pulau kepa, alor kecil dan alor besar. Karna keindaha dan potensi yang dimilikinya konon taman laut indah ini di golongkan kedalam taman laut terindah dan terbaik didunia setelah kepulauan karibia. Oleh karnna itu tak diherankan lagi banyak sekali para wisatawan dari dalam maupun luar negri yang berkunjung ke taman laut selat pantar, taman ini sangat cocok untuk para wisatawan yang ingin menyelaman dan menikmati sensasi bersama binatang laut.

Laut Selat Pantar

 6.   Cagar Alam Gunung Mutis
Cagar alam gunung mutis ini terletak di daratan Pulau Timor  di kecamatan mollo utara, kabupaten timor tengah selatan, provinsi NTT, kawasan ini tereknal dengan gunung batu marmernya yang disebut Faut Kanaf atau batu nama, dibawah faut kanaf ini  terdapat sumber-sumber mata air yang disebut dengan Oe kanaf ( air dari batu). Selain itu wisata cagar alam gunung mutis memiliki sejuta flora dan fauna, untuk flora seperti cendana, kakau atau cemara gunung, bijaema, manuk molo, dan masih banyak lagi, dan fauna seperti kus-kus, biawak, babi hutan, ular sanca timur, pergam timur, perkici dada kuning, dan punai timur.
Gunung Mutis

7.    Gua Liang Bua
Gua liang bua ( bahasa manggarai) atau gua lubang sejuk ini telatak di desa liang bua, kecamatan Ruteng, kabupaten manggarai provinsi NTT. Gua liang bua ini merupakan sebuah bukit batu kapur. Gua ini merupakan arkeologi penting dunia karena ditempat ini ditemukan manusia Flores ( Homo Floresiensi) yang hany memiliki tinggi sekitar 100 meter dan berat 25 kg.
Gua Liang Bua

8.    Gunung Inerie
Gunung enerie terletak di bajawa, pulau flores memiliki ketinggian 2,245 m di atas permukaan laut, dan pernah meletus pada tahun 2882 dan 1970. Di puncak gunung ini kita dapat melihat pemandangan kota bajawa di barat laut yang terlihat seperti kota-kota tua di eropa. Di bagian selatan kota ini terdapat batu besar yang dipercaya sebagai jelmaan sosok jaramasi yaitu seorang ksatria penjaga gunung inerie dan kuda tunggangannya.
Gunung Inerie

 9.   Hutan Camplong
Hutan camplong adalah hutan yang terkenal dengan pemandian alamnya selain itu juga menjadi tempat tinggal satwa yang dilindungi. hutan camplong ini terletak di daratan pulau timor 45 Km sebelah barat laut kota kupang.
Hutan Camplong

Itulah tadi tempat menarik yang ada di NTT, bagi para reader yang ingin berwisata ke provinsi NTT jangan lupa sempatkan diri untuk mengunjungi tempat-tempat menarik di atas ya.. selamat menikmati dan merasakan keindahannya.

Baca juga:
Ayo Nikmati Setiap Wisata yang Ada di Jember


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top