Kuliner Lamongan yang Menggugah Selera

Wisata Kuliner - Apabila sedang berada di Jawa Timur, maka jangan lupa untuk mengunjungi kabupaten Lamongan. Selain memiliki banyak objek tempat wisata, daerah ini juga mempunyai kuliner khas tersendiri. Makanan yang enak di mulut dan kenyang perut, yang tentu saja tidak menguras kocek. Tertarik? Ayo lihat penjelasan ini.

Soto Lamongan   
Dari namanya saja sudah ketahuan bahwa soto ini merupakan masakan khas dari Lamongan. Yang membuatnya berbeda dari yang lain adalah adanya koya. Koya adalah serbuk yang dihaluskan dari kerupuk udang, ebi serta bawang yang telah digoreng.  Dengan kuah yang kental membuat soto ini terasa gurih dan sangat nikmat. Soto ini biasa akan disajikan bersama nasi, tinggal dipilih mau langsing dicampur atau dipisahkan. Untuk mendapatkan soto dengan kualitas yang sudah diakui masyarakat setempat yaitu datanglah ke Jl. Panglima Sudirman, no 75 dan juga terdapat yang lebih murah, tapi tidak kalah uenak tenan yaitu di warung soto Cak Mardi.



Nasi Boranan
Dibanding soto lamongan, kuliner yang satu ini belum banyak diketahui oleh orang luar Lamongan. Makanan ini diambil dari kata boran yang merupakan tempat meletakkan nasi yang dibuat dengan menggunakan ayaman bambu. Makanan ini juga biasanya dijajakan secara lesehan dan memberikan gambaran tradisional masyarakat. Nasi boranan adalah paket lengkap dimana terdapat nasi yang bumbu, kerupuk yang dibumbui, urap, sambal serta yang terpenting adalah lauk. Lauk yang disediakan di sini sangat bervariasi, tergantung yang diinginkan dan juga memiliki harga yang beda pastinya.

Gambar Nasi Boranan


Wingko Babat
Wingko babat merupakan jajanan yang terbuat dari kelapa sebagai bahan utama. Kata babat merupakan nama salah satu kecamatan di kab. Lamongan, karena kue ini dibuat di sana untuk pertama kalinya. Pengunjung sering menjadikan makanan ini sebagai oleh”. Makanan yang memiliki bentuk seperti lingkaran ini memiliki rasa gurih dan juga keharuman aromanya yang membuat orang tergiur untuk mencobanya.

Gambar Wingko Babat Lamongan


Tahu Campur Lamongan
Makanan ini juga termasuk salah satu yang menjadi icon untuk Lamongan. Namun di provinsi Jawa Timur makanan ini sudah tersebar dan dapat dijumpai dibanyak tempat. Bahannya sama seperti lainnya, namun yang berbeda adalah ditambah dengan perkedel dari singkong, serta kuah yang terbuat dari bumbu petis dengan ditambah dengan bawang putih, sehingga menimbulkan rasa gurih ketika dimakan.

Gambar Tahu Campur Lamongan


Bandeng Colo-Colo
Berbeda dengan bandeng ikan pada biasanya, bandeng colo-colo memiliki sambal yang pedas dan masam karena dicampur dengan jeruk nipis. Yang special adalah bandeng ini akan dimasak lagi dengan sambal yang diberikan jeruk nipis yaitu setelah digoreng terlebih dahulu. Masakan ini dapat kita temukan di Jl. Sunan Giri.

Gambar Bandeng Colo-Colo
Setelah membaca artikel ini, lalu kuliner apa yang ingin dicoba terlebih dahulu. Itu semua adalah keputusan Anda.

Baca juga:
Makanan Selingan Khas Sumatera Barat yang Kaya Rasa


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top