Kue-kue Unik nan Cantik dari Jambi

Wisata KulinerJambi merupakan kota yang kaya dengan kuliner. Selain makanan-makanan khas seperti Tempoyak, Gulai Patin, dan Mie Celor, ternyata di Jambi juga terdapat kue-kue unik nan cantik yang menggoda lidah. Selain sebagai cemilan, tentunya kue-kue ini juga cocok untuk sajian berbuka puasa. Yuk kita intip ulasannya.

Kue Putri Kandis Pelangi
Kue Putri Kandis merupakan kue tradisional khas Jambi yang diwariskan secara turun temurun. Kue ini merupakan kue yang biasa dan sangat mudah dijumpai terutama dalam perayaan adat atau acara istimewa lainnya. Kue yang berlapis-lapis seperti pelangi ini mempunyai bahan yang kompleks dan langkah pembuatan yang lumayan panjang. Berbahan dasar tepung terigu, telur dan margarin membuat rasa kue ini terasa seperti bolu, dan jumlah telur yang banyak menjadikan tekstur Kue Putri Kandis terasa lembut di lidah.

Kue Putri Kandis Pelangi

Kue Padamaran
Padamaran merupakan kue yang tak pernah sepi peminatnya di Jambi. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, santan, ekstrak air daun suji, gula aren atau gula. Tekstur kue Padamaran seperti bubur namun lebih padat, berwarna hijau dan diletakkan dalam wadah/takir yang terbuat dari daun pandan. Kue Padamaran khas Jambi ini dapat dijadikan sebagai cemilan serta cocok menjadi menu buka buasa anda.
Kue Padamaran

Kue Burgo
Kue khas jambi ini tebuat dari campuran tepung beras dan sagu tani. Kue Burgo mempunyai bentuk yang sangat menarik, yaitu seperti dadar gulung. Untuk menyajikannya, terlebih dahulu potong adonan menjadi babarapa bagian lalu disiriam kuah santan dan ditaburi bawang goreng. Kuah yang terbuat dari kaldu ikan dan udang membuat rasa kue yang semula terasa kenyal menjadi lebih gurih dan mantap.

Kue Burgo

Kue Gandus
Kue Gandus dibuat dari tepung beras, santan dan sagu. Seperti kue Burgo, kue Gandus juga terasa kenyal dan gurih. Cara pembuatannya yaitu dengan mencampurkan adonan tepung beras, santan, sagu, bawang putih dan cabai kemudian dicetak bulat. Sebagai pelengkap agar sajian terasa gurih dan nikmat, kue ini ditaburi dengan ebi, ayam, daging giling ataupun abon ikan. Bagi anda penikmat cemilan pedas, kue ini patut untuk dicoba.
Kue Gandus

Kue Srikaya
Kue khas Jambi yang satu ini merupakan kue yang sangat unik karena bukan tepung sebagai bahan dasarnya, melainkan tape/tapai. Pembuatannya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan adonan tape dengan santan dan ditambahkan pewarna dan pengharum daun pandan. Agar rasanya menjadi lebih sedap, tambahkan gula dan rempah-rempah. Diletakkan pada wadah yang terbuat dari daun pisang membuat Kue Srikaya bernuansa hijau dan terlihat alami.

Kue Srikaya

Kue Kubang Boyo
Kue satu ini juga dikenal dengan Kue Pak Ipuk, Kue Kubang Buaya, Kue Anak Buaya atau Kue Buaya Berenang. Lucu bukan? Ya, namun tak hanya namanya, bentuk kue ini juga lucu seperti buaya. Kue dengan nama unik ini terbuat dari tepung ketan yang diberi pasta pandan dengan isi gula merah dan kelapa parut, lalu disirami santan. Kue ini diletakkan pada wadah atau cup. Kuah santan yang lemak berpadu dengan rasa yang kenyal dan manis meciptakan sensasi rasa unik di lidah.

Kue Kubang Boyo *)

Dodol Kentang Kerinci
Dodol Kentang Kerinci merupakan cemilan yang sangat digemari oleh para wisatawan dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jambi. Dodol ini terbuat dari kentang berkualitas terbaik dari Perbukitan Kaki Gunung Kerinci. Rasanya kenyal, manis dan gurih. Sebagai pilihan, cemilan ini tersedia dalam berbagai rasa yaitu rasa durian, pandan, strawberry, nanas dan gula aren.
Dodol Kentang Kerinci
Itulah kue-kue unik dan cantik yang bisa anda cicipi saat berkunjung ke Jambi. Anda juga bisa mencobanya sendiri dirumah, mengingat cara pembuatannya yang tidak sulit. Bisa jadi suami, anak dan keluarga anda suka dan ketagihan dengan cemilan unik dari Jambi ini.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top