Kartu Kredit ? Gunakan Atau Tinggalkan ?

Kartu kredit "The Miracle card", yups kartu kredit memang merupakan kartu ajaib yang dapat menolong kamu kapan saja pada saat tidak memiliki uang cash tertama pada saat kepepet.  Seperti pembayaran biaya penginapan rumah sakit, berbelanja online dan banyak lagi lainnya. Enak sih ya, gak ribet dan berasa punya duit terus. Tapii dicatet ya, itu hanya ketika pemakaiannya saja lho tapi ketika pas waktu pembayarannya whaaaaa..... over limit!! Langsung deh berasa punya utang segunung. Makanya sebelum menggunakan kartu kredit yuk mari kita cek dulu apa sih kelebihan dan kekurangannya dan apakah kita bener bener membutuhkannya. cekidoot yuuk...
Kartu Kredit
Aturan dari Credit card : 
Dengan kartu kredit kita dapat berbelanja sesukanya sebatas dengan maksimal kredit yang sudah ditentukan oleh Bank. memang sih rasanya sepert surga dunia ketika kita bisa berbelanja sepuasnya tanpa repot bawa uang cash dan cuma tinggal gesek saja beres deh (terutama bagi wanita ya). Tetapi kamu sadar gak sih karena tidak bergantung pada jumlah fisik uang yang kamu miliki maka rule dari credit card ini sebenarnya adalah berupa PINJAMAN" dan you now what I means? that was a  "HUTANG"..!! Resikonya juga cukup besar palagi kalu sampai kita telat untuk mebayar tagihan tersebut, bisa-bisa kita dikejar dept collector. Yang parahnya lagi bisa-bisa semua harta kita seperti mobil, rumah, motor, furniture dan lainnya juga bisa ludes lho disita oleh bank. Dan kita juga menganggung malu dan rasa penyesalan yang dalam dan galau akut lho. (kayak disinetron hehe). Ya mungkin konsep ini memang cukup beresiko ya guys hanya saja masih ada kok beberapa manfaat yang bisa kita temui. Yuk kita bahas baik dan buruknya agar kamu tahu harus menggunakan atau tidak sih si kartu kredit ini. 

Kebaikan dari penggunaan Credit card : 
  1. Bagi kita yang sudah berpenghasilan tetap dengan gaji yang baik tidak masalah jika kita menggunakan credit card karena tidak repot untuk membawa uang cash. 
  2. Jika kita selalu tepat waktu dalam melunasi tagihan credit card ini maka dapat mebangun skor kredit yang baik di Bank. Maksudnya adalah skor kredit ini merupakan salah satu tolok ukur diBank apabila kita ingin mengajukan aplikasi untuk kredit misalnya kredit rumah, kredit mobil, maupun kredit lainnya. 
  3. Bagi anda yang sering berkecimpung di dunia internet maka kita harus memiliki kartu kredit untuk memverifikasi akun paypan agar tidak memiliki limit untuk pencairan dana. 
  4. Dengan berbelanja menggunakan kartu kredit ini kita juga kadang mendapat keuntungan seperti poin belanja, potongan harga dan lainya. 
  5. Lebih Fleksibel, misalnya kita sedang berada disebuah pusat perbelanjaan di luar kota dan melihat ada discount besar-besaran, nah dengan adanya credit card kita dapat berbelanja sesuka kita tanpa harus repot mengambil uang cash terlebih dahulu dan tentunya lebih safety.
  6. Apabila terjadi pembobolan pada credit card maka kita dapat melakukan pembokiran pada akun kita, berbeda jika pada uang tunai yang bila sudah hilang maka akan raib begitu saja. 
Keburukan dari credit card : 
  1. Penggunaan dari credit card yang berkali-kali membuat kita lebih boros dan konsumtif. Banyak sekali pengguna kartu kredit yang kalang kabut dalam hal pembayaran tagihan dan akhirnya menyesal karena pada akhirnya mereka menggunakannya hanya untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan sama sekali dan hanya untuk kepuasan mata sesaat saja. 
  2. Pemakaian kartu kredit yang seharusnya menjadi alat pengganti pembayaran barang mahal, malah digunakan untuk melakukan pembayaran hal-hal kecil seperti pembelian DVD, baju atau bahkan cuma untuk bayar makan direstoran. Yang meski kesannya murah, tetapi bunganya cukup merepotkan dan jika tidak dibayar pada waktu yang ditentukan maka akan membengkak dan dendanya bisa berkali-kali lipat dari harga yang sebenarnya. 
Nah sekarang terserah kepada kamu-kamu bagaimana akan mengambil keputusannya. Apakah mau tetap menggunakannya atau malah meninggalkan untuk tidak menggunakannya? Jangan mengganggap gengsi kita akan lebih tinggi jika kita menggunakan kartu ajaib ini ya. Malahan aka lebih naik gengsi kita jika kita tidak memiliki hutang. JAdi bijaklah dalam memngambil keputusan ya terutama dalam hal keuangan. 


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top