Cara Mengelola Gaji dengan Baik dan Benar

Saat baru menerima gaji sering kali kita belanja dengan borosnya dan tak terkendali. Padahal kita mesti pandai mengelola gaji agar tidak terjerat pada pertengahan bulan dan tercekik diakhir bulan. Nah inilah beberapa tips untuk mengelola penghasilan agar kita dapat berhemat.
    Cara Mengelola Gaji
  • Bayarlah semua tagihan. Begitu uang gaji masuk maka bayarlah segera tagihan anda seperti tagihan kartu kredit, tagihan listrik, dan lainnya. Kalaupun anda tidak mempunyai cukup dana untuk membayar seluruh tagihan, bayarlah paling tidak 30% dari total utang. 
  • Tabung dulu baru belanja. Setelah seluruh tagihan anda bayar, maka tabunglah uang anda 30% dari uang yang masih anda miliki ke dalam rekening bank. Langsung mendebet gaji ke dalam rekening tabungan juga merupakan salah satu cara untuk menghindari penyakit lupa menabung. Sebaiknya ubahlah kebiasaan untuk berbelanja dahulu dan ketika ada sisa baru kamu mulai menabung. Maka ubahlah kebiasaan untuk menabung sekitar 30% dari penghasilan barulah jika ada sisa berpikiran untuk berbelanja. 
  • Rekamlah jejak pengeluaran. Sangatlah penting untuk merekam jejak pengeluaran anda secara detail. Karenanya buatlah kebutuhan apa sajakah yang anda perlukan untuk bulan depan seperti biaya transportasi, biaya makan, untuk hiburan, serta tagihan yang perlu dibayar dan lainnya. Dan berpeganganlah pada daftar itu kembali pasa saat kamu akan membelanjakan uang itu kembali. Jangan lupa untuk membuat pos pengeluaran tak terduga agar menghindari pengeluaran dadakan. 
  • Simpanlah semua struk belanja anda. Kalau anda sering bingung kemakahah larinya uang gaji anda maka simpanlah semua struk belanja anda. Dari sini anda akan tahu manakah pengeluaran yang paling besar dan manakah yang harus ditekan dan dikurangi. Dengan mengetahui dimanakah over budget maka kita dapat mengatasi permasalahan keuangan kita. 
  • Siasat makan siang. Gak perlu gengsi bawa bekal untuk kekantor, gak perlu merasa seperti anak sekolah lho. Gengsi malah bikin kamu makin terjerat dengan masalah keuangan. Selain lebih hemat, dengan cara ini kita jga dapat menghindari penyakit seperti diare, atau efek makanan yang berMSG, formalin dan lainnya seperti yang marak diberitakan pada saat ini. Boleh saja jika anda sesekali membawa bekal, hanya saja yang penting pandai pandailah dalam mengatur keuangan untuk jatah makan siang anda. Jika dalam enam hari kerja anggaplah dalam 3 hari anda makan diluar dan 3 hari berikutnya anda membawa bekal. 
  • Variasi transportasi. Pos transportasi juga banyak menguras pengeluaran lho. Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi biaya bensin, uang pembayaran tol, dan biaya parkir perlu diperhitungkan. Nah untuk menyiasatinya maka kamu bisa saja mencari teman yang seperjalanan. Sehingga bisa berbagi biaya bensin dan biaya masuk tol, atau sekali sekali kamu bisa menggunakan angkutan umum, naik kereta umum atau busway. 
  • Hemat SMS dan Kuota Internet. Dalam satu hari berapa kali kamu menelpon pasanganmu? Bisa lebih dari tiga kali? Belum lagi jika harus menelpon teman atau pun menelpon klien. Ditambah SMS dan membeli paket data internet untuk kebutuhan pada sosial media. Oleh karena itu gunakanlah provider yang memiliki paket 3 in 1 dan hemat. Saat ini sudah banyak provider yang menawarkan paket paket hemat lho. jadi pandai-pandailah menyiasati pengeluaran untuk komunikasi kamu yaa. 
Nah itulah beberapa tips mengelola pengeluaran agar kita dapat berhemat dan lebih terarah. Semoga bermanfaat yaa.

Baca juga :
Aplikasi Android Yang Bisa Menghasilkan Uang
Fakta Mengejutkan tentang Manfaat Coklat


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top