Berwisata Asyik Sambil Mengenal Sejarah di Surabaya

Tempat Wisata - Siapa yang tidak kenal kota Surabaya. Kota yang diberi julukan sebagai “kota pahlawan” karena kejadian “arek-arek Suroboyo” di masa kemerdekaan Indonesia. Di provinsi Jawa Timur, ibukotanya adalah kota Surabaya. Kota Surabaya terletak di tepi pantai utara Jawa timur. Pada sisi utara dan timur, kota ini berbatasan langsung dengan Selat madura, dan di sisi selatan kota Surabaya adalah Kabupaten Sidoarjo, sedangkan di sisi baratnya merupakan Kabupaten Gresik. Kota yang akan selalu dikenang oleh seluruh bangsa ini, tidak hanya memiliki nilai sejarah saja, namun harus diketahui juga bahwa kota Surabaya banyak memiliki tempat-tempat wisata yang tidak hanya indah namun juga menarik dan menakjubkan. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang terkenal dan layak untuk dikunjungi di Surabaya.

Tugu Pahlawan dan Museum 10 November
Tugu pahlawan dibangun sebagai rasa penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan pada masa 10 November. Terletak di tengah-tengah kota Surabaya tepatnya di samping kantor Gubernur di jalan Pahlawan Surabaya. Dibangun dengan ketinggian 41,15 meter, tugu ini berada pada lahan yang memiliki luas 1,3 hektar.

Gambar Tugu Pahlawan Surabaya

Terdapat museum 10 November yang terletak di dalam tugu pahlawan. Pembangunan museum ini memiliki tujuan sebagai tempat menyimpan bukti benda-benda bersejarah pada kejadian bersejarah 10 November. Dengan kata lain, hal ini memperjelas keberadaan Tugu Pahlawan. Museum ini dibuka sejak tahun 2000. Bangunan pada museum ini menyerupai piramida kecil yang membuat mesuem ini terlihat unik dan menarik.
Gambar Museum 10 November

Monumen Kapal Selam
Monumen kapal selam (Monkasel) adalah sebuah museum kapal selam yang terletak di pusat kota yaitu tepat di samping Plaza Surabaya di jalan Pemuda. Monkasel ini merupakan kapal selam asli yaitu selam KRI Pasopati 410, yang dibawa ke darat sebagai peringatan pahlawan-pahlawan yang berjuang untuk bangsa Indonesia. Tepat tanggal 27 Juni 1998, monumen ini diresmikan. Kapal selam ini merupakan salah satu armada Angkatan Laut Indonesia yang terlibat dalam pertempuran Aru Samudera untuk membebaskan Papua Barat daripada tangan Belanda. Ada beberapa ruang di dalam kapal selam ini yaitu ruang diesel, ruang torpedo haluan dan buritan, ruang periskop, ruang tinggal perwira, ruang ABK (anak buah kapal), serta ruang listrik.

Gambar Monumen Kapal Selam

Jembatan Suramadu
Jembatan suramadu adalah jembatan yang menghubungkan pulau Surabaya dengan pulau Madura. Jembatan yang memiliki panjang mencapai sekitar 5,4 km ini mempermudah transportasi masyarakat dengan biaya yang bisa dikatakan dalam kategori murah. Tidak hanya itu, jembatan ini juga menyediakan bagi pengendara sepeda motor sebuah jalur khusus.
Jembatan Suramadu terbagi menjadi dari tiga bagian, yaitu jalan layang, jembatan pneghubung dan jembatan utama. Dari permukaan laut, jembatan ini memiliki ketinggian sekitar 35 m, sehingga berbagai jenis kapal laut dapat untuk melintas di Selat Madura.
Jika pada malam hari, pemandangan jembatan Suramadu sangat indah karena diterangi oleh cahaya-cahaya lampu yang terdapat di sepanjang jembatan tersebut. Selain itu, terdapat banyak tempat untuk berbelanja di sepanjang jalan jembatan ini juga. Sehingga dapat mempermudah setiap pengunjung yang ingin membeli souvenir untuk oleh-oleh.
Gambar Jembatan Suramadu

Ciputra Waterpark
Bagi Anda yang lebih suka dengan wahana air, sebaiknya mengunjungi tempat wisata Ciputra Watrepark. Denganmemiliki luas yang mencapai sekitar 5 hektar, ciputra waterpark ini menjadi wahana air yang bukan hanya terbesar di Surabaya, namun di Indonesia. Ciputra Waterpark ini merupakan implementasi yang terinspirasi dari dongeng petualangan sinbad. Di tempat wisata ini terdapat wahana yang sangat menakjubkan dan menguji adrenalin seperti Syracuse Beach, wahana Roc Tower, serta ada juga wahana sinbad playground. Wahana lainnya, seperti wahana Sirens River. Untuk orangtua yang masih ragu karena memiliki anak-anak dan balita, jangan khawatir karena disediakan wahana aman untuk si kecil yaitu Marina Lagoon dan wahana Chimera Pool. 
Gambar Ciputra Waterpark

Kebun Binatang Surabaya
Wisata ke kebun binatang merupakan pengenalan terhadap berbagai macam satwa dalam kehidupan. Kebun Binatang Surabaya meruapakan salah satu kebun binatang tertua di Indonesia. Kebun binatang yang memiliki luas sekitar 15 hektar ini terletak di jalan Setail nomor 1 kota Surabaya, provisi Jawa Timur.
Koleksi yang ada dalam kebun binatang di Surabaya sangat bervariasi. Terdapat lebih dari 4000 ekor dengan lebih dari 351 spesies. Tidak hanya itu, di sana juga terdapat koleksi-koleksi satwa yang termasuk langka dan terancam akan kepunahannya, serta spesies yang pemerintah dilindungi  seperti komodo, tapir, babi rusa dan Anoa.

Gambar Kebun Binatang Surabaya

Pantai Kenjeran
Nama pantai ini berasal dari nama daerah letaknya yaitu kecamatan Kenjeran, sekitar 9 km dari kota Surabaya. Pantai kenjeran tarbagi menjadi 2 tempat wisata yaitu Kenjeran Lama dan Kenjeran Baru. Tidak hanya bisa menikmati suasana Pantai Kenjeran, tetapi di pantai ini  juga pengunjung dapat melakukan aktifitas memancing, berpacuan kuda, mengendarai perahu yang tersedia dan membeli ikan segar dari hasil tangkapan pengunjung. Dan juga disediakan bagi anak-anak yaitu sarana permainan. Wisata ini sangat cocok untuk wisata keluarga.
   
Gambar Pantai Kenjeran Surabaya
Taman Bungkul
Taman bungkul diambil dari nama seorang tokoh agama Islam yaitu Ki Sopo atau Mbah Bungkul. Beliau adalah ulama pada masa kerajaan majapahit. Di taman ini pula, makam mbah Bungkul berada. Taman Bungkul ini diresmikan menjadi tempat wisata di kota Surabaya tepat pada tanggal 21 bulan maret tahun 2007. Terdapat berbagai macam sarana di tempat ini, seperti tempat panggung acara (plaza), tempat bermain skateboard, wi-fi gratis, telepon umum, pemandangan kolam air mancur, taman bermain untuk anak-anak, serta area suasana hijau.

Gambar Taman Bungkul

Masjid Agung Al Akbar
Masjid ini merupakan masjid terbesar kedua setelah Masjid Istiqlal di Jakarta. Masjid ini terletak di jalan Gayung Kebonsari dekat dengan jalan Tol Surabaya-Porong. Luas dari bangunan masjid itu sendiri yaitu 28.509 meter persegi, sedangkan keseluruhan lahan wilayah masjid Agung Al Akbar luasnya adalah 11,2 hektar. Di Masjid Al-Akbar terdapat satu kubah besar yang memiliki bentuk menyerupai setengah bujur telur, 4 kubah kecil yang memiliki bentuk seperti limas, dan juga menara dengan ketinggian yang mencapai 99 meter. Serta dilengkapi dengan lift untuk melihat pemandangan kota Surabaya.  Untuk pembuatan kubah, bahan serta desainnya menggunakan produk yang sama dengan Masjid Raya Selangor Malaysia. Pintu yang dimiliki masjid Agung Al- Akhbar ini terbilang sangat banyak yaitu 45 pintu ganda. Selain itu, masjid ini memiliki mihrab yang merupakan mihrab masjid terbesar di Indonesia.

Gambar Masjid Agung Al Akbar

Itulah beberapa tempat wisata yang menarik dan layak untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Semoga bisa bermanfaat.

Baca Juga :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top