Aneka Minuman Ciri Khas Sumatera Barat

Wisata Kuliner - Diantara aneka ragam kuliner khas Sumatera Barat yang berupa makanan utama lauk-pauk, makanan selingan serta kue-kue tradisionalnya, juga ada aneka minuman yang mencirikan ke-khasan wilayah Sumatera Barat. Ada beberapa minuman terkenal dari Sumatera Barat yang mayoritas berpenduduk suku Minangkabau. Berikut ulasan tentang beberapa minuman khas Sumatera Barat:

Teh Talua
Minuman ini merupakan minuman tradisional terfavorit masyarakat Sumbar yang terbuat dari teh dengan campuran telur. Talua dalam bahasa Indonesianya adalah telur. The telur ini merupakan menu minuman yang selalu ada disetiap warung tradisional bahkan direstoran Padang. Tidak susah dalam meracik minuman ini, bahan yang diperlukan adalah serbuk teh, telur, gula, dan jeruk nipis. Pertama kali yang dilakukan adalah mengkocok telur, biasanya telur yang digunakan adalah telur itik atau telur ayam kampong. Telur tersebut dikocok dengan gula hingga mengembang, kemudian campurkan seduhan air teh yang panas. Teh telur siap dihidangkan dan jangan lupa tambahkan sedikit perasan air jeruk nipis agar menambah aroma yang menyegarkan. Mudah bukan?
Teh Talua
Aia Kawa
Minuman ini disebut juga dengan kawa daun merupakan minuman yang terbuat dari seduhan daun kopi yang dibuat seperti teh. Menurut cerita, adanya aia kawa ini bermula dari kegiatan tanam paksa pada zaman penjajahan Belanda. Pada saat itu, semua penduduk dipaksa menanam biji kopi untuk kepentingan Belanda, namun mereka dilarang menikmati biji kopi yang mereka tanam. Sehingga penduduk mengakalinya dengan memakai dedaunan kopi untuk membuat minuman, karena mereka percaya daun kopi masih mengandung kafein. Pada penyajiannya saat itu tidak menggunakan gelas, tapi menggunakan belahan tempurung kelapa dan diberi tatakan dari bambu.
Aia Kawa
Cara meracik, pertama daun kopi lokal dipilih lalu dikeringkan dengan disangrai sekitar 12 jam dan kemudian diseduh sama seperti teh. Ketika hendak minum, terlebih dahulu daun dicampur dengan air dingin dan kemudian baru disiram dengan air panas. Bisa ditambahkan gula maupun tidak pada minuman khas Sumatera Barat ini. Lebih sedap lagi ditemani berbagai penganan kecil

Aia Aka
Minuman khas Padang ini merupakan minuman yang terbuat dari daun Cincau Hijau (Cylea Barbata Myers) Banyak sebutan minuman ini di Sumatera Barat, Aia Aka ini juga disebut Aie Kacang. Meskipun namanya berbeda namun bentuknya sama. Bentuknya seperti cendol, dan mirip seperti agar-agar karena dari bahan dasar Cincau Hijau yang teksturnya kenyal-kenyal menggoda dan lembut dilidah. Cincau yang dipakai adalah cincau alami yang diracik dari daun cincau secara tradisional. Oleh sebab itu cincau tersebut berwarna hijau mengkilat. Beda dari cincau-cincau kebanyakan yang berwarna hitam. Biasanya Aia Aka ini disajikan dengan air santan manis atau air jeruk nipis. Cobain deh, karena bermanfaat juga untuk panas dalam anda. 
Aia Aka
Jus Pinang
Minuman ini merupakan minuman jus terfavorit masyarakat di Sumatera Barat. Jus ini terbuat dari buah pinang yang kaya akan khasiatnya bagi kesehatan dan menambah stamina anda. Untuk menambah cita rasanya, pinang ini dibuat menjadi jus yang diracik dari buah pinang yang masih  muda. Ada juga variasi baru jus ini dengan menambahkan telor serta ramuan lainnya khas Sumatera Barat.
Jus Pinang
Es Tebak
Siapa yang tidak kenal dengan minuman es yang satu ini? Minuman es tebak ini merupakan minuman khas dari Kota Padang sebagai hidangan penutup. Isi dari es tebak terdiri dari cincau hitam, kolang-kaling, tape ketan hitam, serta tebak yang merupakan sebuah adonan yang dibuat dari tepung sagu dan tepung beras ketan yang dimasak dengan kapur sirih dan air garam. kemudian adonan tersebut dicetak seperti cendol. Es tebak disajikan juga dengan sirup merah, susu kental manis dan es serut yang menjadikan minuman ini lebih segar..
Es Tebak
Es Durian
Es durian khas Kota Padang ini juga merupakan es campur yang didalamnya terdiri dari campuran cincau hitam, kelapa muda dan bubur pacar serta serutan es didalamnya. Bahan utamanya jelas durian, akan tetapi tidak semua berisi duria utuh. Karena itu tadi es durian tersebut seperti es campur dengan banyak campuran didalamnya. Sangat cocok sekali sajian es durian ini yang segar dikota Padang karena cuaca di Kota ini panas. Sebagai pelengkapnya dan pemanisnya, diatas es serut tadi juga dilelehi sedikit susu coklat kental manis. Hmm.. sanggat menggiurkan sekali bukan?
Es Durian
Baca juga:


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top