10 Fakta Manfaat Buah Semangka Yang Wajib Diketahui !!

Hallo apa kabar hari ini? Anda pasti familiar dong dengan buah yang luarnya hijau dalamnya merah? hayoo buah apa coba.Yap, Semangka (nama ilmiahnya adalah Citrullus lanatus, berasal dari suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) merupakan salah satu jenis tanaman merambat berasal dari daerah setengah gurun yaitu Afrika dibagian selatan. Semangka ini masih sekeluarga dengan ordo labu-labuan (Cucurbitaceae) dan juga melon (Cucumis melo). Nah ternyata semangka sangat banyak manfaatnya untuk tubuh kita. Mau tahu apa saja khasiatnya yuk kita bahas. 
Manfaat Buah Semangka
  1. Baik untuk Jantung Anda. Semangka memiliki warna merah yang cantik dan merah itu mengandung lycopene antioksidan yang kuat, layaknya buah tomat. Dalam beberapa tahun terakhir, lycopen suda diakui oleh para komunitas ilmiah sebagai nutrisi sangat penting untuk kesehatan jantung. mengkonsumsi makanan yang kaya akan lycopene, seperti semangka, akan membuat peningkatan aliran darah yang akan bertindak sebagai vasodilator dan menurunkan kemampuan untuk LDL berpotensi lebih rendah, alias kolesterol jahat, sehingga likopene baik bagi jantung Anda. 
  2. Baik untuk Tulang. Manfaat lain dari makanan yang kaya akan likopene adalah meningkatkan kesehatan tulang dengan mengurangi stres oksidatif, yang dapat menyebabkan masalah tulang yang merupakan salah satu cikal bakal untuk masalah kesehatan lainnya. Penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa lycopene dapat memberikan pengobatan alternatif untuk mencegahan dan menanganani kasus osteoporosis, terutama pada wanita yang telah menopause. 
  3. Meningkatkan Kinerja Atlestis Selama Berolah Raga. Semangka juga merupakan sumber besar dari zat citrulline dan asam alpha-amino nonesensial yang telah terbukti untuk meningkatkan pemanfaatan asam amino esensial selama latihan dan meningkatkan aliran darah. Cobalah selalu mengkonsumsi semangka dalam pra dan pasca latihan rutin Anda karena dapat mengurangi waktu pemulihan setelah latihan dan membantu lebih meningkatkan kadar hormon pertumbuhan setelah latihan ketahanan. 
  4. Mengurangi Lemak Tubuh . Tubuh kita secara alami dapat mengubah zat citrulline yang ditemukan di dalam buah semangka menjadi zat arginin di dalam ginjal. Ada beberapa bukti awal dari studi hewan yang menunjukkan bahwa konversi citrulline menjadi arginin dapat membantu mencegah akumulasi kelebihan lemak dalam sel-sel lemak, yang selalu hal yang baik. Jadi jika anda mau kurus maka perbanyaklah konsumsi buah semangka.
  5. Membuat Anda Terhindar Dari Dehidrasi. Seperti namanya "Water Melon", semangka memang buah yang mengandung banyak air. Sangat mengejutkan bukan, Tetapi di samping air itu, buah ini juga merupakan sumber yang baik dari elektrolit yang dapat membantu Anda untuk tetap terhidrasi (menjaga dari dehidrasi) dan mengganti mineral yang hilang ketika Anda berkeringat. 
  6. Diuretik Alami. Semangka adalah diuretik alami yang membantu meningkatkan aliran urin kita. Biasanya kita memberikan beban yang tidak semestinya pada tubuh kita, seperti mengkonsumsi kopi berlebihan atau alkohol. Dengan mengkonsumsi secara rutin buah semangka maka akan membantu untuk meringankan ketegangan dan beban pada ginjal sementara tubuh kita menghilangkan kelebihan cairan. Jadi sangat disarankan mengkonsumsi buah semangka bagi anda yang memiliki riwayat penyakit ginjal ya. 
  7. Mengurangi Peradangan. Pada buah semangka mengandung beberapa senyawa fenolik yang bermanfaat dalam mengurangi peradangan dalam tubuh dan juga disarankan sebagai pendekatan alamiah untuk mencegah atau mengobati penyakit peradangan kronis. 
  8. Menjaga Kekebalan Tubuh. Dengan rajin mengkonsumsi semangka maka mineral dan zat-zat baik yang terkandung didalamnya akan membuat tubuh kita kebal dari serangan penyakit ganas. Selain itu kandungan air dari semangka dapat menghindarkan kita dari dehidrasi yang apabila terjadi dehidrasi maka kita dapat menyebabkan otak kesulitan untuk bekerja dengan sangat baik. *Jadi biar gak oon gitu lho hehehe
  9. Meningkatkan Imunitas. Semangka juga merupakan cara yang sangat enak untuk mendapatkan dosis harian vitamin C, dengan satu porsi atau sepotong besar semangka mengandung sekitar 16% dari kebutuhan harian Anda. Vitamin C dianggap sebagai salah satu nutrisi paling aman dan paling efektif dan telah terbukti untuk meningkatkan kekebalan dan kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. 
  10. Lebih Matang Lebih Baik. Daging buah semangka yang matang dan berubah dari putih menjadi merah muda lalu menjadi merah pekat, tidak hanya akan mendapatkan rasa yang lebih manis dan lezat tapi juga lebih bergizi lho. Semakin matang semangka maka kepadatan antioksidan secara bertahap akan meningkat pula. Jadi pastikan kamu mengkonsumsi semangka yang sudah matang ya. Jadi pastikan untuk menunggu sampai semangka Anda sudah masak sebelum Anda menikmatinya

Nah, itulah dia 10 manfaat dari buah semangka ya kengkawan. Bagi kamu yang awalnya tidak suka semangka cobalah untuk mempertimbangkannya lagi karena begitu banyak manfaat yang terkandung didalamnya. Selain itu jika kamu tidak suka memakannya begitu saja ada cukup banyak sekali olahan dari buah semangka ini lho. Jadi selamat mencoba dan merasakan khasiatnya. Sehat selalu ya readers yang kece kece. Sampai jumpa di artikel berikutnyaa...

Baca juga :
Aplikasi Android Yang Bisa Menghasilkan Uang
Tips Berbelanja Pintar Untuk Si Maniak Belanja


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top