Objek Wisata di Pekanbaru, Riau

Tempat Wisata - Provinsi Riau merupakan salah satu provinsi di Pulau Sumatera yang memiliki potensi wisata yang besar. Apalagi Riau yang ber-ibukotakan Pekanbaru ini adalah salah satu Ikon suku Melayu di Indonesia. Letaknya yang berada ditengah Pulau Sumatera, wilayah ini juga merupakan penghasil Minyak Bumi serta Perkebunan Sawit. Banyak potensi-potensi lainnya yang dimiliki Provinsi Riau, terutama objek wisatanya baik wisata Alam, wisata Buatan serta wisata Sejarah. Untuk itu bagi anda yang ingin mengetahui dan mengunjungi objek-objek wisata yang ada di Riau, akan kami kenalkan satu-persatu khususnya di Kota Pekanbaru agar setidaknya dapat menambah referensi wisata anda ketika berkunjung ke Pekanbaru, Provinsi Riau.

1. Alam Mayang
Wisata alam yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata rekreasi bagi keluarga dan masyarakat di Pekanbaru. Lokasi wisata ini berjarak lebih kurang 8 km atau 15 menit perjalanan dari pusat kota yaitu berada di jalan Imam Munandar-Tangkerang Timur Kota Pekanbaru Riau. Selain tempat rekreasi bagi keluarga, Alam Mayang juga bisa sebagai tempat acara atau event-ivent tertentu. Banyak wahana dan permainan hiburan yang menyenangkan yang disediakan di Alam, seperti adanya wahana air yang menyediakan permainan-permainan seru seperti Banana Boat, Sepeda Air, Karpet Ajaib, Camper Boat, Kereta Naga, Balon Loncat dan lain sebagainya. Selain itu ada juga kolam pancing yang disediakan bagi masyarakat yang hobi memancing. Bagi anak-anak muda disediakan beberapa permainan oleh pihak pengelola Alam Mayang seperti outbond, sepeda air dan lain-lain. Alamnya yang asri dengan dipenuhinya banyak pohon-pohon membuat pengunjung betah untuk berlama-lama menikmati wisata disana.
Taman Wisata Alam Mayang

2. Taman Putri Kaca Mayang 
Selain wisata Alam Mayang, ada juga tempat wisata rekreasi favorit keluarga di Kota Pekanbaru yaitu Taman Putri Kaca Mayang. Berlokasi di pusat kota yaitu jalan Jendral Sudirman Pekanbaru, tepatnya di depan kantor walikota Pekanbaru. Tempat ini akan ramai dikunjungi  baik mayarakat Pekanbaru maupun dari luar Pekanbaru pada saat-saat hari libur seperti hari Raya Idul Fitri, maka disekitar Bundaran Air Mancur akan macet karena banyaknya kendaraan pengunjung yang melintas dan parkir disana. Fasilitas yang disediakan cukup menarik bagi anak-anak yang bermain disana, seperti adanya kolam renang, bom-bom car, komedi putar dan masih ada lagi permainan yang lain yang menyenangkan.
Taman Ria Putri Kaca Mayang

3. Bandar Serai/  Anjungan Seni Idrus Tintin  
Bandar Serai merupakan bangunan yang menjadi pusat kegiatan seni tradisional seperti seni musik, tari, pergelaran galeri seni dan lain sebagainya. Lokasi Bandar Serai berada ini Jalan Sudirman, tempat acara MTQ  Nasional XVII tahun 1994 diadakan. Tidak jauh dari bandara Sultan Syarif Kasim II. Bangunan ini dibangun sebagai Miniatur dari tradisi rumah. Selain tempat sebagai pusat kegiatan seni, Bandar Serai digunakan sebagai tempat untuk menampilkan musik band anak muda yang biasanya dilaksanakan pada malam hari.
Anjungan Seni Idrus Tintin

4. Danau Buatan Lembah Sari Pekanbaru
Awalnya Danau Limbungan ini merupakan bendungan air yang dibangun untuk pengairan. Dengan dikelilingi oleh perbukitan yang indah, membuat panorama alam yang indah ini sebagai daya tarik untuk dijadikan tempat wisata. Karena berpotensi sebagai tempat wisata kemudian masyarakat mengembangkan tempat ini sebagai objek wisata yang di lengkapi berbagai fasilitas dan sarana rekreasi, seperti taman bermain, panggung hiburan, aneka jenis sepeda air, perahu, restoran dan lain sebagainya. Lokasi Danau Limbungan ini berjarak 10 km dari pusat kota Pekanbaru yaitu berada di Kecamatan Rumbai Pekanbaru, Riau.
Danau Buatan Lembah Sari Pekanbaru

5. Pasar Bawah
Wisata yang satu ini merupakan tempat wisata pusat perbelanjaan yang terletak disebelah utara kota Pekanbaru yaitu di jalan Ahmad Yani, Kecamatan Senapelan. Pasar Bawah ini terkesan tradisional, sudah lama berdiri tetapi bersih. Pasar bawah terkenal dengan pusat perbelanjaan barang-barang antik, aksesoris rumah tangga dari dalam maupun luar negeri, seperti karpet, lampu-lampu antik, barang elektronik, keramik dan lain sebagainya.
Bagi wisatawan yang berkunjung ke Pekanbaru, Pasar Bwah ini merupakan tempat yang wajib di kunjungi atau hanya sekedar mampir di Kota Pekanbaru. Pasar bawah menjadi tempat belanja favorit dan trade-mark tersendiri bagi masyarakat Pekanbaru. Maka akhirnya oelh Pemerintah Pasar Bawah diresmikan sebagai Pasar Wisata.
Wisata Pasar Bawah

6. Wisata Balai Adat Riau
Tujuan wisata selanjutnya adalah Balai Adat Riau, tempat ini merupakan ciri khas dari adat melayu Riau. Lokasi Balai Adat Riau terletak dijalan Diponegoro Pekanbaru. Bangunan ini didirikan sebagai tempat berbagai kegiatan yang berkaitan dengan adat resmi Melayu Riau. Dibangun dengan desain variasi warna dan ukiran motif yang bercirikan khas Melayu.  Arsitektur bangunan ini yang khas dengan melambangkan kebesaran Budaya Melayu.

7.  Museum Sang Nila Utama dan Dekranasda Riau  Museum Sang Nila Utama
8. Mesjid Agung An-Nur Pekanbaru
9. Taman Marga Satwa Kasang Kulim (Kasang Kulim Zoo)
10. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim/rindu sempadan

Baca juga:
Wisata Kuliner Pekanbaru
Penjahit Pekanbaru
Penjahit Kebaya di Pekanbaru
Tempat Wisata yang Asik di Bandung


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top