Lakukan Hal ini Jika Kamu ke Macau

Tempat Wisata - Hal apa yang kamu lakukan jika akan melakukan traveling ke Macau ? Tentu nya sebagai sebagai warga negara Indonesia yang baik dan benar kamu harus memiliki passport. Jika belum punya silahkan urus dikantor imigrasi di daerahmu masing-masing. Karena tanpa passport, kamu tidak akan bisa masuk ke negara orang, alias kamu akan ditahan. Kamu tidak mau kan tiba-tiba ditahan saat pemeriksaan passport saat sudah sampai dibandara atau pelabuhan di negara lain. Oleh karena itu passport adalah hal terpenting yang harus kamu miliki jika ingin pergi ke negara lain. Dan ingat jangan sampai passport anda lepas dari tangan atau yang parahnya jika sampai hilang, bisa-bisa kamu tidak akan pulang sesuai waktu yang sudah ditentukan. 

Saran saya jika ingin berwisata ke negara lain, cari lah informasi seputar daerah yang ingin kamu kunjungi. Kamu bisa searching di google seputar Macau, dengan keyword "peta Macau", "tempat wisata Macau, dan info lainnya seputar Macau. Jangan sampai kamu datang kesana hanya melihat-melihat dan berfoto-foto terus pulang begitu saja, tanpa menambah wawasan dan pengalaman kamu. Setidaknya kamu membawa gedget atau smartphone yang bisa internetan saat kamu kesana. Kamu bisa beli kartu perdana lokal untuk internet disana, karena biasanya kalau pakai kartu operator dari Indonesia dikenakan roaming dan biayanya lebih mahal (begitu juga untuk menelpon dan sms). 

Tips yang saya berikan diatas berdasarkan pengalaman waktu berwisata sendirian ke kota Malaka Malaysia. Itu adalah pengalaman pertama saya berkunjung ke negara orang  dengan membawa satu tas ransel (ala backpacker) dan dengan uang pas-pasan. Bermodal nekat dan tekad yang tinggi, perjalanan saya tempuh dengan jalur darat lalu disambung dengan jalur air (naik kapal fery). Rute yang saya tempuh adalah Pekanbaru-Dumai-Malaka. Banyak pengalaman yang saya dapatkan dari perjalanan tersebut. Yang awalnya ada keraguan untuk pergi sendiri ke negara orang, sekarang jadi ingin mencoba lagi (tentunya jika diberi rezeki). Dan jika lomba menulis blog ini bisa memberikan saya kesempatan untuk ke Macau, tentunya saya sangat senang sekali dan akan saya tulis pengalaman tersebut diblog ini.

Pesona Macau di malam hari

Sekilas tentang Macau
Untuk berkunjung ke suatu daerah, kita harus mengenali daerah tersebut terlebih dahulu. Saat searching di internet saya dapatkan info yaitu, Macau merupakan daerah administrasi khusus dari Negara RRC (Cina), sama halnya dengan Hongkong yang juga daerah administrasi khusus. Macau juga terkenal dengan kehidupan malam dan judinya. Macau juga dijuluki Las Vegas nya Asia, karena perekonomian di kota ini sangat tergantung pada aktivitas perjudian dan pariwisatanya. Macau dulunya diduduki oleh Portugis selama lebih dari 400 tahun dan diambil alih oleh pemerintahan RRC tahun 1999. Karena itulah Macau banyak meninggalkan bagunan-bangunan pada masa kolonial, namun masih terawar hingga sekarang dan menjadi objek wisata untuk para turist mancanegara.

Bahasa
Warga lokal disana kebanyakan menggunakan bahasa Mandiarin atau kanton, hanya 2% yang menggunakan bahasa Portugis (wikipedia, 2014). Pada bangunan bersejarah disana memiliki dua sebutan, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Portugis. Fasilitas publik dan penanda jalan disana juga menggunakan dua bahasa, yaitu bahasa Mandarin dan bahasa Portugis (backpacker-notes.com, 2014)

Mata Uang
Mata uang disini adalah Macau Pataca. Disini juga bisa menggunakan dollar Hongkong namun tidak bisa sebaliknya, Macau Pataca tidak bisa digunakan di Hongkong.

Ini lah yang akan saya lakukan jika berada di Macau :

1. Melihat Peta Macau

Sebagai makhluk bumi, saya harus tahu posisi saya dimana. Untuk itu saya akan melihat di google map dimana letak kota Macau. Saya yang menyadari kemampuan bahasa inggris dibawah rata-rata (alias tidak fasih) merasa perlu untuk melihat peta. Akan merepotkan rasanya jika harus banyak bertanya dengan orang disana. Dengan melihat peta sendiri di google map, saya bisa tahu dimana objek-objek wisata atau tempat-tempat yang bagus untuk dikunjungi. Apalagi sekarang zaman sudah canggih, banyak aplikasi di handphone yang memudahkan kita untuk mendapatkan informasi.


Dengan menggunakan aplikasi google map, kamu bisa zoom dan melihat lebih dekat lokasi-lokasi yang ada di Macau. Apalagi aplikasi tersebut sudah lengkap dengan informasinya. Kamu bisa tahu sedang berada dijalan apa, lokasi wisata dimana, tempat penginapan dimana saja dan info lainnya.

2. Searching Tempat Wisata
Wah ini yang paling saya suka, karena wisata adalah tujuan utamanya. Biasanya saya searching dulu di internet tempat-tempat wisata yang ada disana sebelum saya mengunjunginya. Selain mencari lokasinya, juga untuk mencari informasi seputar wisata tersebut. Dari pencarian saya dapat disimpulkan bahwa Macau adalah kota budaya dan sejarah yang menyimpan banyak haritage site Portugis. Berikut hasil pencarian saya tentang wisata di Macau :
  • Senado Square
photo by: www.telegraph.co.uk
Senado Square adalah salah satu tempat favorite para turis berwisata di Macau. Senado Square adalah sebuah plaza yang banyak terdapat bangunan-bangunan bersejarah. Macau yang dulunya diduki oleh pemerintahan Portugis selama lebih dari 400 tahun, banyak meninggalkan bengunan bersejarah yang menjadikan Macau mirip dengan kota kecil di Eropa. Tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi, dan cocok buat kamu yang suka foto-foto dengan konsep bangunan jadul atau kuno disana. Ditengah-tengahnya terdapat air mancur yang menambah indahnya kota dan paving bebatua dengan pola yang unik memberikan ciri khas di plaza ini. (dikutip dari: www.backpacker-notes.com)

Lokasi Senado Square by: google map

  • Ruins of St. Paul's Cathedral 
photo by: www.tripadvisor.co.id
Tempat ini cukup terkenal juga, sehingga banyak dikunjungi para turis asing saat ke Macai, rasanya belum lengkap jika belum berfoto disini. Reruntuhan Katedral St. Paul (Sao Paulo) merupakan bekas sebuah gereja besar yang bergaya arsitektural Portugis. Ceritanya sih dahulu katanya Gereja ini kebakaran, lalu hanya menyisakan bagian depannya. Silahkan di searching sendiri kalau mau lengkap tentang sejarah Katedral Sao Paulo ini. Tempat ini tidak jauh dari Senado Square dan di dekat sana ada museum kecil yang berisi patung, benda-benda religi dan beberapa lukisan. Selain itu tidak jauh dari sana juga ada museum yang berisi tentang sejarah Macau.

  • AJ Hackett Macau Tower Bungy Jump
photo by : www.ajhackett.com
Jika kamu punya mental yang kuat dan ingin memacu adrenalin, coba tantangan yang satu ini. Terjun dari ketinggian 233 meter (lantai 61) dari atas Macau Tower. AJ Hackett Bungy merupakan bungy jumping tertinggi di dunia yang pernah mendapatkan sertifikasi dari Guinness World Records.

photo by: www.dpreview.com
Macau Tower dibangun pada tahun 2001 sebagai observasi tower dan menjadi salah satu tempat favorit untuk melihat kota Macau dari atas. Jika di lihat dari kejauhan Macau Tower sangat indah dimalam hari dengan lampu-lampu yang menghiasi kota. Namun akan sangat menegangkan ketika kamu mencoba AJ Hackett Bungy diatas tower tersebut.

photo by: www.ajhackett.com

  • The House of Dancing Water
photo by: Frankie Yam Photography
Pertunjukan ini bisa anda saksikan di City of Dream yang merupakan pertunjukan yang spektakuler di Macau. Pertunjukan ini adalah kombinasi antara akrobatik, senam, seni theater dan menyelam yang mengandalkan unsur air dalam pertunjukkannya. Harga yang bervariasi sesuai bangku penonton yang di pilih. Info lengkapnya bisa anda lihat di situsnya thehouseofdancingwater.com.

Itulah tempat-tempat wisata favorite yang sudah penulis rangkum diatas. Selain itu juga ada wisata lainnya yang bisa kamu searching di internet.

Sebenarnya masih banyak objek-objek wisata menarik lainnya yang tisak cukup 1 hari untuk kamu kunjungi semua. Karena memang kota ini adalah kota wisata yang memanjakan para turist yang datang kesini. Berikut objek wisata Macau yang lainnya :
  • A-Ma Temple
  • Shoppes Grand Canal
  • Macau Fisherman Warf
  • Taman Vasco da Gama
  • Macau Giant Panda Pavilion
  • Opera Kanton
  • Fortaleza do Monte
  • Grandprix Museum
  • Museum of Macau
  • Macau Wine Museum
3. Searching Kuliner di Macau
Dari searching di google, penulis melihat sepertinya kuliner di Macau dipengaruhi oleh kuliner Portugis dan kuliner Cina (Chinese food). Bagi umat muslim bisa memperhatikan terlebih dahulu makanan tersebut halal atau atau tidak, dengan melihat label halal yang tertera ditempat makan tersebut. Di Macau sudah banyak tempat makan yang bersertifikat halal yang didapatkan restoran muslim yang banyak menyajikan makanan khas India. Selain itu juga ada makanan halal dari Singapura yang bisa anda pilih. Namun jika kamu masih ragu kamu bisa membeli makanan ayam cepat saji seperti kfc, mcDonal dan sejenisnya. Berikut salah satu kuliner khas disana yang wajib kamu coba disana :

  • Portuguese Egg Tart
Photo (c) Herajeng Gustiayu, 2010
Pasteis De Nata atau lebih dikenal Portuguese Egg Tart ini mudah kamu temukan ditoko-toko yang tersebar di kota Macau. Egg tart ini bentuknya berupa mini puff pastry yang renyah yang isinya custrad lembut dari adonan susu dan kuning telur. Tidak lengkap rasanya jika kamu belum merasakan kuliner khas Macau ini. (dikutip dari : backpacker-notes.com)

Berikut kuliner khas Macau yang lainnya :
  • Galinha à Portuguesa (Ayam ala Portugis)
  • Galinha à Africana (Ayam ala Afrika)
  • Caldo Verde (Portuguese Green Soup)
  • Minchi
  • dan lain-lain

4. Serching Penginapan/Hotel
photo by: fnetravel.com
Kalau untuk yang satu ini kamu tidak perlu kwatir, karena banyak penginapan dan hotel yang bertebaran di Macau. Kamu tinggal memilih sesuai keinginan dan budget dikantong.

Itu lah beberapa hal yang bisa kamu perhatikan dan lakukan jika berwisata ke Makau. Semoga tulisan ini bisa memberikan masukan buat kamu-kamu traveler dan menggugah minat anda untuk berwisata ke Macau.

Baca juga:
Tempat Wisata yang Asik di Bandung


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top